Ketika Ketiak Gatal Bikin Galau

Ketiak gatal penyebab dan cara megatasinya dengan alami

ketiak gatal bikin galau

Hai Asslamu’alaikum,

Pernah ga sih mengalami ketiak gatal saat berada di tempat umum?
Datangnya tiba-tiba sudah gitu, duh, rasanya ga nyaman banget.
Galau antara mau digaruk tapi malu, ditahan pun kadang rasanya bikin keringet dingin hoahaha
Palingan ngacir ke kamar kecil untuk menuntaskan rasa ingin menggaruk.
Eeh.. Enaknya cuma sebentar doang.  Selang berapa lama, gatal lagi.
Kebanyakan digaruk pun malah bisa bikin tambah runyam, kuku yang tajam malah akan mengakibatkan si keti malah lecet atau iritasi. Hih!

Apa Sebenarnya Penyebab Ketiak Gatal?

1. Kurang pandai merawat daerah ketiak 
Sudah sewajarnya ketiak menjadi bagain yang paling diperhatikan untuk dibersihkan saat mandi. Posisinya yang berada di bawah lipatan antara lengan dan tubuh merupakan sumber keringat saat kita beraktivitas harian. Kulit bagian ketiak juga cenderung lebih tipis dibandingkan bagian tubuh yang lain. Bila saat mandi kita kurang memperhatikan  perawatan ketiak maka kotoran dan keringat yang menumpuk merupakan sasaran empuk bakteri. Pori-pori yang tertutup ini dapat mengakibatkan rasa gatal hingga aroma badan kurang sedap. Pemakaian sabun, deodorant hingga detergen pakaian juga bisa berpengaruh bagi sebagian orang yang memang memiliki jenis kulit lebih sensitif dibanding yang lain.

2. Pemakaian pakaian yang terlalu ketat atau bahan yang tidak nyaman. 
Model pakaian yang ketat dengan bahan polyester disinyalir dapat mengakibatkan rasa kurang nyaman karena tidak begitu menyerap keringat. 

3. Salah cara membersihkan bulu ketiak.
Kekurangtepatan dalam mencukur bulu ketiak dapat menyebabkan ingrown hair (rambut yang tumbuh kedalam folikel rambut). Selain itu, bisa juga akibat menggunakan peralatan pencukur atau pencabut bulu yang kurang steril serta bertukar dengan orang lain . 

4. Permasalahan kulit yang berhubungan dengan faktor medis.
Beberapa permasalahan kulit yang bisa menjadi penyebab gatal di ketiak adalah:
  • Biang keringat. 
Ditandai dengan kulit ketiak beruntusan dan berwarna kemerahan. Biasanya terjadi saat cuaca panas dan udara lembap
  • Dermatitis kontak. 
Menyebabkan kulit kemerahan, gatal, dan ruam. Disebabkan kulit ketiak beraksi alergi terhadap alergen yang terdapat dalam produk alergi deodoran, sabun, losion, detergen, sampai pelembut kain yang digunakan.
  • Infeksi bakteri.
Bisa muncul akibat bakteri candida yang tumbuh di ketiak yang sering lembap atau basah. Sering terjadi pada orang yang berkeringat berlebih seperti saya, huhuhu.
  • Eksim
Tanda eksim berbeda-beda tergantung usia dan kondisi fisik, berupa ketiak sangat gatal, kulit kering, dan bersisik. 
  • Folikulitis 
Ialah peradangan pada folikel rambut akibat kebiasaan bercukur tidak pas atau sampai efek samping penggunaan deodoran. Gejala folikulitis ketiak antara lain ketiak gatal, muncul benjolan merah, dan lecet. 
  • Intertrigo 
Ialah peradangan di area lipatan kulit rentan menyerang area ketiak, selangkangan, atau bagian bawah payudara wanita. Peradangan ini disebabkan gesekan antarkulit di area lipatan yang membuat kulit lembab. 

Cara Mengatasi Gatal-gatal di Bagian Ketiak :

1. Jaga kebersihan dan kesehatan ketiak dengan cara rajin mandi. 
Gunakan juga produk yang aman bagi kulit sensitif. Misalnya gunakan sabun yang non-parfum dan tidak menggunakan deodorant yang keras. Jangan lupa untuk benar-benar mengeringkan daerah ketiak sebelum menggunakan pakaian.
2. Gunakan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat.
Hindari menggunakan perawatan ketiak seperti alat cukur, hair removal dan handuk dengan orang lain.
3. Tempelkan kompres es di daerah ketiak.
4.Konsultasikan pada dokter spesialis kulit.
Untuk gejala yang tidak bisa diatasi dan dikhawatirkan merupakan simptom dari penyakit lain yang lebih serius serta untuk mendapatkan perawatan obat yang tepat.
✌✌✌✌✌
Semoga dengan lebih memperhatikan higenitas dan mengubah kebiasaan dalam merawat ketiak, kita semua terhindar dari yang namanya ketaik gatal ya gaesss..