Sinergi Tiga Aspek Mendorong Bangkitnya UKM

Sinergi apsek kebijakan pemerintah, masyarakat dan keinginan UKM/ UMKM go digital untuk bangkitkan semangat UKM Indonesia



Sebagaimana yang pernah saya ceritakan sebelumnya di blog ini, saya adalah salah satu pelaku usaha kecil. Melalui bendera PayoPayu, saya dan adik justru baru memulai usaha makanan kecil justru di tengah-tengah pandemi, tepatnya bulan Juli 2020.



Untungnya kami tinggal di suatu kota kabupaten dimana penyebaran COVID-19 tidak begitu mengkhawatirkan. Pemerintah daerah -saat itu- sudah melonggarkan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sehingga aktivitas niaga masih bisa berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Yang namanya berwirausaha, tantangan tetap ada. Namun kekhawatiran menjadi berlipat ganda di era ini. Kami pernah kesulitan memperoleh bahan baku yang paling mendasar dalam usaha. Kami kehabisan stok tepung terigu berprotein tinggi merk paling umum di pasaran, produksi salah satu raksasa pabrikan makanan di Indonesia. Seluruh swalayan dan toko kelontong di segala penjuru kota yang kami datangi memberikan jawaban yang sama : jalur distribusi terhambat pandemi.

Ingin rasanya #tepokjidat di tempat. Ya mau bagaimana lagi? Mau mencari ke ibukota kabupaten tetangga yang notabene lebih besar pun, masih dihantui ketakutan akan berpergian dan bisa jadi stok di sana pun kosong juga.

Saya yakin tantangan ini tidak hanya saya rasakan sendiri. Sebagai dampak pandemi, terdengar pemutusan hubungan kerja marak dimana-mana. Banyak diantara mantan karyawan itu yang ‘banting stir’ menjadi pengusaha.

Butuh tekad yang kuat dan penyemangat agar bisa terus konsisten menjalankan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) maupun Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Bagaimanapun UKM dan UMKM adalah salah satu pilar penting dalam menopang perekonomian Indonesia. 

Hal ini dapat dilihat dari peran serta UKM dan UMKM sebagaimana dilansir dari Kompaspedia :
Sinergi Tiga Aspek Vital Mendorong Bangkitnya Semangat UKM Indonesia 2


Meski baru 'seumur jagung' menjalankan UKM, berdasarkan pengalaman dan analisa pribadi, saat  sedang diterjang pandemi, menurut saya ada tiga aspek yang harus bersinergi untuk mendorong bangkitnya semangat UKM Indonesia :


sinergi tiga aspek dalam mendorong semangat UKM


1. Kebijakan Pemerintah
Dukungan Pemerintah baik Pusat maupun Daerah sejatinya sudah berlangsung sejak lama bagi para pelaku UKM. Sebagai pemangku kebijakan, pemerintah menyiapkan infrastruktur serta menerbitkan regulasi yang pro-UKM dan dunia industri pada umumnya. Dikoordinasikan oleh Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bekerjasama dengan berbagai instansi lain diantaranya Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan.

Misalnya pemerintah memberikan dukungan di bidang keuangan dan perbankan dengan restrukturisasi pinjaman/pembiayaan yang diberikan untuk pembayaran angsuran pokok, penundaan pembayaran angsuran jasa, penundaan atau pengurangan jasa, perpanjangan jangka waktu, dan/atau penambahan fasilitas pinjaman atau pembiayaan bagi UKM dan UMKM yang terkena dampak pandemi.

Pancingan atau stimulus yang diberikan pemerintah dapat berupa bantuan langsung. Program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan ke UKM sebesar 2,4 juta rupiah sudah tersalurkan 100 persen dalam 31 tahap kepada 12 juta pelaku UKM. Program ini disambut hangat pelaku UKM di seluruh nusantara dan menjadi suntikan dukungan moril agar kegiatan usaha bangkit kembali.

Selain itu pemerintah mencadangkan program percepatan transformasi digital. Lima langkah tersebut diharapkan semakin meningkatkan perekonomian Indonesia di masa yang akan datang. Bagi para UKM berkaitan erat dengan semakin majunya layanan digital di Indonesia maka akan semakin terbuka lebar akses kemudahan. Mudah untuk mencari inspirasi sampai dengan teknik promosi online.


transformasi digital indonesia

2.Peranan Dukungan Masyarakat
Sebagai konsumen, masyarakat jelas memiliki peranan penting dalam mendorong semangat UKM. Ada banyak cara cerdas bentuk dukungan yang dapat diberikan pada para pelaku UKM yang ada disekitar, diantaranya dan tidak terbatas pada :

a.  Cintai Produk Lokal dan Nasional
Sebenarnya beberapa tahun kebelakang, semangat cinta produk lokal sudah mulai bergema di Indonesia. Terlebih di kalangan anak muda yang semakin kreatif mengulik kearifan lokal dan meraciknya sedemikian rupa hingga bisa diakui ke taraf yang lebih tinggi.

