Tanya Veronika Asisten Virtual Online dari Telkomsel

Tanya Veronika : Asisten Virtual Online dari Telkomsel yang siap membantu pelanggan dari enam platform setiap saat

Veronika telkomsel virtual assistant

Tanya Veronika

Hai teman pembaca, sudah pernah memanfaatkan Tanya Veronika Asisten Virtual? 

Nama yang cantik, yang disematkan untuk layanan chatbot ciamik dari PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Indonesia.

Iya, sekarang kita bisa #LewatChatBisa langsung menyampaikan permintaan, pengaduan dan bertanya informasi seputar layanan melalui Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel.

Eh... Gimana.. gimana??

Sebelumnya saya kasih tahu dulu nih, kenapa saya pillih Telkomsel sebagai provider kartu selular yang setia menemani selama lebih dari dua puluh tahun. (Pssstt jangan-jangan alasan saya sama saja dengan kamu-kamu semua pecinta si merah yang sudah berulang tahun perak ini hihihihihii)

keunggulan Telkomsel

1. Sudah Menjadi Tradisi

Telkomsel adalah layanan selular pertama yang saya kenal. Ayah saya adalah pengguna kartu Halo dengan sepuluh digit nomor hingga menjelang masa pensiun baru kemudian beralih ke layanan pra bayar. Proses peralihannya pun mudah. 

Saat ini saya, suami, ayah dan ibu menggunakan kartu Simpati, sedangkan adik saya yang paling setia dengan nomor Kartu As yang sudah dimilikinya sejak kartu tersebut launching di tahun 2004 silam. Ditambah hampir seluruh keluarga besar, teman dan rekan kerja hingga  handai taulan memiliki nomor Telkomsel. 

Hal ini karena Telkomsel memiliki banyak pilihan kartu untuk segala segmentasi, misalnya Loop yang menyasar generasi muda dan by.U yang ngehits sebagai kartu selular dengan proses serba online sejak pertengahan tahun lalu.

2. Jaringan Mudah Diakses dan Lancar Hingga Pelosok Negeri

Percaya deh, saya pernah menjadikan Telkomsel sebagai provider utama saat saya menjadi proktor ujian nasional di suatu pulau kecil yang berbatasan dengan Singapura. Alhamdulillah jaringan lancar jaya selama proses mulai dari simulasi, ujian sekolah, ujian madrasah hingga hari-H. Pun sejak saya pindah ke daerah yang terbilang pedalaman pulau Sumatera, jaringan masih lancar dan stabil meski saat cuaca buruk dan minim lokasi blindspot.

3. Layanan Variatif dengan Pilihan Paket Terjangkau dan Banyak Kejutan

Buat saya yang suka nonton, paket layanan combo Telkomsel adalah andalan saya selama bertahun-tahun. Gimana enggak, dengan budget yang paling masuk akal, saya mendapatkan paket telepon, sms dan internet yang didalamnya sudah termasuk pula layanan aplikasi live streaming berbayar (pada saat itu aplikasinya HOOQ). 

Kemudian saat diluncurkan paket OMG, saya bergonta-ganti menggunakannya dengan Combo Sakti hingga akhirnya diluncurkan Disney+ Hotstar yang menyatu dengan paket OMG.

Bulan ini saya sedang menggunakan paket “surprise deal” yang paling bikin happy karena pilihan kuotanya super besar dengan harga yang sesuai banget. Ada juga banyak pilihan paket lain seperti kuota ketengan yang menyasar anak muda yang ingin menekuni satu platform saja, misalnya Instagram, Tiktok atau Youtube dengan harga yang pas dengan uang jajan harian

4. Ada Banyak Bonus dan Undian Hepi

Dengan sistem gamifikasi, Telkomsel memberikan bonus mulai dari poin hingga kuota apabila kita rutin check-in di aplikasi myTelkomsel. Ohya, setiap mengisi pulsa kita pun akan mendapat poin sesuai dengan level loyalitas kita. Lumayan banget, poin ini bisa ditukar menjadi berbagai diskon di merchant ternama, diikutkan Undi-undi Hepi yang hadiah utama setiap tahunnya adalah mobil mewah hingga berdonasi.

