Rambut Berminyak? Ini Kisah Saya Mengatasinya.

Penyebab, ciri-ciri dan beberapa cara atau tips untuk mengatasi rambut berminyak
rambut berminyak

Hai, Assalamu’alaikum

Dilema Rambut Berminyak

Rambut saya itu tipikal rambut wanita Asia pada umumnya, hitam, lurus dan helaiannya agak tipis. Sejak remaja saya sudah menyadari, sama dengan kulit wajah, rambut saya cenderung berminyak. Sehingga saya selalu menggunakan shampo rambut berminyak untuk perawatan sehari-hari. Setelah menutup aurat rambut, saya merasa bahwa rambut menjadi lebih berminyak dari biasanya. 

Ada kah teman-teman yang memiliki ciri-ciri rambut berminyak sebagai berikut?

  • Rambut terlihat mengkilap dan terasa licin dan lengket meski setelah dikeramas.
  • Rambut lemas (lepek) dan kurang bervolume meski rambut terbilang lebat.
  • Rambut cepat terasa lembab dan bau.
  • Rambut cepat telihat kusam.
  • Kulit kepala sering terasa gerah dan kadang disertai ketombe atau keromtokan rambut.

Kalau ada, toss dulu kita..

Ternyata oh ternyata…Di Kulit kepala terdapat kelenjar sebasea (sebaceous) berukuran miskroskopik. Letaknya dekat dengan folikel rambut. Kelenjar ini menghasilkan 2-4 gram sebum (minyak) yang berfungsi amat penting bagi kita, yaitu menjaga kelembaban permukaan kulit dan rambut, mengatur suhu tubuh bersama kelenjar keringat dan mengandung senyawa yang dapat mencegah infeksi mikroba. Kelenjar ini tersebar diseluruh permukaan tubuh dan salah satu bagian yang paling banyak memilikinya adalah kulit kepala. Jadi, memang semua orang memiliki minyak rambut alami. 

Kalaupun ada seseorang yang memiliki rambut yang lebih berminyak dibandingkan yang lain, bisa disebabkan banyak hal lainnya :

  1. Genetik dari orang tua yang membedakan ketebalan rambut (konon rambut tipis malah lebih mudah berminyak).
  2. Stress mengakibatkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang memicu kulit memproduksi lebih banyak sebum.
  3. Hormonal yang kurang stabil misalnya pada wanita yang baru masuk masa pubertas, sedang haid dan saat hamil.
  4. Diet terlalu ketat, salah satunya akan mengakibatkan kekurangan vitamin B. 
  5. Aktivitas fisik seperti olahraga meningkatkan produksi minyak.
  6. Iklim tempat tinggal, saat suhu semakin dingin, sebum  akan mengandung lebih banyak lipid (lemak) untuk melindungi dan melembabkan rambut dan kulit.
  7. Styling rambut seperti mengikat rambut dalam waktu lama dan menata atau keramas dengan shampo yang kurang cocok dengan jenis rambut serta kurang bersih saat membilasnya.
  8. Kebiasaan misalnya :

  • Menggosok rambut dengan handuk kuat-kuat setelah keramas, hal ini malah merangsang produksi sebum dan membuat rambut semakin berminyak.
  • Memegang rambut dengan tangan yang kotor.
  • Memakai hijab saat rambut belum benar-benar kering.
  • Malas membersihkan sisir serta jarang mengganti sarung bantal.

Nah, selama ini saya menerapkan beberapa cara untuk mengatasi rambut berminyak :

A. Dari dalam

Kelola stress, diet dengan  asupan gizi seimbang agar tubuh tidak kekurangan vitamin B dan –khusunya wanita -- hormon tidak terlalu jungkir balik saat haid dan sedang hamil. Justru saat hamil Ziqri rambut saya ibarat mbak-mbak di iklan shampo: tebal, lurus dan glowing maksimal.

B. Dari luar

1.Cegah kebiasaan memegang rambut dengan tangan dan sisir yang kotor, menggosok rambut dan kulit kepala dengan handuk untuk mengeringkan rambut. Lebih baik keringkan secara alami dan kenakan hijab saat rambut sudah benar-benar kering.

2. Gunakan perawatan alami.

Andalan saya adalah mengoleskan sari lidah buaya atau perasan jeruk nipis langsung ke kulit kepala. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dan keramas seperti biasa. Ulangi dua sampai tiga kali seminggu.

3. Gunakan rangkaian shampo rambut berminyak yang sesuai dengan intensitas yang tepat pula bilas lalu bilas dengan air dingin. 

Langkah pertama adalah cari tahu kandungan produk perawatan yang akan digunakan, bila perlu baca review shampo untuk rambut berminyak dan berketombe dari para beauty blogger. Selanjutnya ikuti petunjuk pemakaian dan temukan intensitas yang sesuai, misalnya kalau dirasa setiap hari membuat rambut lebih fresh maka lanjutkan. Namun bila keramas setiap hari menyebabkan rambut semakin kusam, maka sebaiknya cuci rambut dua sampai tiga kali saja seminggu. Terakhir, jika dirasa perlu, gunakan rangkaian perawatan rambut lengkap dengan kondisioner yang tepat untuk rambut berminyak.

4. Styling rambut dengan produk yang diyakini tidak mengakibatkan rambut semakin berminyak

❤❤❤❤❤

Untuk yang non-hijab saya punya tips kalau mengalami bad hair day : pakai sedikit bedak bayi jenis tabur yang diusapkan di pertengahan rambut, dalam posisi kepala menunduk. Lalu sisir rapi sesuai keinginan. InsyaAllah agak berkurang lepeknya. Ada sih yang lebih praktis, saat ini sudah banyak sekali dijual jenis dry shampo. Semprotkan secukupnya sesuai aturan, tanpa keramas rambut jadi lebih mudah diatur. Saya merasa sangat terbantu dengan kehadiran dry shampo ini pada saat setelah melahirkan dulu.

Teman, ada yang jenis rambutnya sama dengan saya? Boleh dong, saya dibisikkin tips mengatasi rambut berminyaknya di kolom komentar ya..