Unpack Your Creative Content dalam #KopdarBloggerJNE Batam

#KopdarBloggerJNE bersama Pungky Prayitno dan Haykal Kamil di hotel Novotel Batam, vlogging
Saya teringat postingan blogger hits mas Danan Wahyu Sumirat, yang mengatakan bahwa komunitas Blogger di Batam dan Kepulauan Riau pada umumnya memang pantas diperhitungkan. Buktinya, JNE sebagai salah satu perusahaan pengiriman barang terbesar di Indonesia mengakui eksistensi ini dan menjadikan Batam, satu-satunya kota di luar Pulau Jawa sebagai tuan rumah #KopdarBloggerJNE 2017.

Narasumber sekaligus pembicara, tetap sama dengan kegiatan serupa di Bandung, Bogor, dan Surabaya, yaitu Pungky Prayitno (blogger dengan konten yang sering viral) dan Haykal Kamil (aktor, youtuber). Keduanya ialah konten kreator yang telah berpengalaman dibidangnya masing-masing.

Pungky Prayitno (www.pungkyprayitno)
Dan Haykal Kamil 

Sebenarnya saya sempat harap-harap cemas untuk menghadiri blogger gathering ini, karena Mamase --suami saya --sempat keberatan saya ikut acara buka bareng apapun di Batam selama bulan Ramadhan. Saya tetap mendaftarkan diri, toh, awalnya saya ragu bakal terpilih menjadi 35 perserta yang lolos seleksi. Tiga hari menjelang acara, barulah saya mendapat email konfirmasi, namun belum ada restu dari Mamase

Di kala saya sudah hopeless dan nyaris saja mengirim email pembatalan kehadiran pada panitia, eeh, ternyata Mamase mengabarkan bahwa di hari yang sama kantornya juga akan mengadakan bukber di Batam. Memang kalau rezeki gak kemana.

Gedubrakan, saya baru berangkat dari Belakangpadang pukul 14.15 WIB sementara acara dimulai pukul 15.30 WIB di Hotel Novotel yang berlokasi di Batu Ampar. Sempat deg-degan, soalnya saya paling tidak suka terlambat hadir. Rasanya tidak disiplin. Alhamdulillah, saat saya tiba di lokasi, acara belum dimulai karena rekan-rekan yang lain sedang beribadah Shalat Ashar.

Bang Ahmadi sedang bertanya, Pungky yang langsung mengantarkan mic-nya. What a sweet gesture!

Sepanjang acara, berlangsung sangat interaktif. Pungky dan Haykal aslinya ramah, cerdas, humble dan seru banget! Plus saya bersilahturahmi dengan beberapa teman Blogger Kepri dan akhirnya bisa bertemu dengan mbak Dee, Choty, mas Danan dan banyak lainnya. Ohya, terutama Lianda Marta yang ternyata adalah adik kelas saya waktu SMA!


Pemenang live tweet dan live instagram :
Kak Chaya, mbak Dee, Lianda dan Asad.

Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan, diataranya :
♡ Sebelum mengikuti event seperti ini sebaiknya mempelajari dulu product knowledge dari penyelenggara. Pertanyaan kuis biasanya berkaitan dengan seputar hal tersebut.
♡ Menjadi konten kreator itu lebih bebas berekspresi, menjadi diri sendiri dan dapat membawa idealisme pribadi. Tetapi justru harus lebih disiplin, konsisten dan all out dalam menghasilkan konten. Contohnya untuk menghasilkan tone foto yang terlihat mirip dalam seluruh postingan blognya Pungky tidak segan mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa gadget yang terbaik dan mengalokasikan waktu khusus untuk melakukan pemotretan di lokasi yang instagramable misalnya taman kota
♡ Seorang blogger, menurut Pungky, harus memiliki branding dan ciri khas sendiri. Sesuatu nilai lebih yang membuat pembaca memiliki enggangement terhadap konten yang ditulisnya,
Blogger harus selalu peka dengan lingkungan sekitar dan mengikuti perkembangan tren untuk menghasilkan konten yang viral.
♡ Tren konten saat ini dan di masa yang akan datang ialah video. Video lebih diminati seiiring dengan kemudahan yang diberikan sosial media, misalnya intsastory. So video is the future of social media.
♡ Untuk menjadi seorang video blogger alias vlogger, menurut Haykal Kamil tidak perlu terlalu memikirkan keterbatasan yang ada, mulai saja dengan apa yang dimiliki, misalnya menggunakan kamera smartphone dan berbagai aplikasi editing gratis.
♡ Agar video semakin baik, bisa menerapkan pola ATM "amati, tiru dan modifikasi" dari akun youtube atau vlogger favorit kita, namun tetap dengan ciri khas sendiri.
Tips ngevlog keren ala Haykal Kamil :
Ngevlog ialah kegiatan capturing the momment sekaligus creating the momment, agar tidak kebingunggan saat take video, sebaiknya :
  • Memikirkan terlebih dahulu apa yang akan dibahas
  • Peka terhadap kejadian disekitar
  • Utamakan mengedepankan ciri khas kita
Last but not least, untuk memonetize channel youtube yang kita miliki ada 3 cara, yaitu :
  • Memasang google adsense
  • Menerima endorsement
  • Menjadi pembicara dikegiatan off air


Menu makan malam, semuanya lezat, gak sempat foto karena keburu ludes diserbu kengkawan yang berbuka.

Tak terasa, azan Maghrib menggema dan kami melakukan buka puasa dengan sajian dari Novotel. Menunya enak-enak. Ada laksa, gado-gado, buah-buahan segar dan kurma, es cendol dan aneka gorengan serta menu makan malam lengkap dengan kondimen 5 macam sambal nusantara.

Selama berbuka, pungky dan Haykal mingle bersama kami semua dan mengambil foto bareng. Belum puas bercengkrama, saya terpaksa pamit duluan, karena Mamase dan Ziqri sudah datang menjemput saya.



Saat berpamitan, saya sempat terharu, karena teman-teman blogger yang sebagian besar kaget saya bisa hadir dan menanyakan dengan nada sedikit khawatir, "Apakah saya langsung pulang ke Belakangpadang? Bagaimana saya pulang? Ada kendaraan dan masihkah ada boat pancung?" Alhamdulillah, saya jelaskan bahwa saya dijemput suami dan boat tetap beroperasi sampai malam. Bagaimanapun terimakasih atas perhatiannya ya teman-teman. Sampai bertemu kembali di lain kesempatan. 

Sempetin minta foto berdua, masing-masing.