Site Audit Batch Pertama Mas Irwin : Gokil Abis

site-audit-batch-pertama-masirwin

Day 29 : Site Audit Batch Pertama : Gokil Abis!

Alhamdulillah, tibalah kita di penghujung Ramadan. Disatu sisi, sedih akan berpisah tapi ada senangnya juga nih.. Akhirnya saya menyelesaikan beberapa pelatihan yang saya ikuti.

Memang, sejak kuliah saya tuh paling senang ikut seminar, workshop atau pelatihan gitu ya.. (apalagi yang gratisan hoahahaha). Senang saja menambah wawasan baru, terutama mengenai topik yang saya minati. Durasinya macam-macam, ada yang seminar sehari, course mingguan hingga bulanan.

Dikala pandemi dan semakin banyak diadakannya pelatihann online saya semakin semangat. Sejujurnya sudah tak terhitung yang saya ikuti setahun terakhir ini. Ada yang dalam bentuk webminar melalui aplikasi video confrence seperti zoom maupun  yang melalui Whatsapp grup. Topiknya macam-macam, tetapi kebanyakan seputar parenting, kesehatan atau kepenulisan dan tentu saja blogging.

Sejauh ini, diantara sekian banyak pelatihan online maupun offline yang pernah saya ikuti, menurut saya yang tergokil ialah Sitelink Audit yang digagas oleh Mas Irwin. 

Apa Sih Site Audit Itu?

Site Audit ialah kelas belajar bagi para blogger yang diampu oleh Mas Irwin Andriyanto. Seorang blogger asal Kabupaten Tanggerang yang sudah malang melintang di dunia blogger Indonesia. Pengalaman beliau didapat dari mengikuti berbagai course SEO dan praktek langsung selama bertahun-tahun dalam mengelola beberapa blog sekaligus. 

Meski usianya lebih muda dari saya -- Coach Irwin-- begitu kami biasa menyapanya, telah menjadi seorang blogger sukses yang meraup penghasilan dari blog dengan nominal tidak main-main setiap bulannya. Atas bentuk rasa syukurnya, di bulan Ramadhan tahun ini beliau berkeinginan untuk berbagi ilmu dengan para blogger yang ingin memperbaiki peforma blognya di mata mesin pencarian Google

Mau tahu apa saja kegokilan Site Audit Batch Pertama ini?

Gokil 1 :  Pendaftaran Kilat

Informasi yang saya dapat, link pendaftaran dibagikan dalam grup blogger secara terbatas  satu malam saja, -seingat saya-- dua hari sebelum Ramadan. Dini hari berikutnya, para pendaftar yang diseleksi berdasarkan Domain Authority (DA) terendah sudah menerima email konfirmasi dengan deadline sebelum pukul 08.00 WIB.  Jadi yang telat respon emailnya keburu digantikan dengan peserta lain yang masih berada di waiting list. 

Selanjutnya, di petang hari itu juga telah terkumpul 20 peserta yang sama-sama berkeinginan kuat belajar lebih lanjut untuk memperbaiki peforma blog dan dunia blogging pada umumnya

Gokil 2 : Ternyata Batch 1 Isinya Cewek Semua!

Iya, Coach Irwin jadi yang paling ganteng di grup. Mungkin karena sesama perempuan, meskipun peserta datang dari beragam latar belakang dan usia, tahu-tahu kami langsung akrab saja di grup Whatsapp. Ga ada yang malu-malu saling tanya dan bantu saat mengerjakan serangkaian tugas yang diberikan..

Eh, tapi grup chat tidak hanya melulu ramai saat mengerjakan tugas. Kami sering ngobrol dan bercanda. Yang paling sering bikin ngikik? Ya Coachnya lah….

Contohnya, alamat email yang kami gunakan untuk login ke salah satu tools analisis blog menggunakan domain ikatancinta.com

Hah? Iya, Sinetron Ikatan Cinta  kan sebooming itu, kapan coba didaftarkan domainnya oleh beliau ya? hoahahahaa

Gokil 3 : Materi Belajar ? Tidak ada!

