- - Dramabeans and Beannie Awards 2016 | Hello Nisa
-

Dramabeans and Beannie Awards 2016

Bagi para penggemar K-drama, sebagian besar pernah mengunjungi situs Dramabeans, minimal karena setiap kita mengetikkan salah satu judul K-drama, maka situs ini akan muncul di halaman utama pencarian google, bahkan mengalahkan situs penayang online drama tersebut. Dramabeans yang awalnya masih merupakan situs review K-drama berbahasa Inggris sederhana yang dikelola  Javabeans dan Girlfriday, duo Korean American, saat ini telah tumbuh pesat. Pengunjung hariannya saat ini pasti sangat ramai, dapat dilihat dari komentar pada bagian drama Healer (2014-2015) yang mencapai lebih dari 11.000 orang. Mereka pun menambah para recaper atau yang dipanggil minions, antaranya Headsno2Gummimochi, Lollypip, CandidClown dan lainnya sehigga saat ini hampir setiap drama yang sedang tayang di Korea Selatan dapat di sajikan recapannya 1-2 hari setalah tanggal penayangannya.

Saya pertama kali mendarat di Dramabeans mungkin sekitar tahun 2009, saya ingat masih memakai handphone saya yang nokia. Sejak itu saya memiliki hubungan yang on-off, ada masa-masanya saya rutin mengecek setiap hari, namun ada masanya selama beberapa tahun saya tidak buka sama sekali. Yang paling berkesan ialah masa saya bekerja, sebagai pengobat lelah saya selalu membuka situs ini sebelum jatuh tertidur. Ya, saya bangga mengaku sebagai salah satu Beannie (alias fans K-drama pembaca setia Dramabeans)

Yang saya sukai dari situs ini ialah tampilannya yang simple namun tetap menarik, dengan header yang berganti-ganti, menampilkan berbagai aktor dan aktris K-drama; dan tidak sekedar menyajikan recap, sebagai orang yang memahami budaya Korea, mereka juga memberikan komentar dan pandangan mereka terhadap adegan dan keseluruhan episode dengan cara yang kadang terbilang kocak. Selain itu, saat ini tidak hanya recap dan informasi mengenai K-entertaiment, khusunya mengenai casting drama yang akan datang, saat ini katagorinya semakin bertambah. Favorit saya ialah Spill the Beans (membahas email pembaca yang menceritakan kisah mereka dan K-drama addict), Beans of Wisdom (membahas komentar dari para pembaca yang menarik), Guess That Drama (menebak judul drama dari para pembaca lain yang meminta bantuan mengidentifikasi, biasanya hanya dari satu adegan saja) dan tentunya Beannie Awards (acara tahunan yang diadakan berupa polling bagi pembaca untuk memilih drama ataupun tokoh dengan katagori yang unik, berbeda setiap tahun tergantung tren drama yang ada, misalnya di tahun 2015 ada kategori :"Siapakah karakter yang di peran Ji Sung dalam Kill Me, Heal Me yang jadi favorit penonton?")

Tahun ini, seiring dengan Ziqri yang sudah agak besar dan saya kembali dapat menyaksikan K-drama, hubungan kami kembali "mesra". Hoahahahaa.. Dan tahun ini, setalah terakhir mungkin tahun 2012, saya kembali bisa ikut polling Beannie award 2016 karena saya memonton cukup banyak drama dalam list sehingga pendapat saya tidak sebias tahun-tahun sebelumnya. Hasil polling biasanya akan di posting di akhir tahun seiring dengan Year In Review yang dibuat para recaper. Ohya, ternyata hampir dalam setiap kategori  yang saya pilih hampir sama dengan suara mayoritas para penggemar K-drama dari seluruh dunia. Hoahahaha..



Sukses terus Dramabeans, semoga semakin menarik. Sebagai pembaca setia, saya merasa turut bangga saat Javabeans dan Girlfriday diminta hadir sebagai pembicara di K-Con (acara konvensi tahunan para penggemar K-drama di Amerika Serikat) dan saat mereka menerbitkan buku pertama mereka "Why do Dramas Do That".

Share this:

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my "Abalabil" blog.
Please show me some ♡ by leaving a comment (or two!)

Kindly Follow me on Instagram / Twitter : @annisakih