[How To] Cara Mendapatkan Buku Gratis.

Cara mendapatkan buku gratis, bagaimana memperoleh buku tanpa bayar, free books, bundelan buku, ordo bundelan
Annisakih.com Buku merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam keseharian hidup saya. Sayangnya tidak semua keinginan untuk membeli buku setiap saat dapat terpenuhi. Saat ini, saya tinggal di pulau yang tidak ada toko buku jaringan besar yang lengkap. Selain itu, jelas masalah pendanaan, membeli buku secara online ke alamat di pulau saya, dikenankan ongkos kirim yang tidak sedikit dan waktu pengiriman yang lama. Akhirnya untuk memenuhi hasrat membaca dan memperoleh buku, saya mengincar buku gratisan. Gratis yang saya maksud disini ialah buku yang dapat diperoleh secara legal tanpa melanggar hak cipta. Tak dapat dipungkiri, kebahagiaan menerima barang gratisan, terlebih yang kita sukai itu rasanya berlipat ganda. Jadi saya ingin berbagi cara memperoleh kebahagiaan sederhana berbentuk buku secara gratis. So far, yang saya tahu ialah melalui :

A. Google Play Book
Sebuah digital book atau e-book adalah alternatif membaca buku masa kini yang semakin digandrungi. Termasuk saya, karena kepraktisan dan alasan yang saya kemukakan di atas. Sebagai team android (eh, tapi saya juga menggunakan ipod touch , jadi team IOS juga dong, ya? hoahaha), yang saya tahu pasti menyediakan buku gratis ialah Google Play Book. Ada juga yang hanya menggratiskan satu atau dua bab pembuka. Saya sendiri pernah mendownload  beberapa judul menarik pernah saya download dari sini. Memang diharuskan memasukkan nomor kartu kredit dalam proses pembayaran, tapi pada akhirnya dalam tagihan dituliskan nominalnya nol rupiah dan tidak dikenakan charge apapun. Caranya cukup masuk dalam Google Play Book, pilih buku yang hendak dibeli, lalu ikuti prosesnya. Setelah di download, buku dapat dibaca kapan saja. Ohya, saat ini sudah ada beberapa aplikasi lokal misalnya Scoop dan Ijak yang juga dapat dimanfaatkan karena menyediakan buku gratis. Meskipun ada beberapa keterbatasan, misalnya Ijak setahu saya hanya untuk pemegang kartu tanda penduduk DKI Jakarta dan Scoop sejatinya adalah toko buku online sebagai lini bisnis baru dari sebuah penerbit besar.


B. Goodreads
Goodreads ialah sebuah situs yang komprehensif untuk seorang pembaca buku. Saya baru menjadi member kurang lebih setahun belakangan. Very late for me, a self proclaimed bookworm. Tapi lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali kan? Setelah menjadi member, fitur yang saya suka selain fitur shelf , kita dapat mengumpulkan buku yang telah kita baca dalam rak virtual sesuai tema yang kita inginkan, dan book challange, goodreads juga memiliki sesi giveaways. Pilihan bukunya rata-rata berbahasa Inggris dan banyak sekali judulnya walaupun tidak semuanya dapat diikuti peserta dari Indonesia. Peluangnya juga lumayan kecil karena buku yang disediakan kadang hanya satu eksemplar dan yang mengikuti giveaway yang waktunya terbuka bulanan, bisa berjumlah ratusan bahkan hampir ribuan orang. Tapi mencoba saja tidak ada salahnya, kan? Toh tidak perlu dicek, bila memang rezeki maka buku akan segera dikirimkan ke alamat kita. Selanjutnya kita wajib membuat review tentang buku yang kita terima tersebut.
Caranya:
1. Kita harus menjadi member goodreads terlebih dahulu, tidak ribet, karena bisa mendaftar dengan menggunakan akun facebook. Selanjutnya, dihalaman beranda, pilih "browse" lalu sub menu "giveaway"
[How To] Cara Mendapatkan Buku Gratis.