5. Customer Service Mumpuni

Nah, ini salah satu keunggulan Telkomsel. Layanan Customer Servicenya ga main-main. Menurut pengamatan saya, GraPARI hampir menjangkau di seluruh kabupaten / kota di Indonesia. Bahkan seringkali GraPARI berlokasi di dalan mall yang paling kece di kota tersebut. Misalnya di Grandmall, Batam, jadi sambil jalan-jalan kita bisa konsultasi atau mencari informasi mengenai layanan Telkomsel.

Kalau tidak sempat ke GraPARI pun, Telkomsel menyediakan layanan virtual melalui berbagai platform yang sekarang ini dikenal dengan panggilan manis Veronika.

Menilik dari sejarahnya nih, pengguna lawas Telkomsel pasti terkenang dengan Veronica (voice response and info care) alias layanan voice mail yang menjadi asisten penerima telefon saat ponsel kita sedang diluar jangkauan atau mati. Saat itu teknologi ini terbilang canggih, karena si penelfon langsung terhubung dengan suara merdu dengan sapaan khas “Selamat Datang di Telkomsel Veronica, untuk meninggalkan pesan, tekan 1.“

Sedangkan selaku penerima, kita bisa mengetahui siapa saja yang kita lewatkan telfonnya berkat notifikasi pesan, bahwa ada voice mail.

Mengikuti teknologi terkini dan perkembangan zaman, transformasinya semakin canggih. Ayo, kita kenalan akan kelebihannya berdasarkan kepanjangan namanya V-E-R-O-N-I-K-A

Virtual Assistant Telkomsel

Veronika ialah Layanan Virtual Assistant Telkomsel berbasis teknologi chatbot. Teknologi ini adalah suatu perangkat lunak (software) komputer yang dirancang memiliki kemampuan untuk memberikan respon serupa manusia terhadap masukan yang diterima dalam berbagai metode yang diperlukan. Jadi, Veronika telah terprogram akan membalas pesan dan teks yang masuk dengan jawaban berupa pesan, gambar dan video yang tepat guna. 

Layanan ini telah melayani pelanggan Telkomsel sejak 24 Agustus 2017. Melalui digital chatting untuk memberikan kemudahan. Selain pelanggan corporate atau nomor tambahan ya.. 

Veronika divisualisasikan sebagai mbak-mbak Customer Service (CS) profesional yang berkostum blazer merah. Mudah dikenali dan familier saat hadir menyapa, misalnya dalam kampanye di media sosial milik Telkomsel.

Easy to Access

Asisten Virtual Veronika mudah diakses melalui berbagai platform / channel. Selain melalui website resmi dan aplikasi MyTelkomsel, ada enam aplikasi chatting populer lain , yaitu : Line, Facebook (FB) Messenger, Telegram dan Whatsapp. Tinggal pilih, mana yang paling nyaman kita gunakan. 

Cara bertanya pada Veronika telkomsel


Respon Cepat 24/7

Veronika menggunakan teknologi kecerdasan buatan / artificial intelligence (AI), oleh karenanya ia selalu stanby 24/7 buat kita para pelanggan Telkomsel.  Kehadirannya, selaras dengan semangat pencegahan pandemi, Veronika diharapkan mampu menjadi GraPARI virtual dalam genggaman. Tanpa perlu keluar rumah, #LewatChatBisa mengakses layanan konsumen secara lebih cepat dan efektif berkat keakuratannya.

OTP Verification Sebagai Pengaman

Jangan  khawatir penipuan yang mengatasnamakan Veronika atau curiga dapat disalahgunakan oleh orang yang iseng memasukkan nomor Telkomsel kita. Ada pengamanan one-time password yang hanya berlaku tiga menit saja sebelum kadaluarsa.  Empat digit kode verifikasi tersebut akan  dikirimkan ke nomor ponsel kita, setelah di input, barulah Veronika akan melayani dan berinteraksi kembali  dengan kita.

