Serunya Jelajah Masakan Nusantara dalam Perhelatan Indonesia Memasak By Yummy App

Indonesia Memasak By Yummy App dengan tema Jelajah Masakan Nusantara 1-31 Desember 2020

Indonesia Memasak by yummy app

Hai, Assalamu'alaikum, masih ingat 'kan dengan cerita masak saya bersama Ziqri?

Baca dulu : 7 Manfaat Masak Bareng Anak, Cari Resepnya di Yummy App!

Iya, saya sebagai pengguna Yummy App senang sekali  dengan event signature : Indonesia Memasak Yummy by IDN App. 

Kegiatan akbar ini perdana di taja di Indonesia. Salah satu event online cooking vitual terbesar karena kegiatannya tidak tanggung-tanggung, dilaksanakan selama sebulan penuh.

Mulai dari tanggal satu hingga 31 Desember 2020, dengan kegiatan menarik yang bermacam-macam antara lain : talkshow, workshop kuliner, online cooking class, lomba kreasi resep atau re-cook sesuai tema dan voting ala chef Yummy choice awards gitu. Bertabur hadiah, mulai dari merchandise, alat masak seperti air fryer atau mikser, uang tunai hingga sepeda motor untuk pemenang kontes #JagoMasak.

Talkshow Indonesia memasak by Yummy App

Workshop Indonesia memasak by Yummy App



Online cooking class Indonesia memasak by Yummy App

Tema yang diusung ialah "Jelajah Masakan Nusantara". Selaras dengan misi platform Yummy App untuk melestarikan budaya kuliner Indonesia Indonesia. Para pengisinya ialah chef ternama dan orang-orang yang memang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang kuliner Nusantara.

Saya (dan boleh jadi sejuta pengguna bulanan Yummy App lain) inginnya sih, ikut semua, apalah daya.. Namanya ibu-ibu, adaaa saja keperluan lainnya. Akhirnya, saya bisa berpatisipasi di tiga cooking class  melalui zoom meeting dan nonton siaran ulang salah satu talkshow di Yummy App. Nih, Saya bgikan liputan singkatnya  :

1. Makanan Sehat Indonesia Oleh Chef Eddrian Thjia.

cooking class chef Eddrian Thjia

Di hari pertama, temanya ialah Sajian Sehat Indonesia. Chef Eddrian yang asli Pulau Bangka membuat Lempah Ikan Kuning. Menu ini lebih sehat, bumbunya tidak perlu ditumis.  Dijamin lebih segar berkat potongan nanas. Beliau berpesan pilih nanas yang setengah matang saja, agar lebih pas tingkat kematangannya setelah di masak bareng ikan. Proses memasaknya pun singkat. Hemat waktu dan tenaga. 

2. Minuman Sehat Indonesia bersama Suwe Ora jamu

cooking class suwe ora jamu

Di masa pandemi Covid-19 merebak, jamu yang terkenal akan manfaatnya dalam menjaga kesehatan tubuh sedang naik daun. Market penikmat jamu di Indonesia sangat besar sesuai dengan jumlah populasi penduduk.

Suwe ora jamu membawa modernisasi namun tetap berpegang teguh pada filosofi minum jamu tradisional yaitu akan memberi esensi kebajikan dan menularkan semangat good feeling and happy heart dari proses pembuatannya.

Dua resep jamu yang ditampilkan dalam cooking class ini ialah :
Wedang Eksotis Rempah sebagai bagian minuman penuh kehangatan dari Indonesia dan Beras Kencur Merona (jamu Kecombrang Kencur) yang ampuh mengobati pegal linu, batuk dan lain sebagainya.

Hal yang perlu diperhatikan ialah kebersihan peralatan dan cara mengolah jamu. Ulek hingga tekstur agak kasar agar tidak terlalu pahit. Lalu tempat kan hasil minuman racikan jamu dalam botol kaca  yang sudah disterilkan agar lebih awet dan tahan lama. 

3. Indonesian Festive Cuisine oleh Chef Desi (Master Chef Indonesia season 2)

Indonsian festive cuisine by chef desi


Dengan tema Indonesian festive cuisine, Chef Desi membawakan dua signature dish.  Resep pertama Ayam Goreng Tepung Telur Asin sedangkan yang kedua adalah Ice Cream Rainbow Dadar Gulung.

Selain memasak, Chef Desi mau menjawab aneka pertanyaan peserta mulai dari teknik memasak hingga memberikan pengetahuan baru sehubungan dengan bisnis kuliner di era pandemi. 

Sebagai pebisnis kuliner pemula, saya langsung catat tips dari beliau untuk kita-kita yang baru memulai usaha kuliner di kala pandemi :

❤ Kuasai apa produk yang mau kita buat lalu jual.

❤ Ketahui siapa target market kita. 

❤ Siapkan logo atau brand yang mudah diingat.

❤ Gunakan bahan berkualitas, misalnya untuk menggoreng beliau biasa memilih Filma yang tidak gampang gosong dan menjadi kehitaman.

Workshop Business Guide how to Surviving Pandemic.

talkshow indonesia memasak by yummy app
Narasumbernya ialah Mimi Bake a boo dan Ansari Kadir. Menyimpulkan isi talkshow, di era pandemi ini, agar dagangan kuliner kita tetap laris, tidak bisa hanya mengandalkan cara konvensional saja. Lakukan promosi digital dan beberapa kiat berikut: 
1.Mengambil kepercayaan konsumen misalnya pada saat ini dengan menyediakan packaging makanan yang lebih aman. Bisa juga dengan menampilkan dapur yang yang menunjukkan telah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik.
2. Lakukan pendekatan secara emosional misalnya dengan melakukan pemasaran untuk kegiatan ulang tahun.
3. Lakukan door to door direct selling misalnya pada bisnis ayam goreng, jual ayam goreng dengan wangi yang mengeluarkan sekeliling perumahan. jadi di saat konsumen tidak bisa mengunjungi kita, maka kita lah yang mendatangi konsumen.

4. Terus adakan inovasi menarik misalnya melakukan seminar dengan biaya katakanlah Rp 50.000,-. Biaya tersebut bisa dijadikan revenue baru dengan cara menukarkan nominal tersebut dengan voucher pembelian produk seharga yang sama.

Tinggal digabungin saja dengan tips dari Chef Desi. Makin pede bersaing di bisnis kuliner rumahan karya sendiri.
☺☺☺☺

Gimana? Seru banget kan?? Saya nyesal ga bisa ikutan workshop food fotografi dan snack modern dari Bittersweet by Najla serta cooking class dari Chef Degan.

Untungnya masih sempat untuk ikuti voting di aplikasi Yummy, batasnya tanggal 18 Desember, lho! Ah, tinggal beberapa hari lagi. Teman-teman yang mau ikutan, lekas, buka atau unduh terlebih dahulu Yummy App. Aplikasi resep masakan yang ditujukan untuk gen Z dan Millenial, jadi fiturnya canggih dan sangat membantu kita yang semakin mengedepankan efisiensi waktu, tenaga dan biaya untuk manajemen dapur harian.

Festival ini masih berlangsung hingga 31 Desember. So, cek juga Instagram @IndonesiaMemasakbyYummy dan @Yummy.idn untuk line up pengisi acara hari ini yaa..

voting Indoneisa memasak yummy app