Videography dengan HP : Yang Penting Niat lalu Eksekusi

belajar Videography dengan HP : Yang Penting Niat lalu Eksekusi bersama blogger kepulauan riau di ruang kreasi batam oleh Teguh sudarisman
Hai Assalamua'alaikum..

Salah satu tulisan lama yang ngendap di draft padahal penting banget buat di posting adalah kegiatan saya mengikuti workshop Videography di ruang kreasi, Batam pada tanggal 8 Juli 2018 lalu. Acara ini diadakan oleh Blogger Kepri dalam rangka merayakan hari Ulang tahun yang ke-3. 


Awalnya, saya masih maju-mundur cantik untuk ikutan. Maklum, seminggu sebelumnya saya telah mendaftarkan diri dalam kegiatan di Hotel Harris, sayangnya, batal ikutan karena faktor cuaca yang kurang mendukung dari Belakang Padang. Tetapi melihat animo  teman-teman yang begitu tinggi, terlebih setelah melihat nama pembicaranya, yaitu Mas Teguh Sudarisman, maka saya segera memantapkan diri untuk mendaftar.



Saya yang biasanya datang kecepetan, terpaksa agak terlambat di hari-H. Untungnya, mas Teguh baru pemanasan. Pembawaan beliau cool banget, karena sudah sangat berpengalaman sharing dalam workhsop blog maupun videography di seluruh Indonesia. Materi yang dibagikanpun berdasarkan pengalaman beliau dalam membuat konten video yang telah wara-wiri di berbagai platform video sharing, mulai dari channel youtube pribadi hingga yang tayang di citizen journalism Net.Tv

Ilmu saya bertambah banyak banget! Mulai dari yang basic semacam hasil riset di bawah :

Yang mana makin mempertegas akan pentingnya konten video di zaman now. Misalnya dalam satu postingan blog, yang selama ini hanya berupa kata-kata dan foto, maka konten akan lebih "kaya" dan dicari pembaca apabila dilengkapi dengan video. Alasannya jelas karena video lebih bisa memberikan gambaran yang utuh akan sesuatu. Didukung pula dengan akses internet yang semakin mudah dan murah. Bisa diakses dimana saja dan kapan saja melalui gawai, yang harganya pun makin terjangkau.

Video yang dibuat pun sesungguhnya tak perlu panjang-panjang, idealnya adalah 2-3 menit saja, karena  :


Jadi, untuk shooting video pun tak perlu terpaku harus dengan kamera yang mahal. Cukup dengan kamera Handphone yang kita miliki masing-masing. Idealnya adalah kamera android dengan RAM 3GB, memori internal 16 GB dan didukung jaringan 4G. Yang penting resolusi akhir videonya lumayan jernih untuk ditayangkan. Plus ditambah beberapa aksesoris yang bisa menstabilkan dalam proses perekaman, seperti tripod atau gorilla dan mic external apabila diperlukan. 



Hal tekhnis lainnya ialah kepiawaian kita dalam meramu cerita, jadi sebaiknya sedari awal telah dikonsep dulu. Nantinya akan membuat alur seperti apa. Ini akan memudahkan kita sendiri dalam proses editing (atau bahkan kalau memang hasilnya kece, tanpa edit sudah bisa langsung di share).

Mengeditnya bisa langsung di gawai. Tinggal download saja slalah satu aplikasi video editor di google play semacam kinemaster atau power director. Agar lebih menarik, kita bisa mendowload Legend untuk membuat opening berupa tulisan beranimasi.

Terakhir, tinggal posting karya kita tersebut. Utamakan di yang berbayar semacam citizen jouranalismnya Net.Tv, barulah di channel youtube. Nah, biar yang nonton semakin ramai, share linknya di blog maupun media sosial kita.

Menarik bukan workshopnya?? Semoga saya sendiri bisa makin termotivasi menghasilkan konten vlog. Selama ini hasil shootingan video saya jarang ada yang di posting karena saya selalu banyak alasan hehehehe.. Niat dulu dari sekarang. Bismillah ☺☺