Berikut beberapa aturan terkait Kode Verifikasi (OTP) ketika pelanggan berinteraksi dengan Asisten Virtual Telkomsel:
•    Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, interaksi pelanggan melalui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit.
•    Jika pelanggan melakukan permintaan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, maka interaksi pelanggan melalui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit.
•    Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak sembilan kali, maka interaksi pelanggan melalui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama 1x24 jam.

Nyobain Veronika? Yuk, ikuti langkah berikut :

Pilih salah satu platform yang paling mudah aksesnya diantara keenam channel diatas. Saya pilih lewat aplikasi Telegram karena memang sudah ada di ponsel saya. Cara bertanya kepada Veronika sangat gampang, ini contohnya :

cara tanya veronika di telegram


Ini informasi yang dapat diakses oleh Pelanggan :

1. Promo Terbaru Produk Telkomsel
Veronika akan menyapa kita dengan hangat sambil menyampaikan informasi promo terbaru dari Telkomsel misalnya Combo Sakti dan paket langganan Disney+ Hotstar

2. Jelajah Produk Telkomsel
Di fitur ini kita akan mendapat informasi mengenai produk Telkomsel seperti Simpati Combo, Kartu As Combo, Ilmupedia (perdana Loop) dan Halo Kick.

Kalau masih bingung, kita bisa mengecek satu persatu atau minta bantuan Veronika. Veronika akan membantu kita mencari produk Telkomsel yang pas dengan mengajukan tiga pertanyaan singkat, saya coba menjawab sesuai preferensi saya dan memang pas banget dengan kartu Simpati.

3. Pulsa, Tagihan dan Telkomsel POIN
Veronika akan memberitahukan tagihan pada pelanggan paska bayar, termasuk pengingat apabila kita lupa tagihan pada pembayaran sebelumnya. Sedangkan pelanggan pra bayar, akan diberi informasi mengenai sisa pulsa serta masa berlaku kartu.

Ada juga penawaran agar kita bisa langsung mengisi pulsa. Jika kita mengisi melalui aplikasi myTelkomsel, metode pilihannya ada banyak : kartu debit / kredit, transfer ke  virtual akun, e-money (LinkAja, Gopay, ShopeePay, Dana dan Ovo) hingga Pay later melalui Kredivo.

Kita juga bisa mengakses total jumlah Telkomsel POIN  dan langsung diberi tautan pada laman tukar poin

4. Fitur Informasi Lainnya
- Pengecekan profil pelanggan yang terdaftar pada nomor Telkomsel
- Info paket langganan yang sedang aktif digunakan pelanggan
- Info mengenai periode voucher yang sedang berlaku
- Informasi tentang PUK, PIN T-Care
- Top Frequently Ask Question (FAQ) produk Telkomsel

5. Fitur Seru
Veronika itu ibarat asisten yang tahu cara menyenangkan atasannya, lho. Ia sering memberi jawaban lewat pantun jenaka. Misalnya nih, saat saya ketik kata kunci "pulsa" eh dijawab :
“dipantai makan ikan patin, Biar sehat minum jamu.
Sisa pulsa aja diperhatiin, kapan giliran perasaan kamu?”

Wkwkwk..  lumayan menghibur ya…
Eits, yang masih jomblo jangan baper. Isi waktu luang lewat Veronika juga bisa. Ada fitur quiz, humor, travelling, kuliner dan lifestyle. Tinggal pilih sesuai minat dan dapatkan rekomendasi dari sang assisten virtual.

6. Hadiah Pulsa Bagi Nomor Lain
Kadang kita suka lupa berapa kode yang harus diketikan di keypad telepon pintar jika akan mengirimkan sebagian pulsa kita pada orang lain via layanan pesan.  Veronika menjadikan kegiatan transfer pulsa ini menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Dengan kata kunci “transfer pulsa” langsung deh keluar kode *858#. 

