Lomba Balap Pancung Belakangpadang 2017

Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 yang dipusatkan di Belakang Padang, dengan diadakan aneka lomba termasuk lomba Balap Pancung, karnaval, dan lainnya

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017

Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, tahun 2017 ini dirayakan oleh Kota Batam dengan cara yang sedikit berbeda. Acara dipusatkan di Pulau Belakangpadang pada tanggal 20 dan 21 Mei 2017. Jadi, sekaligus memperingati hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei.

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 1

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 2

Kegiatan yang digelar cukup beragam. Sejak siang hari tanggal 20 Mei di lapangan Lang-lang Laut digelar festival Kuliner. Sementara di Lapangan Indera Sakti, di buka stand dari seluruh Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Sekota Batam. Stand tersebut diisi berbagai hasil keterampilan siswa dan siswi SMK. Misalnya di bidanh robotik. Kedua acaranya ini cukup menarik minat pengunjung baik dari Belakangpadang sendiri maupun dari Kota lain di Propinsi Kepulauan Riau.

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 3


Sekitar pukul 14.00 WIB diadakan pawai atau karnaval tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) /Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan Sekolah Menengah sekecamatan Belakangpadang.

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 4


Meski cuaca sempat galau antara mendung, gerimis dan kembali cerah, anak-anak sangat antusias. Memamerkan berbagai kostum yang mereka gunakan, mulai dari pakaian adat nasional, mewakili profesi tertentu hingga kostum dari limbah daur ulang.

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 5

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 6

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 7

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 8


Rutenya dari Lapangan Indera Sakti lalu memutar ke arah Pasar hingga depan Puskesmas Belakangpadang. Tidak terlalu jauh, tapi tetap lumayan, mengingat di Belakangpadang tidak ada kendaraan roda empat, jadi peserta hanya berjalan kaki.

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 9

Malam harinya digelar Pagelaran Seni dan Kebudayaan tingkat Kecamatan Belakangpadang. Acara ini sangat meriah dan dihadiri oleh Bapak Arifin Nasir, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kepulauan Riau dan beberapa pejabat daerah Belakang Padang serta tokoh masyrakat.

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 10

Pemenang karnaval juga langsung diumumkan
Tingkat TK
Juara 3 : TK / Paud Salsabila
Juara 2 : TK Hang Tuah
Juara 1 : TK Polisi

Tingkat SD/ MI
Juara 3 : SDN 004 Belakangpadang
Juara 2 : SDN 003 Belakangpadang
Juara 1 : SDN 001 Belakangpadang

Tingkat Sekolah Menengah
Juara 3 : MTSN Belakangpadang
Juara 2 : SMA 2 Kota Batam
Juara 1 : SMA 1 kota Batam

Keesokkan harinya kemeriahan masih berlanjut dengan digelarnya lomba gerak jalan antar sekolah Menengah sekota Batam dan Boat 15 PK dan 40 PK.

Perlombaan gerak jalan yang di mulai pukul 08.00 WIB berlangsung seru. Suara yel-yel yang dikumandangkan terdengar keseantero pulau Belakangpadang yang imut ini. Meski cuaca kembali sempat mendung bahkan turun hujan. Penilaian dibagi atas tim putera yang menempuh jarak 8 Km, sedangkan tim putri sejauh 5 Km.

Para peserta yang telah selesai berlomba banyak yang enggan pulang dan tetap tinggal untuk menyaksikan lomba balap boat pancung yang diselenggarakan siang harinya.
Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 11

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 12

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 13

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 14

Lomba Balap Pancung Belakangpadang, Puncak Perayaan Hardiknas Kota Batam 2017 15


Semoga tahun depan acara serupa dapat dihelat kembali. Lumayan, hitung-hitung turut meningkatkan jumlah wisatwan yang datang ke Belakangpadang. Siapa tahu, makin banyak yang ingin datang, mulai dari yang ingin berwisata kuliner hingga berkeliling pulau.