20 Kartun Jadul Favorit

20 kartun anak-anak yang ditayangkan tahun 1990 - 2000an

 Alhamdulillah, meski sempat saya cuekin ternyata visitor blog ini meningkat. Setelah saya telusuri, sebagian besar traffic datang dari artikel-artikel saya tentang sinetron dan telenovela jadul. Ternyata banyak yang ingin bernostalgia dengan tontonan semasa kecilnya.

Baca juga: Sinetron Indonesia Jadul

Jadi, kali ini saya mau membagikan 20 kartun alias animasi yang dahulu pernah ditayangkan stasiun televisi, dan menjadi favorit saya. Daftar saya susun berdasarkan tingkat kesukaan saya dan murni bedasarkan ingatan saja. Let's check it out :


1. Samurai X
Kesan dalam ingatan : The best cartoon ever! Animasinya keren, jalan cerita bagus banget, ada actionnya, banyak pemahaman tentang sejarah Jepang, juga banyak dramanya, termasuk kisah percintaan antara Kenshin dan Kaoru Kamiya.
Ditayangkan saat saya kelas 2 SMP (seputar tahun 2000) di SCTV, hari Senin-Jumat pukul 15.00 WIB.
Duh, dulu saya sampai agak ga rela mau berangkat les ke LIA gara-gara sayang ketinggalan 2 episode setiap minggunya. Suprisingly, my first ex-boyfriend *hoahaha* juga suka banget. Versi Indonesia dari komiknya diluncurkan saat saya masuk SMA. Merupakan komik pertama keluaran Elexmedia yang mengadaptasi cara membaca Ala Jepang, yaitu dari belakang ke depan. Saya sangat menyesal karena tidak mengkoleksi edisi lengkapnya, karena dulu saya sudah puas membaca gratis di gramed dan pinjem punya si mantan tadi. Walaupun sampai sekarang saya masih hapal luar kepala ceritanya, kadang saya masih suka membaca ulang disitus baca komik online. Dan beberapa tahun yang lalu saya masih mengikuti tayang ulang animenya di Animax lewat televisi berlangganan.
Kisahnya tentang Kenshi Himura alias Battosai si pembantai, yang berniat untuk 
Baru tahu : Saya juga suka versi adaptasi live actionnya dan sampai saat ini masih sering memutar OST penutupnya yang It's gonna rain by Bonnie Pink. For me it's a perfect song, full of my childhood memories.


2. Magic Knight Rayearth
Tayang : Di RCTI setiap hari Minggu pagi
Kesan dalam ingatan : Saya punya kliping tentang serial ini, yang saya gunting dari majalah Bobo. Lagu penutupnya dalam versi Indonesiapun saya masih hafal hingga sekarang (*tutup muka*). Suka bangetlah pokoknya.
Kisahnya tentang tiga gadis remaja berbeda sekolah yang sedang berkaryawisata ke Menara Tokyo dan tersedot ke dimensi lain. Hikaru Shidou, Umi Ryuzaki dan Fuu Hoouji ternyata dipanggil oleh doa puteri Emerald yang diculik Zagato, mantan pelindungnya sendiri. Untuk mengembalikan ketenangan dan kedamaian, mereka bertiga bertualang mencari bahan untuk membuat pedang ajaib yang akhirnya membangunkan ketiga pahlawan mesin mecha (robot raksasa) dengan elemen api, air dan angin.


3. Ranma 1/2
Tayang: Di RCTI setiap hari Minggu pukul 09.30 WIB (atau 10.00 WIB?)
Kesan dalam ingatan : Versi kartun yang tayang sepertinya banyak disensor karena ceritanya memang agak vulgar. Banyak adegan Ranma tercebur kedalam air atau kolam dan keluar dengan wujud wanita muda tanpa busana. Saya sering menontonnya karena gemes melihat perkembangan hubungan Ranma dan Akane yang selalu mendapat rintangan dari tokoh-tokoh disekitarnya.
Kisahnya tentang Ranma Saotome yang di jodohkan dengan Akane Tendo, karena ayah mereka adalah sahabat baik. Sepulangnya dari Cina, Ranma dan ayahnya yang berlatih kungfu di kolam ajaib, masing-masing berubah menjadi gadis muda dan panda raksasa apabila terkena air dingin. Mereka akan kembali ke sosok asli setelah dituang air panas. Kisahnya menjadi lucu dan menarik karena Ranma dan ayahnya pindah ke rumah Akane dan bersekolah di tempat yang sama. Mereka menghadapi tantangan dalam bentuk penggemar, mulai dari Shampoo yang bisa berubah menjadi kucing, Ryoga yang menjadi babi kecil serta kakak beradik yang jatuh cinta pada Ranma versi perempuan.