Kalaupun pulsa kita minim, saat ini Veronika bisa membantu kita membelikan pulsa kepada nomor orang lain sebagai hadiah. Makin gampang menjalin silahturahmi.

7. Tanya Customer Service (CS)
Kita bisa meminta langsung dihubungkan dengan Customer Service (CS). Lebih hemat pulsa --cukup dengan ketersediaan kuota-- dibandingkan saat harus menghubungi via telefon. Pertanyaan yang bisa kita ajukan pun lebih beragam, karena seorang CS asli akan mencarikan informasi yang kita butuhkan.

Kebijakan Demi Kenyamanan Bersama

Biarpun Veronika adalah sosok AI, demi kenyamanan bersama, ada sejumlah aturan yang harus kita taati. Dalam menggunakan layanan Virtual Assistant Telkomsel Pelanggan tidak diperkenankan untuk:
1. Menggunakan bahasa kasar, berbau pornografi, vulgar dan tidak etis dalam berkomunikasi menggunakan Layanan Virtual Assistant Telkomsel;
2. Merusak nama baik, mengancam, menghina, atau melecehkan orang atau badan lain;
3. Melakukan spamming kepada Layanan Virtual Assistant Telkomsel;
4. Mengeluarkan pernyataan yang memicu konflik terhadap SARA (Suku, Agama, dan Ras);
5. Melakukan pelanggaran keamanan layanan Virtual Assistant Telkomsel;
6. Mengirimkan gambar, video, audio, link tautan, dan/atau dokumen tanpa seizin dari pemegang hak kekayaan intelektual yang bersangkutan;
7. Mengirimkan gambar, video, audio, link tautan, dan/atau dokumen yang termasuk dalam kategori pornografi;
8. Melakukan illegal akses ke dalam Layanan Virtual Assitant Telkomsel;
9. Memberikan informasi palsu yang berdampak pada kerugian pihak lain;
10. Serta melakukan hal-hal lain yang bertentangan dengan hukum nilai-nilai yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Ada Fitur Share Location untuk Menemukan Lokasi Terdekat GraPARI Telkomsel

Kadangkala selaku pelanggan, kita masih perlu untuk pergi ke GraPARI, misalnya untuk :
- Menukar kartu yang masih berlayanan 3G ke 4G (pembahruan informasi, per tanggal 11 Maret, penukaran kartu yang tidak pernah ditautkan pada layanan perbankan online dapat dilakukan melalui Veronika. Kartu SIM baru, akan dikirimkan langsung ke alamat, apabila segala persyaratan yang diminta dalam formulir isian terpenuhi);
- Mengalihkan layanan dari paska bayar ke prabayar atau sebaliknya;
- Mengganti kartu baru karena  rusak atau hilang (jika hilang, mintalah surat keterangan kehilangan dari kepolisian);

Agar lebih mudah menemukan lokasi GraPARI terdekat, ketik "GraPARI terdekat" lalu gunakan fitur ’Share Location’. 

Setelah tahu lokasi kita, maka Veronika akan memberi rekomendasi GraPARI di aplikasi maps. Selanjutnya kita pun bisa mengambil antrian GraPARI secara online. Praktis 'kan?

❤❤❤❤❤

Itulah serangkaian kelebihan Veronika, si Asisten Virtual Online. Saya sudah merasa sangat terbantu dengan kehadirannya. Silahkan, bagi teman-teman pembaca semua, kalau ada kendala atau keingintahuan apapun mengenai Telkomsel, yuk, segeralah Tanya Veronika Telkomsel

Ohya, jangan lupa pantengin juga sosial media Telkomsel untuk mendapatkan informasi, penawaran menarik dan quiz berhadiah.

Sumber : Tangkapan layar aplikasi MyTelkomsel, sosial media dan website Telkomsel.com
Olah infografis : Canva