All About Korean Drama (2) : OST Drama Korea Yang Tak Terlupakan

hal yang tidak terlupakan dari drama Korea / K-drama ialah original soundtrack (OST) favorit saya yang mengiringi sepanjang cerita berlangsung.
Salah satu hal yang tidak terlupakan dari drama Korea / K-drama ialah original soundtrack (OST) yang mengiringi sepanjang cerita berlangsung. OST ini biasanya digarap dengan sangat serius dan melibatkan penyanyi terbaik dengan aransemen dan lyrics lagu yang memorable. Kadang, bagi saya, beberapa OST masih terngiang-ngiang dan kerap bikin baper bahkan hingga lama setelah menyelesaikan dramanya sendiri, beberapa diantaraya ialah:



1. I Think I oleh Byul (Full House)


Siapa penggemar K-drama yang tidak mengetahui lagu ini? Asli bikin baper, karena ada penggalan-penggalan kalimat dalam bahasa Inggris yang mudah dipahami. Saya dan adik sampai membeli kasetnya segala lho (waduuh ketahuan deh, masih zaman ngedengerin kaset, iya, dibanding cd player saya setia dengan walkman hingga akhirnya tergusur mp3 player).

2. That Woman oleh Baek Ji Young (Secret Garden)


Lagu ini maupun versi  cowok yang dibawakan pemeran utamanya. Hyun Bin (That Man) mampu membuat saya mengharu biru. Meskipun awalnya tidak mengerti artinya secara harfiah tetapi kesyahduan irama dan lagu yang dibawakan Baek Ji Young ini  tetap membuat maknanya tersampaikan kepada para penonton. Wajar bila lagu ini memperoleh Daesang (penghargaan tertinggi) bagi OST drama terbaik tahun 2012.

3. Auditory Halucination oleh Jang Jae In (Kill Me, Heal Me)

Lagu  untuk yang memenangkan Daesang untuk OST terbaik tahun 2015 ini benar-benar kompleks dan menggambarkan keseluruha kisah.
Lagu mellow yang indah lainnya dalam OST K-drama ini ialah Letting You Go oleh Park Seo Joon.

4. Beautiful Lady oleh JongHyun (SHinee) (Oh My Venus)


Lagunya yang ceria dan playfull membuat lagu ini mudah diingat sambil membayangkan keseruan program olahraga penuh cinta antara So Ji Sub dan Shin Min Ah. Selain lagu ini masih ada satu lagu lainnya dalam OST Oh My Venus yang saya suka, yaitu Darling You yang dibawakan Sung Hoon. Keduanya bisa dijadikan pengiring olahraga karena meningkatkan semangat khususnya buat para cewek.

 5. I'll Protect You oleh Jaejoong (JYJ) ( Protect The Boss)


Salah satu keuntungan drama dengan seorang penyanyi turut membintanginya ialah OST yang dibawakan benar-benar sepenuh hati. Seperti dalam lagu ini, Jaejoong yang memerankan Cha Mu won membawakan serenade untuk Choi Kang Hee yang lebih memilih untuk bersama sepupunya, yang diperankan Ji Sung. Lagu lain yang saya sukai dari OST Protect The Boss ialah Let's us Just love oleh APink yang menjadi lagu pembukanya.

6. Thump Thump oleh Sunny Hill (The Greatest Love)

Lagu ini memiliki peran yang sangat besar dalam jalannya cerita. Dikisahkan sebagai lagu yang dinyanyikan oleh Gong Hyo Jin semasa masih tergabung dalam sebuah grup idola wanita yang sangat terkenal di Korea.
Setiap kali Cha Sung Won mendengarkan lagu ini, maka detak jantungnya akan dugun dugun alias deg-degan.
Lagu indah lain dalam OST drama ini ialah Don't Forget Me oleh Huk Gah


7. She Is oleh Claziquai (My Name Is Kim Sam Soon)


OST dari drama favorit saya ini rata-rata sangat indah dan masih sering saya dengarkan dalam list MP3 saya bahkan hingga sekarang.

8. Perhaps love oleh Howl dan J (Princess Hours)


Drama ini hampir keseluruhan soundtracknya sangat mengena di hati.

9. Saranghaeyo dan Bye My Friend oleh Kim Hyeong Seob (Sassy Girl Chun Hyang)



Kedua lagu ini selalu ada dalam playlist saya sebelas tahun terakhir. Keduanya mengingatkan saya pada masa-masa kuliah dan secara resmi saya jadikan soundtrack patah hati Hoahahaa.

10. You're So Beautiful oleh Junsu (Scent Of Woman)


Suara indah Junsu, salah satu penyanyi asal Korea Favorit saya dalam lagu ini sungguh syahdu dan membuat saya terbawa perasaan mengharu biru sepanjang meyaksikan perjuangan Kim Sun Ah yang dikisahkan harus berjuang melawan penyakit kankernya.

OST lain yang tidak terlupakan ialah :
- All For You oleh Seo In Gook dan Jung Eun Ji (Reply 1997)
-Don't Forget oleh Baek Ji Young (Iris)
-Forever/Always oleh Park Bo Ram (49 Days)
-First Love oleh Tiger JK dan Punch (Pinocchio)
-Stop The Love Now oleh Ben (Bebe Mignon) (Marriage Not Dating)

Bahkan yang sesungguhnya saya tidak sukai, tetapi begitu terekam dan menjadi semacam lagu cuci otak :
-Moment oleh Changmin (The Heirs)
- You've Fallen For Me oleh Jung Yong Hwa (Heartstring)
-Paradise oleh T Max (Boys Over Flowers)

Masih banyak OST drama Korea lain yang tentunya menjadi favorit bagi teman-teman lainnya, ceritain di kolom komentar ya.. Siapa tahu saya menjadi tertarik mendengarkannya juga.


Baca juga :  All About Korean Drama (1)