Mickey Mouse Club (MMC) Malaysia

Mickey Mouse Club (MMC) Malaysia yang ditayangkan di Disney Channel

Hari ini, 18 November mungkin hari yang spesial bagi penggemar Mickey Mouse di seluruh dunia. Iya, si tikus ikonik berulang tahun. Nyaris seabad lalu, tepatnya tahun 1928, Mr. Walt Disney mengkreasikan Mickey yang disusul dengan kawan-kawannya seperti Minnie, Donald Duck, Deasy, Goofy, Pluto hingga ke berbagai kisah waralaba lainnya.

Kesuksesan Mickey menjadikan Disney perusahaan raksasa yang membawahi taman hiburan Disneyland, perusahaan yang menjual berbagai merchandise, film layar lebar hingga channel televisi sendiri. Channel televisi untuk anak-anak, yang saat ini dapat dinikmati di Indonesia yaitu Disney Channel, Disney XD dan Disney Junior.

Meski hanya bisa diakses melalui saluran televisi berbayar, namun sebagian besar program (khususnya kartun) dapat disaksikan melalui channel televisi lokal. Sebut saja Elena of Avalor dan Tangled the Series di RCTI atau Sofia the First di MNC Tv.

Sebagai gebrakan terbaru, The Walt Disney Company South East Asia yang membawahi Disney Channel Asia, menghidupkan kembali Mickey Mouse Club. Tujuannya ialah menyediakan konten lokal bagi para fans di Malaysia dan Asia Tenggara pada umumnya.

Apa Sih Mickey Mouse Club (MMC)?

Mickey Mouse Club (MMC) ialah acara variety televisi, yang pertama kali diadakan di Amerika Serikat pada tahun 1950. Sepanjang acara, para anak-anak dan pra-remaja yang terpilih -dikenal sebagai mousekeeter- menampilkan nyanyian, tarian dan sketsa komedi. Kontennya tentu berkaitan dengan Mickey dan Disney.


Hayoo ngenalin ga nih, wajah imut JT, Ryan, Brit dan Christina?

Angkatan yang paling terkenal mungkin ialah The-all New Mickey Mouse Club, yang berlangsung antara tahun 1989-1994. Mousekeeter-nya antara lain Britney Spears, Christina Auguilera, Justin Timberlake, Ryan Gosling, JC Chazes dan Keri Russel. Nama-nama yang menjadi sangat terkenal di kemudian hari setelah mereka 'lulus' dari MMC.

Tak mau ketinggalan, negeri Gingseng yang terkenal dengan para penampil hebat, pernah menayangkan MMC versi mereka di tahun 2015. Dibawakan oleh Leeteuk dan boyband Super Junior sebagai MC, sambutan penonton cukup antusias.

Kemudian, di pertengahan tahun 2017, Disney Channel Asia mengumuman di  bahwa akan diadakan star search untuk pra-remaja di seluruh Malaysia (Semenanjung dan Sabah+Serawak). Setiap kontestan harus mengirimkan video audisi. Syarat menjadi seorang mousekeeter haruslah multi talenta,  jadi ada rekaman yang menunjukan kemampuan mereka saat sedang menyanyi, menari dan berakting.

Audisi kemudian dilakukan di tiga kota, yaitu Kuala Lumpur, Johor Bahru dan Penang. Proses audisi dan behind the scene dapat disaksikan di channel youtube Disney Channel Asia. Dengan dibawakan oleh Jenn Chia.

Dari ribuan peserta dan seleksi yang berlapis akhirnya terpilihlah 7 orang (4 cewek dan 3 cowok), yaitu :

  • Chariss Ow (Chariss)
  • Dheeba Menon (Dheena)
  • Erissa Puteri Hashim (Erissa)
  • Nur Aliantasha Hanafi (Natasha)
  • Mohd. Wafiy Ilhan Johan (Wafiy)
  • Ahmad Faiz Najib (Faiz)
  • Gabriel Noel Poutney (Gabriel)
Source
Searah jarum jam: Chariss, Gabriel, Wafiy, Faiz, Natasha, Dheena dan Erissa

Episode perdananya tayang serempak di Disney Channel dan Disney Junior, hari Jum'at tanggal 15 September, pukul 12.30 WIB. Episode terbaru hadir setiap Jum'at dengan durasi hanya 30 menit. Terasa sangat singkat. Apalagi yang mereka tampilkan cukup menarik dan lucu.

Konsepnya ialah live performence. Jadi ada banyak penonton cilik yang hadir di studio. Setiap episode memiliki tema tertentu. Episode tanggal 17 November bertema ulang tahun Mickey Mouse. Dihadiri langsung oleh 'Mickey' yang menerima ucapan selamat, nyanyian dan kue ulang tahun raksasa.

Bersama bintang tamu kejutan, para mousekeeter bermain game tebak judul film Disney dan phrase terkenal dari film Disney, seperti "To The Infinity And Beyond" dari film Toy Story.

Ini cuplikannya :




Saya merasa acara ini cocok ditonton bersama keluarga. Mengasah kemampuan bahasa Inggris anak-anak, mendorong anak-anak untuk berani tampil di depan dan menunjukkan bakat yang mereka miliki. Serta banyak pelajaran lain sesuai tema yang diangkat, misalnya kerja sama dan toleransi antar anggota Mousekeeter yang multi etnis.

Pendampingan orang tua tetap diperlukan karena ada beberapa kalimat yang diucapkan para Mouseketeer menggunakan bahasa Melayu Malaysia.


Saya berharap akan ada Mickey Mouse Club versi Indonesianya. Karena saya yakin anak-anak Indonesia tak kalah berbakat. Lihat saja berbagai acara seleksi dan perlombaan bakat anak. Saat ini hampir semua channel televisi bersaing menayangkan program besutan masing-masing. Angin segar bagi anak-anak Indonesia yang sempat mengalami masa "mati suri" hiburan khusus mereka.

Dan, siapa tahu, suatu saat akan ada artis asal Indonesia yang akan menembus Hollywood dan mendunia, setelah dikontrak Disney. Who want to be the next Miley Cyrus or Selena Gomez?



Acara : Mickey Mouse Club / Club Mickey Mouse
Tayang : Jum'at 12.30 WIB (re-run 19.00 WIB)
Channel : Disney Channel