- - Habibie Festival Batam 2018 : Lihat, Sentuh dan Rasakan Teknologi | Hello Nisa
-

Habibie Festival Batam 2018 : Lihat, Sentuh dan Rasakan Teknologi

Kemal Pahlevi on stage
BE KRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018

www.Annisakih.com Pulau Batam memiliki kedekatan personal dengan bapak B.J. Habibie. Periode tahun 1978-1983, beliau sempat mengetuai Otorita Batam (sekarang disebut Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam atau disingkat BP Batam).

BP Batam ialah Badan nonstruktural yang dibuat oleh pemerintah pusat sebagai Badan Layanan Umum. Cita-cita awalnya termasuk dari ide Pak Habibie untuk memajukan Batam agar tidak kalah dengan Singapura.

Kedekatan lainnya ialah seorang adik perempuan beliau menetap dan mengelola rumah sakit Budi Kemuliaan Batam. Eyang Dar, --begitu adik saya dan rekan-rekan dokter intersipnya biasa memanggil-- ialah pribadi yang hangat dan tetap enerjik di usia senja. Ia pun begitu ramah dan humble hingga beliau sudi berkunjung ke rumah kami saat pernikahan adik saya.

Bertambahlah rasa kekaguman saya pada Pak Habibie. That's why, saat digelar Habibie Fest tanggal 2-4 Maret di Radisson Golf and Convention Centre, saya berniat pergi. Malah tadinya murid-murid saya pun ditawari akan dijemput oleh panitia di pelabuhan Sekupang. Sayangnya, berbarengan dengan persiapan dan pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Belakang Padang sehingga akhirnya saya pergi sendirian saja.

Lobby Radisson Golf and Convention Center Hotel
Saya berangkat di hari Sabtu tanggal 3 Maret. Di sore hari yang cerah, dari enterancee saya sudah menyaksikan antusiasme para pengunjung. Kebanyakan ialah anak muda usia sekolah dan pasangan-pasangan kekinian. Tapi yang jadi favorit saya ialah beberapa pasangan lansia yang (mungkin) sama-sama ngefans dengan pak Habibie turut hadir. Melihat mereka bergandengan tangan ditengah keramaian membuat saya menyesal tidak mengajak Ziqri dan ayahnya.

Kegiatan Habibie Fest ini macam-macam, diantaranya aneka pameran yang berhubungan dengan teknologi dan industri kreatif pada umumnya serta seminar. Stand yang bergabung  seru-seru lho. Mulai dari aero modelling, perkaitan robot, perakitan awak pesawat terbang R80 dari Regio Aviasi Industri, perusahaan software keuangan, start up aplikasi lokal, Ruang Kreasi (co-working space), media, komunitas dan bahkan oleh-oleh kekinian.

Pohon harapan untuk Batam.
Saya nempelin post it juga lho..
Pas ditengah dengan warna favorit saya : pink

Difotoin guru coding saya - Mas Amir yang jadi salah satu panitia- bersama miniatur
Pesawat rancangan pak Habibie.
Sesuai dengan misinya, pengunjung bisa menyentuh apa saja yang dipamerkan, bertanya banyak hal dengan para penjaga stand yang komunikatif dan mencoba beberapa teknologi terkini. Misalnya di booth Shinta Virtual Reality (VR) yang menyediakan kacamata VR yang boleh dicoba. Beberapa stand / booth lain yang menarik perhatian saya ;

Pencinta board game, boleh nyobain aneka
Board game seru. Banyak yang merupakan karya asli anak bangsa




Sejarah Otorita Batam hingga menjadi BP Batam dan Pembangunan jembatan Barelang yang ikonik.

3 Leaves Farm
Pertanian modern
 yang membawa tanaman organik yang dibudidyakan dengan teknologi hidroponik

Hasilnya.. Mix saladanya seger.
Seikat Rp. 10.000,- saja

Workshop membuat bingkai cermin dari potongan kayu.
Dibentuk seperti puzzle dan boleh dibawa pulang oleh anak-anak yang mengerjakan dengan membayar Rp 50.000,- saja

Workshop membatik
Saya gemeees sekali melihat adik-adik ini belajar dengan canting dan malam beneran meskipun motif batik yang dibuat ala kartun gitu.

Seminarnya didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Be Kraf), di saat saya datang, kebetulan yang menjadi pembicara ialah youtuber Kemal Pahlevi. Dalam sharing session ini, beliau membagikan pengalamannya sejak menjadi pekerja kreatif.  Ia juga menekankan pentingnya untuk mencintai passion dan mengembangkan kreativitas yang kita miliki. Dilanjutkan dengan tanya jawab dan sesi berfoto bersama.