Siapakah yang tidak mengenali lagu Lathi karya Weird Genius yang diganjar lagu terbaik di Anugrah Musik Indonesia tahun ini? Viralnya lagu tersebut berhasil membawa musik asli Indonesia ke kancah internasional.

Dalam keseharian, makin banyak bermunculan UKM yang mengusung semangat ini. Seperti aneka makanan tradisional yang diolah dengan sentuhan kekinian seperti basreng lumer keju, laris manis di pasaran.

b. Alihkan anggaran belanja dengan lebih mengutamakan membeli atau order di UKM dari pada di toko / online shop milik retail besar.

Terutama pada jenis barang consumer goods, yang pastinya memiliki kualitas sama dengan harga yang bisa jadi malah lebih murah.

c. Beli produk atau gunakan jasa milik teman, saudara atau handai taulan dengan membayar harga penuh.

Salah satu bentuk dukungan kita adalah dengan tidak meminta potongan harga atau istilahnya 'harga teman'. Malah sebaiknya kita bisa turut membantu mempromosikan dengan memberi review positif di sosial media yang kita miliki.

3. Perilaku Pelaku UKM Mengembangkan Usaha
a. Berinovasi
Inovasi yang dilakukan bisa bermacam-macam. Mulai dari pembaruan produk atau jasa yang di tawarkan, misalnya bila selama ini suatu UKM hanya menjual pakaian hasil karya sendiri, saat ini bisa dilengkapi dengan masker yang matching juga.

Untuk UKM yang bergerak di bidang kuliner, tak ada salahnya berinovasi dengan kemasan yang lebih aman. Tujuannya agar konsumen merasa yakin dengan higenitas dan mempermudah dalam layanan pesan antar.

Tawarkan juga aneka kemudahan seperti pemberian diskon, beli satu gratis satu, layanan antar ke tujuan bila membeli sejumlah nominal yang ditawarkan dan lain sebagainya.

b. Berkolaborasi
Saat ini zaman sudah lebih maju, sesama pebisnis tidak melulu menganggap pesaing sebagai kompetitor atau 'musuh' yang harus dijatuhkan. 

Kolaborasi dapat dilakukan dan bisa jadi membuat dampak promosi yang lebih dahsyat. Contohnya bagi sesama pegiat usaha kuliner, bisa membuat festival jajanan online di suatu daerah dalam waktu tertentu.

Beda jenis usaha pun tidak akan menghalangi collab. Selalu ada ide-ide segar yang bisa diterapkan, seperti menjual suatu produk kerajinan tangan yang di dalam kemasannya berhadiah masker atau saputangan mini hasil kerjasama dengan UKM lain.

c. Go digital.
Di era internet of things saat ini, digitalisasi sudah menyentuh hampir seluruh lapisan masyarakat. UKM pun harus adaptif dan menjadikan sarana digital sebagai solusi penunjang kegiatan usaha. Terutama di era pandemi, dimana sosial distancing menjadi alasan meminimalisir interaksi sosial, termasuk mengurangi kegiatan berbelanja konvensional.

Diawali dari tahap logistik, saat ini sudah banyak aplikasi mobile yang bisa mengatur keuangan UKM. Aplikasi tersebut dapat mendata dari stok bahan baku hingga cash flow keuangan. Lumayan membantu bagi yang belum berpengalaman mengelola bisnis.

Selanjutnya bahan baku maupun jasa yang dibutuhkan usaha, dapat kita pesan secara daring. Lebih efisien dan cepat prosesnya karena bisa memotong jalur distribusi.

Ujung tombaknya ialah digital marketing. Saat ini hampir semua calon konsumen mencari barang kebutuhannya secara online. Bisa jadi karena dengan melihat pemakaian oleh influencer kesukaan di media sosial atau ingin mencari review produk incaran terlebih dahulu.

saluran pemasaran digital marketing


Manfaat pemasaran secara daring ini sangat banyak dan telah saya rasakan sendiri. Saat ini, PayoPayu mendapatkan pesanan melalui aplikasi chat setelah pelanggan melihat postingan menu yang kami buat di hari tersebut pada halaman Instagram dan Facebook fanspage.


Meski kedua platform tersebut menyediakan fitur yang cukup mumpuni untuk berjualan online, namun tetap saja saya rasa belum optimal.

Pertimbangannya adalah saat ini PayoPayu sedang mengembangkan produk cemilan yang lebih tahan lama. Sayang sekali bila pemasarannya terbatas. Ya, hambatannya adalah di kota kecil ini tidak ada layanan pemesanan layanan antar yang terafiliasi dengan ojek online. Bila mendaftarkan diri di marketplace pun, melihat besaran ongkos kirim yang ditagihkan dari daerah pun, kemungkinan besar akan membuat calon pembeli mundur duluan.

