- - Telenovela Jadul (tahun '90an dan awal 2000) Favorit | Hello Nisa
-

Telenovela Jadul (tahun '90an dan awal 2000) Favorit

Siang hari tadi, tiba-tiba saya menyaksikan salah satu episode Maria Cinta Yang Hilang diputar ulang di salah satu stasiun televisi swasta nasional. Kebetulan adik saya sedang berada di rumah, akhirnya kami malah bernostalgia dengan berbagai tayangan telenovela jadul yang sempat tayang di Indonesia dan  kami sukai, baik secara bersama maupun masing-masing. Anehnya beberapa telenovela tersebut sepertinya kurang ngehits di zamanya jadi sangat sulit mencari jejak ceritanya. Jadi ini saya tuliskan kembali dengan bahasa saya sendiri, murni bedasarkan daya ingat saya semata, ditambah dengan sedikit hasil googling. Peringkat bedasarkan tingkat kesukaan saya. Mari bernostalgia bersama.


1. Esmeralda
telenovela
sumber
Kesan dalam ingatan : Telenovela favorit saya sepanjang masa. Dahulu,  semasa saya sekolah menengah pertama, ditayangkan di SCTV setiap Senin-Jumat pukul 17.00 WIB. Saya masih terngiang lagu soundtracknya hingga sekarang.
Yang saya sukai dari telenovela ini ialah settingnya pedesaan di Meksiko dengan air terjun yang indah; pemeran utama wanitanya sangat menghayati perannya sebagai gadis buta, jarang sekali berkedip; pemeran utama prianya Fernando Colunga yang saya sukai sejak Maria Cinta Yang Hilang; kisah pemeran pendukungnya misalnya antara Adrian dan Graciela juga sangat menarik.
Kisahnya tentang Esmeralda, seorang gadis buta yang ternyata ditukar sejak lahir oleh wanita yang menjaganya, Domingga. Esmeralda diperkirakan telah tiada saat dilahirkan, sedangkan Blanca, seorang wanita, istri pemilik perkebunan Casa Grande yang sangat luas sangat menantikan kehadiran anak lelaki. Akhirnya Domingga yang dipanggil sebagai dukun beranak menukarkan Esmeralda dengan seorang anak lelaki yang lahir dihari yang sama namun ibunya meninggal dunia. Anak lelaki itu diberi nama Jose Armando. Setelah dewasa mereka saling jatuh cinta. Konfliknya semakin seru karena Jose Armando telah dijodohkan dengan seorang wanita bernama Graciela. Fatima, Ibu dari wanita tersebut ternyata mengincar harta kekayaan Jose Armando sehingga berniat melakukan segala cara agar putrinya yang menikah dengan Jose Armando. Padahal putrinya sendiri telah jatuh cinta pada Adriano, seorang pegawai perkebunan milik Jose Armando. Cerita makin panjang hingga akhirnya Esmeralda dan Jose Armando memiliki seorang putra yang diberi nama Jose Rudolfo, tetapi Jose Armando tidak mau mengakuinya karena termakan isu yang disebarkan dr. Malavier, seorang dokter tua berwajah cacat yang telah menaruh hati pada Esmeralda sejak kecil
Ending Spoiler : Esmeralda telah mengoperasi matanya dan bekerja sebagai seorang perawat. Ia bertunangan dengan seorang dokter tampan yang mengobati matanya. Tepat sebelum kematiannya dr. Malavier mengakui kebohongannya bahwa Jose Rudolfo memang benar anak Jose Armando. Jose Armando memgalami kecelakaan dan akhirnya matanya yang buta lalu Ia kembali ke desa tempat perkebunannya. Esmeralda menyusulnya dan kembali ke desa. Akhirnya mereka menikah kembali.
Baru tahu : Laura Zapata yang memerankan Fatima dan tokoh antagonis utama ialah kakak kandung Thalia


