(Bukan) Review Jurrasic World Fallen Kingdom



Review Jurrasic World Fallen Kingdom

Judul : Jurrasic World : Fallen Kingdom
Sutradara : J.A Bayona
Penulis skenario: Collin Trevorrow  dan Derek Connolly
Pemain : Chris Pratt, Bryce Dallas Howard, Daniella Pineda, Rafe Spall. Justice Smith, dan lain-lain
Studio : Universal Studio, Amblin Entertaiment, Legendary Pictures, The Kennedy/ Marshall Company
Durasi : 128 menit
Genre : Sci-fi, thriller

Alhamdulillah, setelah selesai mengisi aplikasi akreditasi sekolah, menjelang mudik, saya dan Ziqri menyempatkan diri untuk pergi nonton Jurrasic World : Fallen Kingdom. Cuma berdua, karena di hari tersebut ayahnya Ziqri masih harus menyelesaikan pekerjaan kantornya. Jadi, kami bedua di drop ke mall dan mulai 'berpetualang' dulu. Sengaja saya cari jam tayang yang siang, jadi kalau Ziqri capek, bisa tinggal tidur siang dan sorenya kami masih bisa mengejar kapal terakhir ke Tanjung Balai Karimun.

Dengan bersemangat Ziqri menuju bioskop. Meski bukan pengalaman menonton pertama, antusiasme diajak nonton memang belum pudar. Ia bersuara keras sambil menunjuk-nunjuk poster Jurrasic World "Kita mau nonton itu, kan Bu?". Memang, si bocah lagi senang-senangnya "membaca" tentang dinosaurus. Lumayan sudah mengerti, bahwa dinosaurus itu berukuran raksasa, ada yang makan tumbuhan dan ada yang makan dinosaurus dan hewan lain, namun sekarang sudah punah. Makanya, Ia sangat bersemangat, di kala beberapa hari sebelumnya, saya memberitahunya melalui trailer di televisi, bahwa kami akan nonton film tentang dinosaurus. 

Setelah lampu dimatikan, Ziqri langsung sibuk minta makan. Untungnya kami sempat membeli sepaket ayam siap saji. Maafkeun untuk yang lagi berpuasa, aromanya pasti menguar di seluruh ruangan.dan bikin laper. Hoahahahaa.. 

Sambil dan setelah makan, Ziqri masih sibuk berceloteh, dari adegan pembuka memang sudah penuh ketegangan. --Jujur saja, saya ga sempat cek ratingnya film ini. Bukannya agak ga bertanggung jawab sebagai orang tua, toh di sini bioskop kurang ketat menerapkan peraturan tersebut--- Dia sibuk bertanya-tanya : "Kenapa begini? Itu kenapa? Koq begitu?" Anehnya, saya ga merasa terganggu, mungkin karena anak sendiri. Entahlah dengan penonton disekitar, yang jumlahnya memang tidak terlalu banyak, karena di hari kedua pemutaran, seluruh studio memutar Jurrasic World dengan jarak tayang yang terbilang dekat satu dengan dengan lainnya. 

Review Jurrasic World Fallen Kingdom
courtesy of Universal

Filmnya gimana??

Karena alasan sentimental, menurut saya filmnya bagus banget.

Thrillernya dapet, kocaknya ada, dramanya menyentuh sanubari, bahkan diakhir film, kita dibawa sambil memikirkan esensi kehidupan "apakah rekayasa genetika itu (seolah) menjadikan manusia sebagai pencipta? "

Pacenya mantap, langsung gass poll dan jangan kasih kendor. Scene demi scene makin menegangkan. Sinematografinya patut diacungi jempol, saya rasa semua adegan bermakna dan diambil dengan angle yang bagus. Spesial efeknya apa lagi. Dinosaurusnya serasa nyata, padahal kami tidak menonton versi 3D apalagi IMAX. Ditunjang pula dengan penataan suara dan scoring musik yang dijamin bikin jantung makin deg-degan.

Penokohannya juga kuat, saya suka konsistensi Claire (Bryce Dallas Howard) yang pada awal film tetap menggunakan high heels, meskipun di Jurrasic World dulu saya terheran-heran setengah mati, kenapa saat menghadang T-Rex itu sepatu sendal bertumit belasan centi ga dilepas dulu?? 

Owen (Chriss Pratt) yang tetap jahil namun memikat kala mengasuh para raptor saat muda. Dan duo pendatang baru Dr. Zia (Danniella Pineda) dan Franklin (Justice Smith), yang lucu dan wajah penuh ketegangannya belieavable. Si imut Maisie yang manis dan membuat Ziqri merasa bersimpati  sampai terlonjak dari kursi saat sang raptor mengejar-ngejarnya.

Review Jurrasic World Fallen Kingdom
courtesy of Universal
Endingnya yang penuh twist (tapi ketebak lah ya), dijamin membuat penasaran untuk menyaksikan film lanjutannya.

Memang sih, menurut saya masih ada beberapa plot holenya, misalnya, kenapa si indoraptor itu instingly hanya mengejar Maisie dan Owen, dkk, sementara ada kakeknya Sir Benjamin Loockwood di kamar lainnya yang tak berdaya? Kemudian, sesuai judulnya, dunia telah memasuki masa Jurrasic World, koq tumben-tumbennya, sang negara adidaya tidak serta merta menurunkan para penegak hukumnya untuk mengamankan situasi segenting itu?

Overall, 9,5 for Jurrasic World : Fallen Kingdom

Untuk si bujang. Alhamdulillah, menyaksikan komentar-komentar lucumu dan bahkan menjelang filmnya berakhir dengan narsis memuji diri sendiri "Bu, filmnya dah mau habis kan bu? Mantap Ziqrinya nonton sampai selesai, ayo bu, toss dulu", membuat Ibu terhibur lebih dari apapun. 

Last but not least, buat yang belum nonton, ayo sempatkan nonton bareng keluarga. Yang ingin mengajak anak kecil, memang ada beberapa adegan yang lumayan seram buat anak-anak, tapi masih bisa ditolerir dan dialihkan perhatiannya sejenak koq.