4. One Piece
Tayang : Di RCTI setiap hari Minggu 
Kesan dalam ingatan : Adik saya yang awalnya rutin menonton sekaligus mengumpulkan komiknya. Saya baru mengikuti setelah dipindahakan penayangannya ke Global TV. Itu pun tidak lama dihentikan dengan alasan teguran KPI akibat adegan bernuansa kekerasan. (Bagi saya ini agak tidak adil, entah kenapa Naruto masih bisa tayang hingga sekarang? So sad, I hate Naruto). Saat ini memang komiknya belum selesai, jadi versi lanjutannya bisa dinikmati lewat online streaming.
Kisahnya tentang Luffy yang berniat menjadi raja bajak laut dan berlayar menemukan harta karun dunia yang disebut One Piece. Bersama teman-teman baru yang ditemuinya diperjalanan, Ia mendirikan kru Straw Hat alias Bajak Laut Topi Jerami. Nama mereka makin lama semakin diperhitungkan dengan semakin kuatnya Luffy serta teman-temannya, sebagai imbasnya nilai buruan akan mereka terus menerus meningkat.


5. UFO Baby
Tayang: Di RCTI setiap hari Minggu pukul 06.30 sekitar tahun 2004-2006.
Kesan dalam ingatan : Alasan saya sering malas olahraga pagi zaman kuliah ialah karena mau nonton UFO Baby. Huehehehe.. So Childish, tapi ini adaptasi salah satu komik favorit saya sepanjang masa. Untung jumlah episodenya ga banyak, karena memang hanya menceritakan sesi pertama dari komiknya (ada lagi New Ufo Baby).
Kisahnya : Tentang Kanata dan Miyu yang harus tinggal berdua di sebuah kuil (ayah Kanata seorang Biksu), sambil menjaga seorang bayi bernama Roo. Roo bersama kucing pengasuhya yang ajaib, Wanya, ialah mahkluk luar angkasa yang terdampar ke bumi. Setiap hari selalu ada kejadian lucu dan menarik demi menutupi identitas keduanya dari teman-teman sekelas hingga membantu Roo dan Wanya kembali ke planetnya lagi.


6. Sailormoon
Tayang : Setiap hari Senin-Jum'at  di Indosiar pukul 16.00. 
Kesan dalam ingatan : Kartun paling hits dikalangan anak perempuan angkatan saya. Setiap hari membahas Usagi dan Mamo-chan
Kisahnya : Tentang Usagi, cewek ceroboh yang mendapatkan kekuatan dari Luna, kucing ajaib yang bisa berbicara. Bersama teman-teman barunya, ternyata mereka adalah prajurit sailor, reinkarnasi dari putri sekaligus pelindung bulan dan planet lain dalan tata surya. Berjuang menumpas kejahatan dengan bantuan Tuksedo Bertopeng, yang ternyata ialah Mamoru Chiba, reinkarnasi dari pangeran penguasa Bumi, Endimion. 


7. Pokemon
Tayang : Di SCTV setiap hari Minggu agak siang tahun 2001 (?)
Kesan dalam ingatan : Demam pikachu telah melanda saya dan adik sejak kartunnya diputar. Adik saya langsung menjadi pengkoleksi pernak-pernik Pikachu. Saya sendiri lebih menyukai Togepi, Pokemon berbentuk telur yang biasa di gendong Misty.
Kisahnya : Pokemon adalah kepanjangan dari Pocket Monster, moster lucu yang bisa bermetamorfosis menjadi lebih besar dan kuat. Syaratnya harus dilatih dan diajak bertarung dengan pokemon lain. Kartun generasi awal menceritakan tentang Ash yang melatih pokemon miliknya, terutama Pikachu untuk menjadi juara turnamen Pokemon. Bersama Misty -seorang gadis tomboy- dan Brock -seorang remaja pria berhati baik-, berpetualang sambil mengalahkan gangguan dari Team Rocket (Jesse dan James serta Meowth).


