Alexa Rank : Rekap Kenaikan Posisi Blog

alexa rank


Sejak awal ngeblog, saya masih takjub dan bersyukur berapapun jumlah pembaca blog saya, sambil ngebatin "Ternyata ada juga pembaca blog abal-abil ini?!" Hoahahahaha. Apalagi bila sampai ada yang meninggalkan komentar. Padahal sebagai blog yang juga dipakai untuk berjualan seharusnya saya lebih care akan traffic, agar posisi blog saya masuk halaman pertama pencarian di google untuk produk yang saya tawarkan. Tapi apa daya, lagi-lagi terlupakan karena berbagai faktor. Hingga suatu hari saya mendapat email penawaran kerja sama pemasangan iklan. Sejujurnya saya tidak pernah berniat memonetizing blog ini, tetapi email yang sangat mendetil tersebut menjadi semacam alarm penyadar.

Saya yang mulanya tidak paham akhirnya mulai mencari tahu lebih lanjut. Karena blog ini belum menggunakan domain pribadi, peringkat globalnya diukur dengan Alexa Rank (bila ada yang masih belum tahu juga, silahkan googling sendiri yaa..). Saya teringat salah seorang teman di komunitas blogger Kepulauan Riau (Kepri), mas Akut Wibowo dengan baik hatinya mau mendata dan merangkum pergerakan Alexa Rank para anggota. Saya cuma pernah membaca laporannya secara sepintas lalu, sekali, edisi perdana di pertengahan tahun 2016. Saat itu Alexa Rank blog ini berada di posisi 6 juta sekian. Lalu begitu saya melihat laporan bulan ini (edisi Januari 2017), ternyata posisi saya jauh melorot! Akhirnya saya ikuti perkembangannya dalam laporan bulanan di blog mas Akut, saya screen shoot untuk reminder pribadi.

Juni 2016

Juli 2016
Agustus 2016

 Mulai mengalami penurunan drastis sejak bulan September 2016

September 2016


Sedikit menurun lagi di bulan Oktober 2016



... dan semakin dahsyat di bulan Nopember 2016
Sampai ditanyakan oleh beliau "What happen?" ehehehehe
Nopember 2016


Alhamdulillah akhirnya agak naik sedikit demi sedikit di bulan Desember 2016..


Desember 2016

...hingga sekarang Januari 2017

Januari 2017


Kesimpulannya? Saya salut dengan teman-teman blogger Kepri yang peringkatnya bahkan ada dikisaran 300.000an. Postingan kerennya bahkan telah dibukukan. Soal blog saya sendiri.. Hemh.. menurut saya, untuk blog yang sepi seperti blog saya, tidak aktif posting sebulan saja maka penurunan Alexa Rank bisa sangat drastis. Soalnya belum ada pembaca setianya sih, huehehehehe.. Tapi ini ga mematikan semangat saya, semoga malah menjadi motivasi agar tetap aktif ngeblog. Berhubung saya juga ga ngerti masalah SEO, fokus saya untuk menaikkan Alexa Rank hanya harus lebih produktif posting dengan artikel yang original dan meninggalkan jejak alias komentar pada saat blogwalking. Last but not least, terimakasih sekali lho Mas Akut. Saya jadi ga perlu tracking peringkat Alexa saya sendiri, cukup pantengin laporannya setiap bulan. Ditunggu laporan bulan selanjutnya dan semoga blogger Kepri trafficnya makin naik semua.. Aamiin