Habibie Festival Batam 2018

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018
Kemal Pahlevi on stage

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018

www.Annisakih.com Pulau Batam memiliki kedekatan personal dengan bapak B.J. Habibie. Periode tahun 1978-1983, beliau sempat mengetuai Otorita Batam (sekarang disebut Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam atau disingkat BP Batam).

BP Batam ialah Badan nonstruktural yang dibuat oleh pemerintah pusat sebagai Badan Layanan Umum. Cita-cita awalnya termasuk dari ide Pak Habibie untuk memajukan Batam agar tidak kalah dengan Singapura.

Kedekatan lainnya ialah seorang adik perempuan beliau menetap dan mengelola rumah sakit Budi Kemuliaan Batam. Eyang Dar, --begitu adik saya dan rekan-rekan dokter intersipnya biasa memanggil-- ialah pribadi yang hangat dan tetap enerjik di usia senja. Ia pun begitu ramah dan humble hingga beliau sudi berkunjung ke rumah kami saat pernikahan adik saya.

Bertambahlah rasa kekaguman saya pada Pak Habibie. That's why, saat digelar Habibie Fest tanggal 2-4 Maret di Radisson Golf and Convention Centre, saya berniat pergi. Malah tadinya murid-murid saya pun ditawari akan dijemput oleh panitia di pelabuhan. Sayangnya, berbarengan dengan persiapan dan pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Belakang Padang sehingga akhirnya saya pergi sendirian saja.

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018
Lobby Radisson Golf and Convention Center Hotel

Saya berangkat di hari Sabtu tanggal 3 Maret. Di sore hari yang cerah, dari enterancee saya sudah menyaksikan antusiasme para pengunjung. Kebanyakan ialah anak muda usia sekolah dan pasangan-pasangan kekinian. Tapi yang jadi favorit saya ialah beberapa pasangan lansia yang (mungkin) sama-sama ngefans dengan pak Habibie turut hadir. Melihat mereka bergandengan tangan ditengah keramaian membuat saya menyesal tidak mengajak Ziqri dan ayahnya.

Kegiatan Habibie Fest ini macam-macam, diantaranya aneka pameran yang berhubungan dengan teknologi dan industri kreatif pada umumnya serta seminar. Stand yang bergabung  seru-seru lho. Mulai dari aero modelling, perkaitan robot, perakitan awak pesawat terbang R80 dari Regio Aviasi Industri, perusahaan software keuangan, start up aplikasi lokal, Ruang Kreasi (co-working space), media, komunitas dan bahkan oleh-oleh kekinian.

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018
Pohon harapan untuk Batam.
Saya nempelin post it juga lho..
Pas ditengah dengan warna favorit saya : pink

Difotoin guru coding saya - Mas Amir yang jadi salah satu panitia- bersama miniatur
Pesawat rancangan pak Habibie.
Sesuai dengan misinya, pengunjung bisa menyentuh apa saja yang dipamerkan, bertanya banyak hal dengan para penjaga stand yang komunikatif dan mencoba beberapa teknologi terkini. Misalnya di booth Shinta Virtual Reality (VR) yang menyediakan kacamata VR yang boleh dicoba. Beberapa stand / booth lain yang menarik perhatian saya ;

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018
Pencinta board game, boleh nyobain aneka
Board game seru. Banyak yang merupakan karya asli anak bangsa

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018
Sejarah Otorita Batam hingga menjadi BP Batam dan Pembangunan jembatan Barelang yang ikonik.

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018
3 Leaves Farm
Pertanian modern
 yang membawa tanaman organik yang dibudidyakan dengan teknologi hidroponik

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018
Hasilnya.. Mix saladanya seger.
Seikat Rp. 10.000,- saja

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018
Workshop membuat bingkai cermin dari potongan kayu.
Dibentuk seperti puzzle dan boleh dibawa pulang oleh anak-anak yang mengerjakan dengan membayar Rp 50.000,- saja

BEKRAF HABIBIE FESTIVAL BATAM 2018
Workshop membatik
Saya gemeees sekali melihat adik-adik ini belajar dengan canting dan malam beneran meskipun motif batik yang dibuat ala kartun gitu.

Seminarnya didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Be Kraf), di saat saya datang, kebetulan yang menjadi pembicara ialah youtuber Kemal Pahlevi. Dalam sharing session ini, beliau membagikan pengalamannya sejak menjadi pekerja kreatif.  Ia juga menekankan pentingnya untuk mencintai passion dan mengembangkan kreativitas yang kita miliki. Dilanjutkan dengan tanya jawab dan sesi berfoto bersama.

Kegiatannya memang dibuat seinterkatif mungkin, sehingga pengujung terutama generasi muda termotivasi dengan semangat Pak Habibie untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru dibidang teknologi atau industri kreatif lainnya.

Overall, acara serupa benar-benar dinantikan kehadirannya lagi tahun depan. Dan untuk kota-kota besar lainnya di Indonesia, bersiap-siaplah menantikan kehadirannya. Selain Batam dan Jakarta, Habibie Festival akan diadakan di 10 kota di seluruh Indonesia. Wajib datang karena gratis dan banyak informasi menarik. Apalagi yang punya anak kecil. Pasti seneng deh. Cek saja pengumumannya di www.habibiefestival.com


Hotel raddison batam