2. Rosalinda
source 
Kesan dalam ingatan : Ditayangkan oleh SCTV sore hari Senin- Jumat menjelang Magribh. Saya ingat sekali pada saat episode terakhirnya, saya yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama, menyaksikannnya secara beramai-ramai di televisi yang berada di perpustakaan milik sekolah. Acara "nonton bareng" ini diprakarsai oleh guru agama yang terkenal paling disiplin satu sekolah. Hoahahahaa... ternyata bu guru saya suka telenovela juga! Rasanya hanya sekali itu kelas-kelas menjadi kosong karena siswi (bahkan siswanya) beramai-ramai nonton.
Saya sangat suka dengan  Nora Sallinas meskipun disini Ia berperan sangat jahat sebagai Fedra.
Kisahnya tentang Rosalinda yang dibesarkan bersama beberapa kakak perempuan dan seorang adik laki-laki. Suatu hari ia berjumpa dan jatuh cinta dengan Fernando Jose. Ternyata Rosalinda adalah anak angkat (keponakan dari ibu yang diketahuinya) dan ibu kandungya dipenjara atas tuduhan membunuh ayah kandung Fernando Jose. Valeria, Ibu Fernando Jose sangat menentang hubungan ini dan membeberkan siapa sesungguhnya Rosalinda dengan dibantu oleh Fedra, sepupu dan kakak Rosalinda yang mengejar Fernando Jose. Akhirnya Fernando Jose meninggalkan Rosalinda dan Erika, putri mereka. Tahun-tahun pun berlalu, Rosalinda yang dimasukkan oleh Valeria dalam institusi kejiwaan berhasil meloloskan diri setelah ada kebekaran besar. Ia yang hilang ingatan, ditemukan oleh Alex dan diorbitkan sebagai Paloma dan menjadi artis. Suatu hari Ia berjumpa kembali dengan Fernando Jose dan ingatanya kembali.

Ending spoiler ; Sejujurnya saya agak lupa-lupa ingat, yang jelas happy ending khas telenovela lah hehehehehe
Baru tahu : Telenovela terakhir yang dibitangi oleh Thalia sebelum menikah dengan Tommy Motolla dan pindah ke USA.


3.  La Mentira


Kesan dalam ingatan : Saya justru lupa dahulu telenovela ini ditayangkan di SCTV dengan judul apa. Telenovela ini kurang terkenal semasa di putar di Indonesia. Padahal merupakan salah satu telenovela paling romantis yang pernah saya saksikan. Adegan yang paling tak terlupakan ialah adegan malam pengantin antara Dimitrio dan Veronica yang berakhir dengan tragedi. 
Kisahnya tentang Dimitrio yang datang kesebuah desa demi mencari wanita yang menyebabkan saudara lelakinya bunuh diri. Ia bertekad untuk balas dendam dengan menikahi wanita yang telah mematahkan hati saudaranya tersebut. Namun Ia salah orang dan malah menikahi Veronica yang sungguh mencintainya, padahal Virginia (sepupu Veronica) lah orang yang seharusnya Ia cari.
Ending spoiler : Dimitrio yang akhirnya menyadari kekeliruannya akhirnya kembali mengejar cinta Veronica yang sempat meninggalkannya. Akhirnya mereka menikah dan mempunyai seorang anak.
Baru tahu : Karla pemeran Virginia telah meninggal di tahun 2013. Bila ingin membaca keunikan La Mentira versi Indonesia silahkan buka link ke Blog ini

4. Maria Cinta Yang Hilang (Maria Del Barrio)
source
Kesan dalam ingatan : Ditayangkan di SCTV pada saat saya duduk di kelas 5 sekolah dasar. Setiap hari saya dan kawan-kawan selalu membahas kelanjutan ceritanya di sekolah (Hoahaha jadi lebih cepat dewasa sebelum waktunya). Yang saya sukai tentu Thalia sebagai pemeran utama wanita, selain itu saya sangat suka dengan pemeran Alicia yang baru muncul di akhir-akhir cerita dan Itati Cantoral, pemeran antagonis yang sangat cantik dan seksi.
Kisahnya tentang Maria, seorang wanita yang tadinya berkerja sebagai pemulung. Setelah satu-satunya keluarganya meninggal, Ia diangkat anak oleh keluarga De La Vega. Soraya Montenegro sangat membenci Maria, karena Ia ingin menikah dengan Luis Fernando, putra pertama keluarga De La Vega. Soraya akhirnya menipu Luis Fernando dengan mengaku kalau dirinya hamil, kemudian mereka menikah meskipun Luis Fernando mencintai Maria. Soraya diketahui meninggal dunia setelah berkelahi dengan mantan pacarnya yang mengancam akan membongkar kebohongannya, Ia terjatuh dari jendela. Setelah Maria dan Luis Fernando menikah, Luis Fernando yang masih cemburu akan kedekatan Maria dan Vladimir, adiknya sendiri, berniat menceraikan Maria. Ditengah kebingungannya tersebut Maria menyerahkan putra mereka Fernando / Nandito pada seorang wanita di jalanan.
Ending spolier : Maria dan Luis Fernando mengangkat anak perempuan bernama Tita. Akhirnya Maria menemukan putranya yang hilang dan bernama Nandito. Nandito berkenalan dengan Soraya (yang telah kembali ke Meksiko dan mewarisi harta kekayaan mantan suaminya plus seorang anak tiri yang berkursi roda, Alicia) dan memiliki hubungan yang dewasa tanpa sepengetahuan Maria. Akhirnya Nandito menjadi tersangka pembunuhan dari ibu Soraya. Namun Maria mengaku bahwa ia adalah pembunuhnya. Setelah melalui persidangan, kesaksian dari pengasuh putri tiri Soraya, Esperanza, membuktikan bahwa Sorayalah pembunuh sebenarnya. Soraya yang masih dendam berusaha menyingkirkan Maria, namun malangnya justru dirinya yang mengakhiri hidupnya. Nandito menikah dengan Alicia. 
Baru tahu : Itati Cantoral, pemeran Soraya ternyata pernah menikah dengan Eduardo Santamaria, pemeran utama pria dalam telenovela Marisol yang juga saya sukai.

