- - [How to] Membuat Kliping Resep Makanan | Hello Nisa
-

[How to] Membuat Kliping Resep Makanan

Annisakih.com Saya memiliki hobby sekaligus guilty pleasure yang juga diturunkan dari Ibu saya, mengumpulkan resep makanan. Entah kapan resepnya akan di eksekusi, yang penting, prinsipnya kami telah mengumpulkan terlebih dahulu resep masakan tersebut. Resep di dapat dari mengkliping halaman resep dari koran atau majalah wanita yang sering di beli Ibu. Juga saya masih ingat semasa kecil sering menyaksikan acara masak yang di pandu oleh Rudi Choirudin atau Ibu Sisca Soewitomo di sebuah televisi swasta, Ibu akan duduk dengan sebatang pulpen atau pensil dan sehelai kertas untuk mencatat. Sensasi mencatat secara cepat ini menimbulkan kepuasan tersendiri. Baru setelah itu disalin kembali ke buku resep masakan oleh ibu. Sebenarnya buku resep ibu sendiri juga ada banyak, sebagian besar merupakan buku dengan resep yang ditulisi tangan dari kakak-kakaknya yang memang membuka usaha makanan di Muara Dua.

Membuat Kliping Resep Makanan
Bagian dalam buku kliping ukuran buku double folio
Zaman sekarang mengumpulkan resep jauh lebih gampang, buku resep banyak tersedia, acara televisi tentang memasak semakin banyak dan yang jelas dengan internet bermacam resep dapat diperoleh melalui aplikasi masak maupun media sosial. Makin banyak orang yang senang membagikan resep dan makin semangat pula, kami mengumpulkannya. 

Namun sensasi mencatat resep dari televisi dan mengkliping resep dari koran tetap berbeda. Akhirnya setelah selesai kuliah dan pulang ke rumah, saya mengkliping kembali resep yang sudah di kumpulkan sejak lama tersebut. Resep ini banyak yang tertinggal di Pekanbaru saat kami pindah rumah, yang tersisa jumlahnya masih lumayan banyak hingga saya mengerjakannya secara mencicil sejak tahun 2010. Tekad saya, sebelum menikah saya sudah punya "home made recipe book". Size nya dan beratnya yang alamakjang membuat akhirnya buku kumpulan kliping ini kembali tersimpan dalam lemari rumah dan tidak saya bawa pindah. Iseng-iseng, baru-baru ini saya melanjutkan klipingan resep ini dari koran dan majalah wanita yang saya dan ibu beli setelah saya menikah.

Langkah - langkah menyusun kliping resep makanan versi saya :
  1. Mengumpulkan terlebih dahulu halaman koran yang terdapat resep makanan. Biasanya terletak di bagian tengah sehingga lebih mudah dilepas.
  2. Memilih resep yang akan di ambil, karena biasanya halaman resep di koran wanita di susun bolak-balik. Menu yang biasanya saya korbankan biasanya karena alasan, antara lain :
    • Mengandung bahan yang tidak halal, misal rhum dan minuman keras
    • Mengandung bahan yang sulit ditemukan di daerah saya, misalnya anchovy
    • Resep sederhana yang tanpa membaca pun saya sudah bisa membuat diluar kepala, misal variasi nasi goreng
    • Memerlukan peralatan yang sulit ditemukan di daerah saya, misalnya tanuur (oven khas India),
    • Resep yang begitu rumit, misalnya diharuskan untuk menggulung iga kambing dengan isian
    • Resep yang saya pastikan tidak akan saya buat karena alasan subjektif misalnya tidak doyan salah satu bahannya. 
  3. Memotong dengan rapi sesuai ukuran resep. Dengan kecanggihan teknologi, layout koran dan majalah wanita semakin membaik, sehingga resep terbaru lebih rapi dan mudah di potong.
  4. Membagi resep yang telah terpotong menjadi beberapa kategori, berdasarkan bahan dan jenis masakkan. Kategori yang saya pakai ialah Unggas, Daging, Seafood, Snack Manis, Snack Asin, Minuman dan sebagainya.
  5. Menempelkan di lembaran kertas, saya pribadi menggunakan buku size double folio bekas pelajaran akutansi adik yang tidak terpakai. Ide lainnya dapat menggunakan majalah bekas yang agak tebal. 
  6. Bila ditempel menggunakan lembaran kertas bawa ke tukang jilid agar awet.

Membuat Kliping Resep Makanan
Potong kecil -kecil, baru disusun kembali

Tips dari saya:
  • Sebaiknya sebelum menempel, aturlah potongan resep seefisien mungkin agar dalam satu lembar / halaman dapat memuat semakin banyak resep. Jangan ragu memotong resep menjadi kecil dan terpisah selama di beri keterangan. Bila tidak langsung di tempel, tulisi nama resep di bagian belakang potongan resep agar tidak  tertukar. Buat saya, menyusun layout halaman ini adalah kegiatan yang sangat menarik seperti bermain puzzle. Hoahahahaa.
  • Gunakan gunting yang tajam dan lem yang saya rekomendasikan ialah lem stick sehingga tidak ketebalan. Angin-anginkan sebentar sebelum membalik halaman, agar tidak saling menempel bila ada kelebihan lem. 
  • Terakhir dapat ditulisi nomor halaman dan daftar  isi sesuai kategori. 


hasilnya saya punya 2 buku kliping resep yang tebal totalnya 500an halaman dengan lebih dari 2000 resep
Membuat kliping ini lumayan menyita waktu tetapi dapat menjadi selingan hiburan yang menyenangkan. Manfaat lainnya turut membantu program cinta bumi dengan mericycle koran dan majalah bekas. Demikianlah sekelumit [How To] dari saya. Lain kali bila dirasa ada hal lain yang terbilang saya kuasai dan dapat saya bagikan, maka saya akan menuliskannya kembali. Selamat mencoba! 



Share this:

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my "Abalabil" blog.
Please show me some ♡ by leaving a comment (or two!)

Kindly Follow me on Instagram / Twitter : @annisakih