8. The Legend Of Aang
Tayang : Di Global TV pukul 08.00 WIb setiap hari Senin-Jumat 
Kesan dalam ingatan : Kartun terakhir yang saya ikuti dengan 'serius'. Episode terakhirnya menjelang saya diwisuda tahun 2008. Kartun terakhir pula yang saya saksikan bersama-sama dengan adik saya.
Kisahnya tentang Aang, seorang pengendali udara yang tertidur selama kurang lebih seabad di dalam es. Ditemukan oleh seorang gadis pengendali air bernama Katara dan abangnya, Sokka. Bersama-sama mereka menggali kekuatan sejati Aang sebagai seorang Avatar - pengendali empat elemen: tanah, air, api dan udara- serta menyelamatkan dunia dari serangan negara Api.


9. B'TX
Tayang : Di SCTV pukul 15.30 WIB, harinya lupa
Kesan dalam ingatan : Saya kurang suka Saint Seiya, tapi saya suka B'TX. Menurut saya lebih seru dan sedih (Iya lho, saya dulu kepikiran banget, gimana kalau beneran dunia diambil alih mesin semacam gitu). Eh, ternyata setelah menikah, baru ngeh ternyata pak suami juga suka banget. Akhirnya kita kadang streaming online untuk nonton ulang.
Kisahnya : Tentang Teppei yang awalnya berusaha menyelamatkan abangnya dari kerajaan mesin. Ternyata, kerajaan mesin berusaha menyerang umat manusia dan mengubah dunia mejadi full mesin. Teppei berusaha mencegah hal tersebut terjadi bersama dengan beat bernama X (semacam kuda bersayap perpaduan antara mesin dan darahnya Teppei, bisa berbicara dan memiliki kemampuan berperang).


10. Cardcaptor Sakura.
Tayang di TPI (MNC TV) di hari Minggu pagi
Kesan dalam ingatan: satu diantara banyak anime adaptasi karya Clamp selain Magic Knight Rayearth yang saya sukai.
Kisahnya tentang Sakura yang harus mengumpulkan kartu Clow dengan bantuan Cerberus alias Kero si pendamping imut-imut. Kostumnya yang keren di rancang oleh Tomoyo, sahabatnya. Ia kerap dibantu oleh Li Syaoran dan di rumah oleh abangnya yang ganteng, serta sahabatnya Yukito.



11. Teenage Mutant Ninja Turtle
Ditayangkan di TVRI setiap sore pukul 14.30 WIB, harinya lupa.
Kesan dalam ingatan: Saya nonton ini sudah lama banget yaa.. Kayaknya sewaktu saya masih kelas satu sekolah dasar, which is arround 25 years ago
Kisahnya tentang kura-kura mutan yang tinggal di dalam gorong-gorong air bersama guru mereka, master Splinter. Nama-namanya diambil dari tokoh seni dunia, yaitu Michaelangelo (oranye), Leonardo (biru), Raphael (Merah) dan Donnatelo (ungu). Favorit saya adalah Mickey yang periang dan Donnie yang jenius. Penjahat paling memorable ialah otak yang mampu bergerak dan berbicara.



12. Hello Kitty / Sanrio
Ditayangkan di SCTV setiap hari Minggu pukul 08.30 WIB tahun 90'an.
Kesan dalam ingatan: kartun ini penayangannya berbarengan dengan Candy-candy di RCTI. Berhubung saya fans berat Hello Kitty, maka saya lebih sering menonton Sanrio. Ada banyak tokoh yang tampil dalam setiap episode yang terbagi dalam 2 segmen selama 15 menit.
Kisahnya tentang keluarga Hello Kitty, Kerokerokeropi dan tokoh Sanrio lainnya.


13. Remi 3D
Tayang di RCTI setiap hari Minggu pagi.
Kesan dalam ingatan: Kartun tiga dimensi pertama yang tayang di televisi. Untuk menontonnya harus menggunakan kacamata khusus yang diperoleh sebagai bonus majalah Bobo. Tidak digunakan juga sebenarnya (seingat) saya tidak apa-apa juga.
Kisahnya tentang Remi, seorang anak lelaki yatim piatu yang bertualang sambil bernyanyi.