Baca juga : Maria Cinta Yang Hilang (Tita dan Nandito dahulu dan sekarang)

5. Betty la Fea (Yo Soy, Betty la Fea)



Kesan dalam ingatan : Di Indonesia sendiri dahulu ditanyangkan di RCTI setiap sore hari. Saya rasa Betty la Fea adalah telenovela yang peling terkenal diseluruh dunia. Meskipun bukan berasal dari Meksiko, melainkan Kolombia. Telenovela ini bahkan telah dibuat berbaga versi adaptasi diantaranya versi Hollywood, Ugly Betty dengan tokoh utama America Ferrera. Meskipun begitu versi aslinya tetap lebih asyik menurut saya.
Premisnya tidak perlu saya ceritakan rata-rata masih banyak yang mengingatnya. Seorang gadis dengan otak yang encer tetapi memiliki pembawaan fisik yang biasa saja harus berjuang mempertahankan karirnya di perusahaan majalah kecantikan, Ecomoda. Penuh intrik di tempat kerja maupun kisah asmara anatara Betty dan Armando Mendoza, pemilik Ecomoda yang telah bertunangan dengan Marcella
Ending spolier : Betty menyelamatkan Ecomoda dari kebangkrutan dan menikah dengan Armando Mendoza serta memiliki seorang putri.
Baru tahu : tahun 2016 kemarin kedua pemeran utamanya nampak hadir membacakan nominasi pembacaan suatu penghargaan dan mereka memposting foto mereka berdua.

6. Dos Mujeres Uncamino
source
Kesan dalam ingatan : Adakah yang masih ingat cerita ini? Sepertinya semasa saya masih duduk di sekolah dasar, ditayangkan di TVRI (!!) setiap hari Sabtu malam minggu selepas dunia dalam berita. Pemeran utamanya ialah Biby Gaytan dan Erik Estrada. Itati Cantoral yang masih sangat muda juga berperan sebagai Graciella, seorang wanita yang selalu dijodohkan Ibunya dengan pria yang lebih tua demi harta. Saya menyaksikan ini dengan Ibu saya. namun sayangnya tidak sampai episode terakhir karena jam tayangnya kerap berpindah-pindah.
Kisahnya tentang Jhonny yang diperankan oleh Erik Estrada seorang supir truk kontainer antar negara. ia telah menikah dengan dua orang anak. diperjalanan ia jatuh cinta pada seroang wanita muda bernama Tanya. Konfliknya ialah kebimbangan Jhonny untuk menentukan pilihan antara dua cinta.
Ending Spoiler : (saya baca di wikipedia) Tanya meninggal akibat tertusuk pisau yang diarahkan pada Ana Maria. Jhonny bermimpi tentang kepergian Tanya dan memanggil namanya dalam tidur. Ana Maria yang sedih mendengarnya membawa pergi kedua anak mereka keesokkan harinya.
Baru tahu : Sepanjang sejarah telenovela yang saya saksikan, rasanya baru ini yang peran sentralnya seorang pria. Erik Estrada sangat terkenal setelah ia membintangi serial Chips di US tahun '80an.


