Hobby Terbaru : Membuat Konektor Masker dari Beads

hobby baru membuat konektor jllbab dengan beads mutiara. bahan mutiara, tali pancing / senar dan hook pengait di bagian ujung
hobby-terbaru-menganyam-manik-beads

 Day 16 : Hobby Terbaru

Hobby itu sebenarnya kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu luang ya..

Kegiatan pengisi waktu luang saya sebenarnya ya itu -itu saja : membaca, nonton, mengumpulkan perangko, berkebun. Since forever lah pokoknya

Satu-satunya kegiatan yang bisa dikategorikan sebagai hobby dan baru saya sukai setelah dewasa adalah : menganyam beads  manik-manik mutiara.


Awalnya iseng karena sering melihat Mama (uwak) saya membuat aneka kerajinan dari beads. Berupa tempat gelas air mineral, tempat pensil, aneka pajangan, tas, gantungan kunci, macam-macam deh.

Belajarnya juga dengan mencontoh hasil karya Uwak. Sebenarnya kerajinan beads ini gampang-gampang susah. Kita harus teliti dalam menghitung jumlah beads dalam satu rangkaian dan kalau salah satu langkah kebanyakan harus dibongkar ulang.

Akhirnya, saya putuskan membuat bros jilbab 1.000 pieces untuk souvenir pernikahan saya sendiri. Pada tahun 2012, modal beads (saya sudah lupa berapa ons membelinya), tali senar dan alas brosnya sekitar Rp 800.000,- ditambah saya pesan online kotak mika mini. Total sekitar satu jutaan, saya membuat souvenir unik, berciri khas tema pernikahan saya banget (warnanya dominan pink gold) dan berkualitas bagus.

Memang prosesnya cukup panjang, sekitar lima bulanan, saya harus menyempatkan pengerjaannya disela-sela kesibukan lain. Capek juga sih, tapi saya puas banget dengan hasilnya. Terlebih, setiap menganyam, saya selipkan do'a dan ucapan terimakasih bagi para tamu undangan yang akan hadir di acara saya.

Sayang fotonya ga ketemu, saya cari di kumpulan foto pernikahan yang saya unggah ke Facebook pun tidak ada. Mungkin ada dalam CD backup foto-foto lama yang masih tertinggal di rumah orang tua.

bahan dan alat yang dibutuhkan

Nah, Sejak jaman pandemi.. Saya punya ide membuat strap masker earloop sendiri. Penting bagi pengguna hijab seperti saya, agar mudah menggunakan masker earloop.

Membuatnya cukup mudah, satu strap hanya butuh waktu 15 menitan. Modalnya pun hanya memerlukan sedikit beads (tergantung kerumitan), tali senar pancing dan sepasang hook untuk pengait.

Kapan-kapan ya saya buat tutorialnya.. Kebanyakan hasil karya saya sudah digunakan oleh keluarga dan kerabat dekat.

Cita-cita saya sih pengin membuat kerajinan beads mutiara yang lebih besar dan kompleks, misalnya tas atau tempat tissue. Semoga ketemu waktu yang tepat.

Hasil strapnya.. kelihatan ga? 
Ini tempat air mineral gelas karya uwak


Kalau teman pembaca sedancg senang menekuni hobby apa nih?