5 Destinasi Liburan Favorit

5 Destinasi Liburan Favorit bukan tergantung kota atau negara apa, yang menjadi tujuan saya melangkah utamanya adalah ke lokasi berikut : museum, dll

Day 8 : 5 Destinasi Liburan Favorit

Bisa dibilang saya adalah anak rumahan, saya lebih senang menghabiskan waktu untuk nonton atau membaca buku ( terkadang keduanya sekaligus hehhee) tetapi kedua orangtua saya senang berjalan-jalan. Semasa kecil hampir setiap akhir pekan kami habiskan untuk pergi ke tempat wisata yang ada di daerah yang kami tinggali saat itu.

Saya tetap suka dan menikmati, karena saya menyadari, kebersamaan dan memori yang diciptakanlah yang sangat bermakna. Atas pengaruh keduanya pula, setelah bisa jalan-jalan sendiri, ternyata bukan tergantung kota atau negara apa, yang menjadi tujuan saya melangkah utamanya adalah ke lokasi berikut : 

1. Perpustakaan atau Toko Buku

My Little piece of heaven. Kemanapun kaki saya melangkah saya selalu mencari tahu lokasi toko buku. Ini sudah menjadi semacam kebiasaan, sejak pindah ke Pekanbaru diawal tahun 90an, ayah saya kerap membawakan oleh-oleh buku dan komik ketika ditugaskan ke Jakarta. Toko buku di Pekanbaru kala itu belum selengkap saat ini. Jaringan toko buku berawalan huruf G , baru dibuku saat saya sekolah menegah atas.

Sejak itu saya selalu menjadikan toko tersebut sebagai lokasi janjian dengan teman dan mantan pacar. Buat saya (yang waktu itu sudah mulai ngekos dan harus memanajemen keuangan bulanan), numpang baca gratis adalah salah satu my guilty pleasure. Secara berkala, saya juga mengunjungi perpustakaan daerah Pekanbaru yang saat itu masih berlokasi di Gobah. Penyesalan terbsesar saya adalah hingga saat ini belum mencicipi kemegahan Perpustakaan Daerah Propinsi Riau Soeman HS yang bebentuk buku raksasa yang terbuka.

Setelah punya anak pun saya selalu berusaha megenalkan Ziqri dengan buku dan mengajaknya mengunjungi perspustakaan dan toko buku.

Baca juga : Perpusda Karimun : Sepotong Surga di Karimun

2. Museum

Ayah saya senang mengajak saya menyaksikan pameran baik yang bersifat sementara di kegiatan tujuh belasan maupun mengunjungi museum. 

3. Pantai dan Laut

Kalau ada pertanyaan pilih liburan kemana : gunung vs laut? Saya pasti memilih laut. Selain karena suka pantai, masa kecil di Pekanbaru yang meyoritas dataran rendah, membuat saya hanya akrab dengan gunung tak kala mudik ke Sumatera Selatan.

Pengalaman pertama saya naik gunung ketika kelas tiga Sekolah Dasar pun sejatinya kurang berkesan. Saya naik ke pemberhentian pertama salah satu gunung di daerah Bukittinggi, Sumatera Barat, bersama seorang kakak sepupu yang sudah jauh lebih dewasa dan teman-temannya. Berhubung saya adalah anak yang terlalu mandiri dan dianggap sudah biasa di alam terbuka berkat kesukaan saya berkebun, saya malah dicuekin hubuuuu.. Alhasil saya selalu menghindari kegiatan mapala meski masih memendam keinginan naik ke puncak gunung lagi.

Saya ga nolak naik bukit, ini salah satu puncak tertinggi di Pulau Batam : Tebing Langit

4. Taman Hiburan

Siapa sih yang ga suka main ke taman hiburan?? Saya suka- banget-. Sampai sekarang pun selalu pengen kembali berkunjung bila ada kesempatan

5. Mesjid 

Saya paling suka wisata religi. Eh, tapi sebenarnya bukan wisata juga sih, kan tidak semua mesjid yang ada dijadikan objek wisata ya.. Tetapi saya suka memperhatikan kultur penduduk asli pada saat mengunjungi mesjid yang ada di kota tersebut. 

mesjid sultan  mahmud riayat syah
Seru-seruan bareng teman guru di Mesjid Sultan Mahmud Riayat Syah sebelum  pandemi