7. Carita De Angel
source
Kesan dalam ingatan : Saya sampai lupa telah berapa putaran menyaksikan Carita de Angel atau yang lebih dikenal sebagai Dulce Maria! Rasanya setiap ditayangkan ulang, saya masih berminat menyaksikannya kembali. Yang saya sukai temtu saja sang tokoh utama Dulce Maria yang menggemaskan; anjingnya yang lucu, Ciripa; dan tante rambut palsu yang dipernakan oleh Nora Salinas.
Kisahnya tentang Dulce Maria, seorang gadis cilik yang ibunya telah tiada. Ia bersekolah di sebuah sekolah berasrama dibawah kesusteran. Salah satu pengasuhya ialah suster Cecila yang cantik dan baik hati. Ayah adalah seorang pengusaha sukses dan sangat sibuk. Sepulangnya dari US ayahnya mengumumkan pertunanganya dengan seorang wanita cantik bernama Nicole. Dulce Maria tidak terlalu menyukai wanita tersebut karena dirasa kurang tulus menyayanginya dan hanya mengincar harta ayahnya. Kemudian ia berusaha menjodohkan ayahnya dengan suster Cecilia dengan dibantu para sahabatnya dan tante rambut palsu.
Ending Spoiler : Ayahnya memang jatuh cinta dan akhirnya menikah dengan suster Cecilia yang meninggalkan kesusterannya. Akhirnya Dulce Maria memiliki seorang adik dan tante rambut palsu juga menemukan jodohnya.
Baru tahu : Ana patricia Rojo yang memerankan Nicole, tunangan ayah Dulce Maria juga memerankan tunangan Jose Armando yang baru di Esmeralda. Sedangkan suami tante rambut palsu adalah tunangan terbaru Esmeralda. Bersama Nora Salinas  jadi ada 3 pemain yang sama dengan Esmeralda


8. Alicia (La Viuda de Blanco)
source
Kesan dalam ingatan : Saya agak kesulitan untuk mencari tahu judul asli dari telenovela asal Kolombia ini. Setelah berhasil menemukannya pun, laman wikipedianya dalam versi bahasa Inggris merupakan telenovela adaptasi Meksiko dengan peran utama diserahkan pada Itati Cantoral. Judul aslinya berarti "janda bergaun putih" sesuai dengan warna pakaian yang selalu dikenakan Alicia. Yang saya ingat betul dari telenovela ini ialah wajah pemeran utama wanitanya yang sangat rupawan, dagunya belah! Pemeran utama prianya juga sangat macho dan sesuai menjadi coboy pemilik peternakan. Selain itu sealah satu tokohnya mengidap penyakit Lupus dan saya jadi mengetahui bahwa salah satu ciri khususnya ialah lesi kemerahan berbentuk kupu-kupu di wajah dan larangan untuk terkena cahaya matahari.
Kisahnya tentang Alicia seorang yang wanita yang baru dibebaskan dari penjara setelah dituduh membunuh mantan suaminya. Kedatanganya ke kota asal suaminya demi mengambil kembali kedua putra kembarnya yang telah diasuh mantan mertuanya. Sang nenek tersebut berusaha mempengaruhi Diego, anak lelakinya yang lain untuk membenci Alicia. Namun ternyata mereka berdua malah jatuh cinta. Alicia mendapat dukungan dan bantuan dari sesosok lelaki misterius yang mengidap lupus dan sepertinya memiliki masa lalu yang kurang menyenangkan dengan mantan mertuanya. Kedua anak Alicia pun akhirnya malah membantu hubungan ibu dan paman mereka.
Baru tahu : Osvaldo Rios, pemeran utama prianya ialah pemeran utama pria yang sama dengan telenovela Kassandra yang dahulu juga pernah ditayangkan (sepertinya) di Indosiar (atau TPI?)

9. Angela
source

Kesan dalam ingatan : Ditayangkan oleh RCTI hari Senin-Jumat pukul 19.00 WIB. Pertama kalinya RCTI menayangkan telenovela di jam prime time. Tapi sayangnya tidak hingga selesai. Saya jadi penasaran dengan  endingya.
Kisahnya tentang Angela yang datang ke suatu kota pertambangan untuk bekerja. Angela membawa misi untuk membalaskan dendam ibunya kepada wanita yang telah merebut ayahnya. Tanpa sepengetahuan wanita tersebut Angela lalu diterima bekerja dan menjadi orang kepercayaannya. Perjuangan Angela diperumit karena Ia jatuh cinta pada salah seorang pegawai pertambangan bernama Mariano yang tidak mempercayai keluguannya.
Baru tahu : Angelicia Rivera pemeran utama wanita Angela sekarang menjadi first lady negara Meksiko.

