Kek Pisang Kurma Spesial Ramadhan dari Kek Pisang Villa

Kek Pisang Kurma Spesial Ramadhan dari Kek Pisang Villa

Kek Pisang Kurma Spesial Ramadhan dari Kek Pisang Villa

Alhamdulillah, tanggal 23 Mei 2017 lalu, saya dan beberapa teman blogger serta awak media mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi dapurnya Kek Pisang Villa. Bukan dapur sembarang dapur, Villa Corp merupakan konsep all in one antara pabrik (factory) modern, outlet penjualan, sekaligus museum mini, yang memajang memorabilia Kek Pisang Villa serta penghargaan yang diperolehnya.

Kek Pisang Villa Oleh-oleh Khas Batam

Lokasinya terletak di kawasan Citra Buana Industrial Park III, Lot 38, Batam Centre. Bila ingin mengunjungi  kek Pisang Villa dapat menghubungi call centre dan mengajukan proposal kunjungan. Waktu ditentukan kunjungan akan diatur oleh pihak Villa.

Kek Pisang Villa Oleh-oleh Khas Batam
Kenang-kenangan dari beberapa instansi, sekolah dan perguruan tinggi yang pernah mendatangi Kek Pisang Villa 

Di tempat ini, selain melihat proses produksi, pengunjung bisa memborong berbagai oleh-oleh khas Batam. Di setiap oulet Villa memang telah terpajang beberapa produk UMKM dari Batam maupun  Kepulauan Riau. Mulai dari cokelat, keripik, kerupuk hingga kaus bertuliskan "I ♡ Batam".

Kek Pisang Villa Oleh-oleh Khas Batam
Batam? Ya Kek Pisang Villa

Pelopor Oleh-oleh Khas Batam yang Membidik Pasar Nasional.

Kek Pisang Villa Oleh-oleh Khas Batam
Memorabilia Kek Pisang Villa, mulai dari kompor, timbangan dan berbagai cetakan yang berjasa diawal pembuatan Kek Pisang.

Kami disambut oleh bapak Fauzan Afrianto selaku Koordinator Area Batam dari Kek Pisang Villa. Beliau memutarkan video yang berisi sejarah singkat perjuangan pasangan suami istri, Denni Delyandri dan Silvi. Nama Villa sendiri diambil dari lokasi perumahan --Villa Muka Kuning-- tempat pasangan tersbut merintis usaha. Dari industri skala rumahan, mengikuti perlombaan bidang UKM hingga saat ini memproduksi 1000 Kek Pisang aneka rasa perharinya. Junlah tersebut meningkat drastis di akhir pekan dan hari-hari besar nasional.

Saat ini, Kek Pisang Villa memiliki misi untuk menjadi pemain utama di bidang oleh-oleh khas daerah. Selain membuka pusat oleh-oleh di beberapa kota seperti Viz Cake di Pekanbaru, dan dengan menggaet beberapa artis, misalnya Struddel Malang bersama Teuku Wisnu dan yang sedang hits saat ini Medan Napoleon bersama Irwansyah.

Kek Pisang Villa Oleh-oleh Khas Batam
My pinky shoes, kali ini edisi dipakaikan 'baju'
Selanjutnya, kami diizinkan masuk dan melihat langsung proses pembuatan Kek Pisang Villa. Terlebih dahulu kami harus mengikuti prosedur memakai topi dan penutup sepatu agar ruangan tetap terjaga kebersihannya. Kemudian tubuh disemprot di suatu alat khusus agar mematikan kuman.

Proses pembuatan kek pisang villa batam
Bagian pengolahan Kek Pisang

Meski hanya melihat dari luar ruangan yang dibatasi kaca, rasanya sangat seru! Melihat proses produksi secara bertahap dari pengadonan, pemanggangan hingga pengemasan.

Kek Pisang villa oleh - oleh Khas Batam
Bagian pengemasan Kek Pisang

Saya banyak belajar, diantaranya saat ini penggunaan sarung tangan karet dalam pengolahan makanan dan minuman tidak direkomendasikan lagi. sesuai standar Hazard Analysis And Critical Control Point (HACCP). Sarung tangan karet dapat menjadi tempat berbiaknya bakteri baru yang tidak diinginkan. Solusinya, para baker yang rata-rata adalah lulusan SMK dan masih berusia muda, diharuskan menjaga higenitas dengan rajin mencuci tangan.

Kek Pisang Villa Oleh-oleh Khas Batam
Master Chef sedang mengawasi bagian Researh and Development, dari sinilah ide-ide terus berkembang.
HACPP menurut wikipedia adalah sebagai suatu pendekatan ilmiah, resional, sistematik untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengendalikan bahaya terutama pada sektor pangan. Kek Pisang Villa sendiri beberapa tahun terakhir telah menerapkannya dan diaudit oleh Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kek Pisang Kurma, Idola Sepanjang Ramadhan.


Kek Pisang Villa Oleh-oleh Khas Batam

Di hari yang bersamaan dengan kunjungan kami, diluncurkan kembali Kek Pisang Kurma. Sudah menjadi tradisi tahunan, Kek Pisang Kurma ini dipasarkan selama bulan Ramadahan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Varian ini biasanya menjadi idola dan paling banyak dicari. Disamping unuk mengikuti sunah Rasulullah, berbuka dengan yang kurma, telah terbukti memang buah ini memiliki banyak manfaat. Diantaranya sebagai sumber energi instan, sehingga memang sangat baik dikonsumsi oleh orang saat berbuka puasa. 



Kek Pisang Villa menyandingkan resep kek Pisang original yang diolah dari pisang barangan spesial dengan kurma berkualitas terbaik. Hasilnya ialah Kek Pisang Kurma dengan tekstur yang lebih lembut, kadar manisnya pas, plus masih ditaburi toping kurma. Makan seiris saja rasanya sudah nendang!

Cocok sekali menjadi salah satu pilihan menu berbuka puasa atau untuk oleh-oleh mudik lebaran. Harganyapun terjangkau, Rp 45.000,- per kotak. Ga afdol mudik dari atau sekedar transit dari Batam tanpa menenteng #KekPisangVilla.


Kek Pisang Villa Oleh-oleh Khas Batam
Say : "Pandan Chesse"

Kek Pisang Villa

Lokasi :  10 outlet di Batam dan 2 outlet di Tanjung Pinang.
Varian rasa : Kek Pisang Original, Pandan Cheese, Blackberry, Marble, Choconut, Buah Naga, Blackforest dan Kek Pisang Kurma
Harga Jual : Rp 45.000,- s/d Rp 60.000,-
Situs : http://www.kekpisangVilla.com
Instagram : @Villakekpisang
Facebook : Villa Kek Pisang
Open Hours : 07.00 WIB - 22.00 WIB