PayoPayu sebagai UKM daerah butuh sentuhan personal. Membuat pelanggan mengerti terlebih dahulu value yang ditawarkan. Barulah pendekatan pemasaran bisa dilakukan secara langsung satu demi satu.

Berdasarkan pengetahuan dari kursus coding yang pernah saya ikuti, saya yakin satu-satunya sarana yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut ialah dengan membuatkan website untuk PayoPayu. 


Sudah terbayang oleh saya, landing page seperti apa yang saya inginkan. Penyematan fitur chat real time atau koneksi langsung dengan aplikasi chat mobile akan membuat saya lebih leluasa mempersuasi calon pelanggan yang bertanya. 

Untuk itu saya perlu mencari penyedia domain dan hosting yang mumpuni dan yang paling penting, budgetnya cocok untuk UKM baru seperti PayoPayu. Akhirnya saya menemukan MasterWeb yang sedang ada promo diskon Hosting UKM hingga tanggal 30 Desember 2020 ini. 

Kelebihan menggunakan Hosting UKM MasterWeb antara lain :
1. Membuat website hanya dalam satu menit. 
Sebagai pemula yang pengetahuan kodingnya minim, saya akan sangat terbantu dengan CMS Wordpress dan Elementor Website Builder yang menyediakan aneka plugin dan fitur beragam sesuai kebutuhan toko online.

Saya sudah mencoba versi trial 14 hari yang ditawarkan MasterWeb. Selanjutnya tinggal upgrade plan deh..




2. Dapatkan nama domain gratis dalam paket berlangganan hosting  UMKM satu tahun 
Kehadiran www.PayoPayu.com tentunya akan membuat usaha terlihat lebih profesional. Untuk memaksimalkan bisnis, email dapat dipersonalisasi dengan ekstensi nama UKM, misalnya saya akan menggunakan : kontak@payopayu.com

3. Keuntungan meningkat, sebagai sarana penjualan terbaik. 
Calon pelanggan akan lebih mudah menemukan PayoPayu melalui mesin pencarian internet. Website mudah dioptimasi dengan teknik Search Engine Optimisation (SEO) terkini sehingga peluang berada di posisi teratas makin terbuka lebar. 

4. Kinerja website terbaik karena didukung teknologi cloud dan server terbaru.
MasterWeb akan memastikan kinerja server terbaik ditambah dengan pemeliharaan secara rutin akan membuat website tetap bisa diselancari setiap saat.

5. Fitur andalan dan Plesk 
Fitur andalan MasterWeb berikutnya ialah bandwith unlimited, email unlimited, SSL gratis serta plesk sebagai hosting control panel yang memudahkan pelanggan dalam mengelola akun hosting, email, database, file, dan konfigurasi website yang lainnya.

6. Jaminan kemanan data tier 3.
Berlokasi di Jakarta dan sesuai standar internasional. Aman dari pencurian, virus atau malware bahkan bencana alam.

7. Customer Service dan Technical Support 24 jam.
Bila menghadapi kendala, kita tak perlu khawatir, langsung saja lakukan live chat atau hubungi telfon dan email cs@masterweb.com. Ada tim yang responsif dalam memberikan layanan terbaik untuk mendukung pelaku UKM dimana saja.

8. Hemat biaya, cocok buat pelaku UKM yang baru merintis usaha.
Tersedia paket hosting satu tahun dengan potongan harga hingga 60%.

9. Telah dipercaya oleh banyak pelaku UKM hingga perusahaan multinasional.
Semakin yakin dengan kualitas yang ditawarkan MasterWeb.

10. Ada program Afiliasi
Sarankan kepada rekan dan peroleh fee setelah kode referal kita digunakan olehnya.

❤❤❤❤❤

Jadi, tunggu apa lagi?
Yuk, teman-teman pelaku UKM, jangan takut mendigitalisasikan produk dan jasa kita meskipun berlokasi di daerah. Beli domain dan hosting di MasterWeb, website builder terbaik yang siap menolong realisasi pembuatan website idaman. 

Pada akhirnya dengan niat dan usaha kita mengembangkan UKM / UMKM yang bersinergi dengan dukungan masyarakat dan kebijakan pemerintah, saya yakin semangat pelaku UKM di Indonesia akan kembali membara. Meminjam istilah para pejuang, meski pandemi belum berlalu, semangat 45 akan tetap berkibar demi majunya negara kita tercinta -Indonesia! Merdeka!





Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog MasterWeb
Sumber :
  • Tangkapan layar www.masterweb.com
  • Kompaspedia : Perkembangan Kebijakan Pemerintah terhadap UMKM di Indonesia, https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/perkembangan-kebijakan-pemerintah-terhadap-umkm-di-indonesia, diakses pada 26 Desember 2020
  • Ini Sederet Upaya Pemerintah memajukan UMKM, https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/ini-sederet-upaya-pemerintah-memajukan-umkm/ diakses pada 25 Desember 2020
Infografis dan free vector : Canva