Belajar Membangun Bisnis Online

Bagaimana Membangun Bisnis Online Bagi Pemula Bersama Nadia Kholila MinangPride, Interflour dan MEG Cheese
Belajar membangun bisnis online

Sebagai seorang entrepreneur newbie, saya selalu bersemangat menimba ilmu yang berkaitan dengan dunia yang baru saya geluti. Senang sekali, di kala sedang menscroll Instagram story, saya menemukan ajakan kuliah whatsapp alias Kulwa dari MEG Cheese Indonesia dan Interflour. Tahu kan, itu lho keju berkualitas yang harganya paling cucok meong serta perusahaan nasional yang memiliki produk tepung terigu. 

Interflour dan Meg cheese


Narasumbernya ialah Uni Nadia Kholila, owner IG @MinangPride. Ibu muda ini berkenan  untuk sharing dan mengajak  semua peserta belajar bareng “Bagaimana Membangun Bisnis Online Bagi Pemula”.  

Pesertanya cukup banyak, dan saya yakini sebagian besar adalah para pebisnis pemula. Karena ketika melakukan pendafataran ada kuisioner singkat mengenai alasan kita ingin mengikuti seminar Whatsapp dan apakah sudah memilki bisnis sendiri.

Introduction of Entepreneurship

Menurut Uni Nadia, yang harus diketahui sebelum memulai bisnis, baik online maupun offline adalah visi dan misi dalam membangun bisnis. Bagaimanapun dibutuhkan tekad dan niat serta jiwa entrepreneur yang kuat agar usaha yang dijalani dapat berkembang dari waktu ke waktu serta tidak bersifat sementara.

Ada pula potensi ekonomi yang sangat besar sejalan dengan perkembangan bisnis digital Indonesia yang sangat legit.  Seiring berkembangnya zaman, menurut data BPS ada peningkatan signifikan transaksi E-commerce dari 104 Triliyun Rupiah di tahun 2017 menjadi 1.700 Triliyun Rupiah di tahun 2020. Dahsyat! 

Mengapa Bisnis Online?

  1. Menekan Biaya Operasional (OPEX)
  2. Menekan biaya sewa tempat
  3. Menekan biaya sumberdaya manusia
  4. Identitas brand yang kuat
  5. Dapat dilakukan sesegera mungkin

Kelebihan utama bisnis online adalah kita bisa memulai dari rumah, tanpa sewa tempat, tanpa biaya SDM.  Bila sudah berjalan dan dirasa perlu baru lakukan rekruitmen.

Potensial buyer yang ada tersebar di suatu daerah hingga seluruh dunia karena ada banyak kemudahan, misalnya ekspedisi yang sudah bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia hingga luar negeri dalam waktu yang relatif cepat serta aman

Bagimana Cara Memulai Bisnis Online Yang Tepat?

1. Market : 

Siapa target kita dan seberapa besar target market dari usaha yang kita tuju?

Kenali potensial buyer dan lakukan riset pasar. Dengan melakukan keduanya maka eksekusi akan terasa lebih mudah. 

Bila produk sudah banyak dikenal market, maka kita harus memikirkan nilai tambah apa yang akan diberikan inovasi dan value untuk mendobrak pasar yang sudah ada

Contoh @Minangpride : Produk makanan khas Padang siap saji,

Siapa target market? : orang-orang yang sudah familiar dengan makanan Padang. Di Indonesia restoran Padang mudah ditemukan dimana saja di seluruh penjuru Indonesia

Riset dan Inovasi : Bagaiamana makanan Padang yang dijual secara konvensional dapat dijual secara digital dengan rasa yang sama dengan makan langsung di restoran. Sehingga makanan Padang ada bisa dimakan dimanapun kapanpun, bisa dikirim ke seluruh Indonesia dengan kemasan eksklusif, higenis dan menarik.

2. Produk 

Setelah mengetahui market, buatlah produk yang akan diminati masyarakat luas, produk yang berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan atau sedang menjadi tren. Atau kita bisa meluncurkan produk yang punya niche tersendiri meskipun sudah umum.

Contohnya ialah banyak berdirinya brand hijab yang mengkhusukan untuk digunakan pada saat olahraga.  Meski para jilbaber adalah hal yang lumrah dan telah banyak pebisnisnya tetapi dengan sentuhan inovasi, penjualan jilbab khusus olahraga memiliki pasar yang luas. Seiring dengan meningkatnya kesadaran orang untuk hidup sehat dan berolahraga secara rutin.

Jangan pula terlalu sibuk riset, cukup lihat disekeliling. Temukan produk yang jadi kebutuhan sehari-hari tetapi hanya butuh inovasi terbaru dan teknik pemasaran yang tepat.

3. Pemasaran

Pemasaran sangat fundamental, merupakan  faktor utama yang menentukan apakah bisnis kita akan mencapai target. Fenomena yang banyak terjadi ialah ZMOTH (Zero Moment of Truth), yaitu siapa yang paling mudah dan paling sering muncul di internet, memiliki peluang paling banyak pembeli online.

Hal ini bisa terjadi berkat strategi pemasaran online yang bisa kita pilih, diantaranya :

Social media marketing : Buat konten yang powerful dengan foto-foto menarik trust dan kepercayaan para calon pembeli

Endorsement : Bekerjasama dengan influencer untuk memberikan honest review dan meningkatkan awareness brand kita.

