Impian Opa

Opa mengajari Ziqri memanjat pohon untuk pertama kalinya
Anak manjat pohon
Pose dulu
Sebagai seseorang yang memiliki hobby berkebun, Ayah saya --Opanya Ziqri-- memiliki kebiasaan setiap hendak menanam sebatang pohon buah selalu berujar "Ini nanti buahnya untuk cucu ayah". Dulu.. Saya sering menertawakan beliau. Lah, wong saya nikah aja belom, boro-boro mikirin ngasih cucu. 

Ternyata seloroh singkat itu kini menjadi nyata, setelah kehadiran Ziqri. Buah pertama yang Ia cicipi di usia 5,5 bulan (saya berikan atas saran dokter anaknya, sebaiknya MPAsi pada usia 6 bulan) ialah buah mangga madu yang Opa tanam di samping rumah. Alhamdulillah, saat itu sedang berbuah sangat lebat. 

Ziqri menjadi anak yang lumayan doyan makan buah-buahan. Beberapa buah favoritnya ialah mangga dan kelengkeng hasil kebun buah Opa di samping rumah. Berbagai macam pohon buah-buahan hasil tanaman Opa kini memang  telah menghasilkan. Selain dua buah tersebut ada pisang, pepaya, buah naga, sirsak, markisa, belimbing, jambu biji, jeruk nipis dan jeruk purut. Masih ada pohon durian dan alpukat yang belum berbuah.

Sejak Ziqri bisa berjalan sendiri, keseruannya bertambah, Ziqri sering diajak opanya atau saya untuk memetik langsung buah-buahan tersebut, Judulnya panen! Banyak yang bisa dipelajari Ziqri secara langsung : nama buah, bagian-bagian tanaman bahkan berbagi karena bila hasilnya cukup banyak , maka tetangga dan beberapa teman akrab Opa dan Oma bisa kebagian. Opa memang selalu menantikan jadwal Ziqri pulang ke Tanjung Balai karimun untuk memetik buah-buahannya. Bila kami sedang tidak bisa pulang, maka Opa yang akan berangkat ke Batam atau Belakang Padang demi mengantarkan sekardus besar buah-buahan segar.

Sekarang, keseruannya bertambah lagi. Ziqri diizinkan opa untuk memanjat pohon mangga madu. Di hari minggu pagi yang cerah ini, saya mengabadikan kebersamaan Ziqri dan Opa dalam "kostum" berkebunnya. Melihat hasil jepretan abal abil ini, hati saya jadi hangat.. Soalnya satu persatu impian opa terkabul. Dulu pun opa juga sering berseloroh sambil menggendong Ziqri yang masih bayi "Nanti, kalau Ziqri sudah besar, Ziqri yang menggantikan Opa manen mangga ya". Aamiin. Insya Allah Opa!!

Anak manjat pohon
Cabang batang pohon ini memang sudah diatur Opa pertumbuhannya sejak awal sehingga gampang dipanjat 
Anak manjat pohon
Masih digendong sih naeknya hoahahaha

Anak manjat pohon
kegirangan!

Anak manjat pohon
dooorrr!!

Anak manjat pohon
minta naik kecabang yang lebih tinggi