14. Detective Conan
Ditayangkan di Indosiar setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 10.00 WIB.
Kesan dalam ingatan: dibandingkan dengan komiknya, saya merasa versi adaptasinya kurang memuaskan. Entah karena kualitas gambarnya agak kurang dan dubbingnya kurang pas dalam karakter.
Kisahnya tentang Shinnici Kudo yang menjadi kecil karena diminumkan racun oleh kelompok berbaju hitam. Shinici menyamar menjadi anak sekolah dasar dan menumpang tinggal di rumah Ran Mouri karena ayahnya ialah seorang detektif swasta. Berkat perlatan yang diberikan professor Agassa, Conan membatu Kogoro Mouri -ayah Ran- menjadi detektif yang terkenal sembari membongkar kejahatan kelompok bejubah hitam.


15. Power Puff Girls
Tayang : di RCTI pukul 09.00 pagi pada tahun '90an.
Kesan dalam ingatan: Pertama kali nonton PPG di Cartoon Network, bersamaan dengan Josie and the Pussy Cat Dolls. Tapi karena gak di dubbing dan belum jago bahasa Inggris jadinya gak terlalu suka. gu pembukanya gampang diingat dengan melodi cepat.
Kisahnya tentang Bubble, Butercup dan Blossom, tiga gadis cilik berkekuatan super. Menghadapi aneka mosnter ciptaan Mojojojo, si monyet jenius.


6. The Adventure Of Tin-Tin
Tayang: di SCTV setiap hari Kamis pukul 15.30 WiB
Kesan dalam ingatan: adaptasi dari komik berjudul sama karya Herge. Sebenarnya saya menonton kartunnya dulu baru mulai membaca dan membeli komiknya. Satu judul komik terbagi dalam berapa episode kartun berdurasi 30 menit.
Kisahnya tentang petualang Tin-Tin -seorang wartawan- dan anjingnya Snowy mengungkap aneka misteri di dunia. Kadangkala ia mendapat bantuan dari teman-temannya dalam menghadapi penjahat.



7. Animaniacs
Tayang: di RCTI hari dan jamnya lupa
Kesan dalam ingatan: lucu, saya paling suka cerita tentang tikus bernama Pinky dan temannya yang jenius, Brain, dalam usaha mereka mengambil alih dunia. Lagu pembukanya juga menarik.
Kisahnya tentang Wakko, Yakko, Dot dan teman-teman yang lain dalam sketsa cerita berdurasi singkat tapi benar-benar lucu.



18. Spider Man.
Tayang: di RCTi pukul 16.30, harinya lupa
Kesan dalam ingatan: berkesan sebagai kartun yang sedang saya saksikan ketika adik saya pertama kali mimisan dan seketika rumah menjadi chaos karena ternyata kami berdua sakit demam berdarah.
Kisahnya: Peter Parker masa kuliah yang berusaha menyeimbangkan kehidupannya sebagai Spiderman, wartawan, mahasiswa dan menjaga hubungannya dengan Mary Jean (Mj) Watson.



19. Batman.
Tayang: di SCTv pukul 15.30, sekali seminggu harinya lupa.
Kesan dalam ingatan: Sepertinya Batman adalah kartun animasi pahlawan bertopeng yang paling 'rajin' saya ikuti. Hingga versi terbaru dimana Batman sudah tua dan digantikan Dick Grayson yang dulunya ialah Robin.
Kisahnya: Tentang Bruce Wayne menumpas kejahatan di Gotham City



20. X-Men.
Tayang: di RCTI, sekali seminggu -harinya lupa- pukul 16.30.
Kesan dalam ingatan: Saya suka banget dengan pasangan Cyclops dan Jean Grey.
Kisahnya tentang Professor X dan para mutan yang tergabung dalam X Men dalam melawan kejahatan.

******

Demikianlah 20 kartun jadul favorit saya. Selebihnya masih banyak kartun seru lain yang sebenarnya saya tonton juga seperti Minky Momo, Inuyasha, P-Man, Ninja Hattori atau yang masih tayang hingga hari ini misalnya Doraemon dan Sponge Bob Square Pants. 

Gimana? Adakah favorit teman-teman juga? Atau suka kartun lain? Dragon Ball, Saint Seiya, Ikyu San atau Arale, barangkali? Nostalgia bareng yuuk..

Kalau saya sih sampai sekarang masih nonton kartun. Judulnya nemanin Ziqri, padahal saya emang suka hoahahahaa.. Kapan-kapan saya ceritain juga apa aja yang biasanya kami tonton bareng yaaa.. See ya

Pic sources: 
http://thefix.nine.com.au/2015/01/15/05/04/top-20-kids-cartoons-of-the-1990s/20

Wikipedia

Imdb