Facebook ads dan Instagram ads : Menyesuaikan dengan budget yang kita miliki kita bisa mencapai calon pembeli dengan lebih luas lagi

Market place / E-commerce ads : bisa menjangkau lebih banyak pembeli potensial dan saat ini juga sudah dilengkapi fasilitas ads.

Dengan teknik pemasaran yang tepat bisa mendapatkan potensial buyer yang diinginkan dengan waktu pengambilan keputusan yang cukup singkat. Perbandingan dengan zaman dalu, bila hendak membeli tas, kita harus berkeliling mall untuk membandingkan dari satu toko ke yang lain. Namun saat ini dengan memanfaatkan ponsel cerdas, kita bisa berburu tas impian sambil rebahan. Sebentar saja, kita bisa membandingkan banyak brand dan harga, setelah melakukan pembayaran, tak lama kemudian tas sudah mendarat di tangan.

4. Membangun Identitas Brand 

Brand adalah wajah dari usaha yang harus dibangun dengan sebaik, sekuat dan sekredibel mungkin

Nama brand : Ciptakan nama / brand yang mudah dan dingat dan diucapkan.

Logo brand : Sesuai dengan image dan karakter yang ingin ditampilkan.

Sapaan khusus bagi para pengguna, yang bisa membedakan dengan kompetitor : MEG Cheese memanggil konsumen dengan "MEG Cheese Lovers"

Bila dirasakan belum berani membuat usaha sendiri, kita bisa memulai dengan menjadi reseller atau dropshipper suatu brand yang menjual produk yang sudah ada. Minangpride pada bulan Ramadhan ini akan membuka kesempatan bagi para Uni dan Uda dari seluruh Indonesia sebagai official reseller untuk menjualkan produk Minangpride.

Menurut saya, pemilihan Minangpride yang artinya kebanggan orang Minang sebagai brand oleh Uni Nadia adalah pilihan yang cerdas. Singkat, unik, mudah diingat, sesuai tren modern dan membawa doa yang luar biasa.

5. Action Sekarang / Mulailah Secepat Mungkin : 

Bisnis online adalah bisnis yang harus dimulai secepat mungkin, setelah kita menentukan market, memiliki produk dan mengetahui sarana pemasaran yang akan kita gunakan.

Menurut pengusaha ternama, (Alm) Bob Sadino, bisnis yang bagus adalah bisnis yang mulai yang dikerjakan, bukan ditanyakan terus menerus.

Nikmati prosesnya, karena ada banyak orang diluar sana yang mungkin sudah memikirkan ide yang sama. Jangan takut mememulai apalagi keagagalan, lihat makna dibalik setiap kegagalan. Gagal adalah saran untuk bertumbuh dan berkembang 

Belajar membangun bisnis online


Kemudian, dibukalah sesi Tanya jawab dengan Uni Nadia. Semua peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan bisnis masing-masing.

Cara Menjaga Loyalitas Customer Versi Uni Nadia Kholila : Selalu menyapa konsumen dengan baik dan melayani dengan baik. Sehingga citra brand juga baik. Jika sudah melakukan purchase, biasakan menyapa terlebih dahulu di kemudia hari.  Adakan enggangement dengan customer dengan baik, niatkan sebagai calon potensial buyer di kemudian hari

Langkah Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menghadapi Persaingan Usaha?

Fokus pada performance produk kita. Memperkuat produk kita sebelum berfokus pada orang lain. Sambil belajar apa yang bisa menjadi nilai tambah produk kita dibandingkan dengan pesaing.

Sharing Pengalaman Dalam Membangun Minangpride

Sejak tahun 2015, jatuh bangunnya mengajarkan bahwa seorang pebisnis harus bisa membagi waktu seefisien dan semaksimal mungkin. Tantangannya ialah  harus mengnahkodai suatu kapal. Maju atau tidaknya sebuah usaha berada langsung diabawah tampuknya.

Bagaimana Tips Menjalankan Bisnis di Masa Pandemi?

Kita sudah harus beradaptasi dengan pandemi. Sektor offline turun tapi sektor online justru meningkat pesat. Momentum ini yang harus kita manfaatkan sebaik mungkin. Selalu benahi toko online kita, percantik foto produk, rajin upload konten sosial media, tidak menutup diri dari trend yang sedang meningkat, lakukan promosi, jalani Digital Marketing (Facebook atau instagram Ads)

❤❤❤❤❤

Terakhir, gongnya saat diumumkan diakhir acara, bahwa ada challenge membagikan resep masakan andalan kita di Instagram dengan menyertakan bahan Keju MEG Cheese dan Interflour hadiahnya lumayan lho, untuk Kuis utama, lima pemenang yang beruntung akan mendapatkan hadiah berupa:

  • Juara 1: Eco Dish Dryer
  • Juara 2: Mixer
  • Juara 3: Pisau Dapur Knife Block Set
  • Juara 4: Nylon Kitchen Tools

Cek Instagram official MEG Cheese ya.. Ditunggu hingga hari Jum’at tanggal 9 April 2021 ini.

Oh iya, MEG Cheese sekarang punya varian keju baru lho yaitu MEG Slice Melt isi lima lembar atau 10 lembar. Semakin memperkaya varian MEG Cheese yang telah tersedia sebelumnya, yaitu MEG Cheddar Cream, MEG Cheese Melt, MEG Keju Serbaguna dan lain-lain. Keseluruhannya bisa didapatkan di e-commerce MEG Cheese di:

  • Tokopedia https://www.tokopedia.com/megcheeseid
  • Shopee https://shopee.co.id/megcheeseofficialstore
  • Bukalapak https://www.bukalapak.com/meg-cheese-official