2. Pilih buku yang diinginkan lalu klik "enter giveaway". Perhatikan ada kode "id" yaitu kode dari Indonesia sebagai negara yang berhak mengikuti giveaway tersebut
[How To] Cara Mendapatkan Buku Gratis 1

3. Bila baru pertama kali mengikuti giveaway, kita akan diminta mengisikan alamat pengiriman, isi yang lengkap dengan kode pos.
[How To] Cara Mendapatkan Buku Gratis 3

4. Selanjutnya centang "read giveaway terms and conditions" dan "captcha"
[How To] Cara Mendapatkan Buku Gratis 4


C. Kick Andy Show
Tahun 2007 saya pernah hadir sebagai penonton di acara Kick Andy sebagai bagian dari acara kuliah lapangan di Metro Tv. Saat itu saya mendapatkan buku dari salah seorang narasumbernya yaitu Ronny Patirajawani, mantan pemain tim nasional sepakbola era lawas, yang mengisahkan perjuangan anaknya yang terkena obat terlarang. Ternyata penonton dirumah juga diadakan pembagian buku gratis. Buku yang ditawarkan sangat variatif dan biasanya berkaitan dengan tema atau narasumber yang diundang pada hari Jumat setiap minggunya. Caranya cukup mengikuti twitter Kick Andy dan menjawab pertanyaan seputar acara melalui email.Caranya :
1. Masuk ke www.kickandy.com dan pilih undian buku gratis
[How To] Cara Mendapatkan Buku Gratis 6

2. Ikuti step selanjutnya
[How To] Cara Mendapatkan Buku Gratis 7


D. Media sosial 

Penerbit 
Penerbit sering mengadakan giveaway dan lomba menulis resensi atau review novel yang hadiahnya buku terbitan mereka dengan total nominal tertentu. 
Toko buku online 
Saat ini di Indonesia saya rasa jumlahnya ratusan. Mereka sering mengadakan bagi-bagi buku gratis dengan kepentingan promosi. Biasanya caranya cukup memfollow akun sosial media mereka dan menshare materi promosi yang berupa foto atau gambar dan mengetag beberapa nama teman lain untuk diajak turut serta mengikutinya. Silahkan cek hastag #giveawaybuku atau #kuisbuku di Instagram dan Twitter. Kebanyakan toko buku online juga mempunyai situs sendiri atau akun di situs jualan online yang dapat dipercaya misalnya tokopedia.

E Blogger Buku
This is my guilty pleasure nowadays. Saya beberapa kali beruntung memenangkan giveaway yang diadakan para blogger buku. Rata-rata mereka sudah profesional dalam mereview buku dan bekerja sama dengan para penerbit atau pengarang buku yang mengadakan blogtour untuk mempromosikan buku tersebut. Awalnya saya mengikuti satu blog adik kelas, dari sini saya mulai mengetahui beberapa blogger buku lainnya. Syarat yang harus dipenuhi biasanya berupa memfollow blog buku, akun twitter penerbit, pengarang buku dan sang blogger buku dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan yang dapat berupa alasan kita menginginkan buku tersebut, atau pertanyaan lain yang masih berkaitan dengan buku. Biasanya waktu pelaksanaan giveaway singkat dan dalam semingguan nama pemenang sudah diumumkan dengan mention di Twitter dan blog. Peserta lain sebagai saingan rata-rata adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah, karena ini salah satu cara mendapatkan buku gratis yang tengah populer saat ini. Namun jangan anggap remeh, karena jawaban mereka pun sangat berbobot, lho.

Menjadi seorang blogger buku sendiri, berdasarkan pengamatan saya, memiliki kans lebih besar dalam memperoleh buku gratis. Bila penulis atau penerbit menyukai konten blog yaitu buku-buku yang telah direview atau blog bukunya telah memiliki banyak pembaca bahkan follower, maka tidak jarang sang blogger buku akan ditawari sebagai host atau penyelenggara blogtour buku bahkan dikirimi buntelan buku baik dari penulis maupun penerbit secara cuma-cuma. Setahu saya para blogger buku ini banyak bergabung dalam Blog Buku Indonesia (BBI). Beberapa blogger buku yang saya follow dan suka dengan cara mereviewnya antara lain Rizky Mirgawati, Luckty Giyan Soekarno dan Sulis.

Nah, inilah beberapa cara mendapatkan buku gratis versi saya. Bila berminat, silahkan dicoba, siapa tahu anda lebih beruntung dari saya. Atau ada yang pernah mendapat buku gratis dari sumber lainnya? Silahkan tambahkan info di kolom komentar.

Baca juga :
Ada Apa Dengan Cinta (an adaptation Novel by Silvarani)
ImpLovesibble
Memorabilia