10. Amigos X Siempre
source
Kesan dalam ingatan : Telenovela favorit adik saya, Ia bahkan mengkoleksi segala pernak-pernik dari majalah remaja. Soundtracknya sangat earcatchy. Ceritanya lebih ringan karena ditujukan untuk anak-anak dan berfokus pada persahabatan sesuai judulnya "Sahabat untuk Selamanya". Dahulu ditayangkan SCTV siang hari sekitar pukul 13.00 WIB
Kisahnya tentang Ana seorang gadis cilik yang telah ditinggal selamanya oleh ibunya. Kehidupan Ana menjadi lebih seru setelah sepupu laki-lakinya, Pedro datang dan kembali tinggal di Meksiko. Pedro sendiri merupakan anak angkat dari Salvador, paman dan adik ibunya Ana dan kekasihnya, Amanda. Keluarga besar Ana yang dipimpin oleh neneknya, memiliki sebuah sekolah yang sangat bergengsi yaitu sekolah Vidal. Ayah Ana adalah kepala sekolahnya dan paman Salvador menjadi guru musik. Kehidupan Ana dan teman-temannya yang beraneka kepribadian dan sifat perlahan berubah seteleh mereka membentuk band dan bermain musik bersama
Ending spoiler : Salvador akhirnya tidak jadi menikah dengan Amanda, melainkan dengan Melissa, sesama pengajar di sekolah dan ayah Ana yang sempat menjadi jahat dan menginkan sekolah Vidal, akhirnmya sadar.
Baru tahu : Belinda pemeran Ana ialah penyanyi terkenal di Meksiko dan Andirana Fonseca pemeran Melissa yang pertama ialah pemeran salah satu adik sepupu perempuan Rosalinda.

Demikianlah telenovela jadul favorit saya. Saat ini telenovela mulai banyak yang diyatangkan ulang, misalnya Maria cinta Yang Hilang dan Cinta Paulina.  Saya senang sekali dapat bernostalgia dengan telenovela yang dulu sempat booming. Saya sendiri lebih menitikberatkan pada jalan cerita maupun kekuatan akting para tokohnya terutama pemeran antagonis. Saya memang kurang menyukai tokoh utama wanita yang terlalu mellow (meskipun ini adalah ciri khas telenovela). Selain tokoh utama, saya sangat menyukai peran pembantu wanita lainnya misalnya Nora Salinas (Esmeralda, Rosalinda, Carita de Angel) dan Itati Cantoral (Maria Cinta Yang Hilang, Dos Mujeres Uncamino). Kalau kamu, apa telenovela favoritmu?

Share this:

JOIN CONVERSATION

4 comments:

  1. ah, jadi berasa nostalgia, kayaknya kita satu era kak Nisa, saya juga suka telenovela sejak nonton maria mercedez dan maria cinya yg hilang, saya bahkan masih ingat potongan dialog soraya yg mau membakar dia dan maria, tp akhirnya soraya yg mati hueheue..

    amigos saya kurang suka, lebih suka betty la fea (gara2 ini saya diledekin temen smp) haha.. sekarang musim lagi ya telenovela, saya cuma nonton pangako sayo sih, yg lain ceritanya kurang menggigit hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amigos itu yang suka banget adikku..
      Makanya "cuma" di nomor 10 dari daftar favorit saya ini.
      Kalau Betty Lafea saya suka banget!
      Btw, saya ga nonton Pangako Sayo tapi gara2 koment bang Isna sekarang saya jadi ngikutin kaulah Takdirku nya KathNiel hahhaa

      Delete
  2. Yang di tvri itu yg masih terniang inget masa kecil dulu hehhe

    ReplyDelete
  3. hadeuhh... ada yang inget ga ya? jadi oemeran utama cewek menikah tapi langsung jd janda lantaran suaminya meninggal. dan semua hartanya di wariskan ke istrinya. jd si keluarga lakinya pada ga suka ama si cewek karena merebut semua yg si laki punya. dr dulu aku oengen tau judulnya... soalnya waktu itu masih kecil.. jadinya nonton aja tanpa tau judul filmnya..

    ReplyDelete

Thank You for visiting my "Abalabil" blog.
Please show me some ♡ by leaving a comment (or two!)

Kindly Follow me on Instagram / Twitter : @annisakih