Kegiatannya memang dibuat seinterkatif mungkin, sehingga pengujung terutama generasi muda termotivasi dengan semangat Pak Habibie untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru dibidang teknologi atau industri kreatif lainnya.

Overall, acara serupa benar-benar dinantikan kehadirannya lagi tahun depan. Dan untuk kota-kota besar lainnya di Indonesia, bersiap-siaplah menantikan kehadirannya. Selain Batam dan Jakarta, Habibie Festival akan diadakan di 10 kota di seluruh Indonesia. Wajib datang karena gratis dan banyak informasi menarik. Apalagi yang punya anak kecil. Pasti seneng deh. Cek saja pengumumannya di www.habibiefestival.com



Share this:

JOIN CONVERSATION

19 comments:

  1. Dari kecil aku ngefans banget ama pak Habibie. Sayang banget kemaren karena masih di Jawa, jadi kelewat tau ada acara ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Dee saya jg ngefans. Ada sejarah kehidupan pak Habibie dan foto2 masa lalunya bersama bu Ainun jg lho..

      Delete
  2. Bpk Habibie adalah sosok idola saya sedari dulu, penampilannya yang selalu bersemnagat sangat mengesankan, membuat setiap orang ingin selalu dekat dengan beliau.

    Semoga acara Habibie Festival ini terus berlanjut ya mbak...

    ReplyDelete
  3. Saya suka dengan perakitan robot, jadi penasaran seperti apa. Ye kalau jalan-jalan mah enaknya sama keluarga jangan sendirian. Coba kalau itu murid-muridnya bisa ikut, pastinya senang dan gembira.

    ReplyDelete
  4. wah aku nggak sempet ke acara ini tapi alhamdulilah minggu kmrn ikutan acara be kraf, kumpul2 developer aplikasi dan games, seru acaranya

    ReplyDelete
  5. Hanya bs mengamati foto2 yg bertebaran di ig saat event ini berlangsung.
    Berdekatan dg accident kening Khalid bocor.

    Syukur ada reviewnya.
    Jd bs mengira2 jika berada dsana.

    ReplyDelete
  6. Kalau digelar di 10 kota besar lain berarti pesertanya juga gak hanya dari Batam ya? Hebat Batam terpilih menjadi satu kota digelarnya event ini. Semoga anak muda Batam termotivasi menjadi se-kreatif dan se-inovatif Pak Habibie. aamiin..

    ReplyDelete
  7. Duh aku kok missed ya acara ini. Nggak tahu jauh-jauh hari. Cuma tahunya pas Hari H dimana orang-orang udah share kegiatan di sana. Jadi nggak pergi karena sudah merasa tertinggal acara.

    ReplyDelete
  8. Acara edukatif kaya gini yang mesti banyak diadain di Batam nih, KEREN!

    ReplyDelete
  9. Keren kak... sayang kemarin gak sempat ke sana... Ah padahal sangat berguna bagi para crucils. Batam Tempoe Doeloe itu keren abis ya foto-fotonya, aku suka dengan dokumentasi foto begitu.

    ReplyDelete
  10. pak habibie berjasa banget untuk batam
    semoga berkelanjutan terus kegiatan spt ini
    jadi pengin ikut tahun depan klu msh ada
    penasaran dgn batam tempo doeloe meski hanya via foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah ada lagi Uji. Jangan lupa bawa serta anak gadis krn pasti sukaa

      Delete
  11. Saya nggak tahu ada acara ini, baru tahu pas baca tulisan ini, kelewat deh, lihat infonya dimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dapat info dari guru les coding saya Kak Rina, tp seinget saya mbak Menix ada membagikan infonya dlm WA grup Blogger Kepri beberapa hari menjelang acara

      Delete
  12. Ia ini event yang bagus Bis dapat ilmu yang Bermanfaat

    ReplyDelete
  13. Banyak yang bermanfaat pada event ini jadi pengen ngikut juga kesana tapi jauh banget di batam cuma bsia lihat saja keseruan nya lewat artikel ini..

    ReplyDelete
  14. Pingin banget acara beginian diadakan di Surabaya atau Malang gitu T_T

    Pak Habibie, wah saya gak sabar nih~ beliau kan salah satu legend Indonesia yang masih hidup (semoga berkah umurnya!).

    ReplyDelete
  15. Keren kak, bermanfaat pula lagi. Dari Batam semoga eventya ke Makassar hhee

    ReplyDelete
  16. malah gagal fokus ke mix saladnya haha seger2 banget itu ya. kemaren sempet nyoba hidroponik di rumah. Dua kali panen gak di terusin krn lupa nyiram wkwk

    ReplyDelete

Thank You for visiting my "Abalabil" blog.
Please show me some ♡ by leaving a comment (or two!)

Kindly Follow me on Instagram / Twitter : @annisakih