Padi Mas Tanjung Balai Karimun

padi mas Supermarket tanjung balai karimun kepulauan riau
Annisakih.com Setelah saya menceritakan jalan-jalan saya dan Ziqri ke Indo P.N, rasanya kurang komplit kalau saya tidak menceritakan tentang "pesaingnya" yaitu Padi Mas. Keduanya merupakan dua toko serba ada (toserba) alias supermarket terbesar dan menguasai pasar sejak era akhir 90'an atau awal tahun 2000an di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.


Padi Mas Tanjung Balai Karimun

Padi Mas Tanjung Balai Karimun

Padi Mas Tanjung Balai Karimun

Padi Mas Tanjung Balai Karimun

Tempat ini yang pertama kali mengusung one stop service di Karimun. Menjadi salah satu tujuan utama keluarga untuk mencari hiburan di akhir pekan khususnya yang perlu berbelanja. Lokasi perbukitan di sulap menjadi deretan rumah toko (ruko) di bagian depan. Di bagian dalamnya terdapat toserba alias supermarket dengan di lengkapi food court yang luas di bagian sisi dan belakangnya.

Baca juga: Pasar Puan Maimun Karimun

Supermarket di bagi lagi menjadi kawasan swalayan, pakaian, buku dan alat tulis, alas kaki serta kosmetik. Produk yang dijual merupakan perpaduan antara buatan Indonesia atau negeri jiran. Misalnya, tak jarang saya jumpai satu produk shampoo dengan merk yang sama namun kemasannya sedikit berbeda, karena yang satu produk lokal, sedangkan satunya ialah produk impor. Harganya lumayan bersaing dan ada sistem keanggotaan dan poin yang bisa ditukar dengan tupperware. Setiap berbelanja Rp 50.000,- mendapat satu poin. Lumayan, ibu saya telah menukarkan beberapa toples lucu.

Padi Mas cocok untuk membeli oleh-oleh. Pilihannya antara lain bermacam keripik khas Karimun seperti kerupuk Moro, aneka cokelat impor atau pernak-pernik lainnya.

Padi Mas Tanjung Balai Karimun

Padi Mas Tanjung Balai Karimun


Di seberang supermarket berdiri hotel Padi Mas, yang sejak beberapa tahun yang lalu manajemennya diambil alih oleh Aston Grup. Aston Karimun City Hotel, saat ini menjadi salah satu hotel terbaik di Tanjung Balai Karimun karena telah memenuhi persyaratan menjadi hotel berbintang 3. Fasilitas yang disediakan antara lain kolam renang dengan whirpool; fitness centre dan aerobik; spa dan sauna; restoran Jepang serta pijat tradisional. Sayangnya saya belum bisa memberikan review menyeluruh dari hotel ini, karena saya belum pernah menginap sejak rebranding dilakukan. Terakhir saya hanya sempat mengikuti seminar dan mencicipi menu dari restoran rooftopnya.

Baca juga : Kolam Renang Tamara Karimun, Sensasi Sejuk Air Gunung Jantan

McDOta Padi Mas Tanjung Balai Karimun

Di ruko-ruko sekitarnya berdiri restoran ayam Mc Dota, brand asli Karimun yang menjual aneka menu lokal maupun westren seperti pizza; bakery dan beberapa tempat makan lainnya. Agak menyebrang sedikit, kita menemukan resto cepat saji KFC.

Lokasinya agak jauh dari pelabuhan Karimun. Untuk menuju kemari kita dapat menaiki angkot bewarna kuning jurusan Kapling (Rp 5.000) atau menyewa taksi gelap (Rp. 50.000).  Bisa juga naik ojek, tapi saya kira dengan tarif (Rp 15.000,- s/d Rp 20.000), naik taksi lebih nyaman, apalagi jika mengajak kawan lain.

Padi Mas (Aston Karimun Hotel, Mc Dota)
Address : Jalan Pertambangan Kompleks Padi Mas, Tanjung Balai Karimun
Open hours : 08.00 WIB -22.00 WIB