Serius.

Sebenarnya Coach Irwin tidak  memberikan materi berupa teori tapiii langsung praktek!

Caranya pun cocok buat yang tidak suka aturan saklek. Tugas dijabarkan lengkap dengan benefit dan deadline-nya. Bagi yang mau menggerjakan ya monggo, tidak pun tak mengapa. Namun ada bonus bagi yang mengerjakan, sedangkan yang tidak, konsekuensianya blog masing-masing tidak ada peningkatan. Jika ada kesulitan, coach dan teman-teman segrup bersedia merespon dengan sigap.

Menurut pengakuan coach, beliau begitu fast response karena grup "Belajar Site Audit 1" ini di pin di posisi paling atas di aplikasi Whatsapp beliau

Ohya, ada juga tugas yang memang harus diselesaikan secara kolektif. Artinya, setelah seluruh peserta menyelesaikannya, baru lah kami bisa lanjut ke tugas selanjutnya.

Jadi, diawal pertemuan, masing-masing blog dianalisa dengan tool analisis dari MOZ. Setelah ditemukan sejumlah issue menyangkut blog, para peserta diharuskan mengurai permasalahan minimal 50%nya. 

Permasalahan yang ditemukan di blog Annisakih.com awalnya berjumlah lebih dari dua ribuan. Wow banget! Setelah diajari cara memperbaikinya, saya jadi ketagihan untuk memperbaiki satu demi satu dan jadi catatan penting untuk tidak mengurangi dimasa akan datang, yaitu : 

  • Membuat judul yang terlalu panjang atau terlalu pendek
  • Membuat URL yang terlalu panjang, idealnya maksimal 70 karakter dihitung dari nama blog
  • Mengisi deskripsi penelusuran dengan jumlah minimal 120 karakter
  • Menghilangkan broken link
  • dan beberapa parameter lain

Gokil 4 : Banyak Bonusnya

Nah, bagi yang menyelesaikan tugas tepat waktu, ada rewards yang diberikan. Apa itu rewardsnya?? Tentunya sesuatu yang bisa semakin mendongkrak peforma blog masing-masing.

Ada juga sharing pengalaman dan motivasi dari coach seputar dunia blogging. Bagaimana cara beliau memanajemen waktu dalam mengelola banyak blog meskipun hingga kini masih berstatus seorang karyawan (plus freelancer di beberapa tempat) dan seorang suami sekaligus ayah. Serta bagaimana memonetasi blog dengan optimal

Gokil 5 : Domain  Authority Langsung Naik  

Benar, Domain Authority (DA) blog bukan tolok ukur akan segalanya. Tetapi banyak agensi di Indonesia yang mensyaratkan DA tertentu saat akan mengajak suatu blog bekerjasama. Tentu saja kita sebagai blogger yang ada keinginan mencari tambahan cuan melalui blog, mau tidak mau harus memperhatikan DA.

Alhamdulillahnya, setelah berbulan-bulan kenaikan DA blog ini seret, setelah dibedah dan diperbaiki aneka permasalahan yang terdapat di dalamnya, dalam waktu tiga mingguan bisa naik dua poin. Begitu pula dengan teman-teman yang lain. Kami sungguh bersuka cita.

Gokil 6 : Ada Kelas Lanjutan

Sampai disini, ada teman pembaca yang jadi pengen gabung kan? 

Eits, harus sabar dulu.. Nantikan rilisan resmi dari Coach Irwin, karena ternyata ada kejutan bagi kami semua, untuk saat ini kelas batch pertama akan berlanjut dengan tahapan selanjutnya sehabis lebaran.

❤❤❤❤❤

Sekali lagi saya ingin mengucapkan terimakasih bagi Coach Irwin yang sudah meluangkan waktunya dan menjadikan Ramdhan saya tahun ini sangat produktif. Semoga menjadi amal jariyah ya..

Dan teruntuk rekan blogger yang tergabung dalan Site Audit Batch Pertama, nice to know all of you dan semoga kita tetap bersemangat mengerjakan task selanjutnya demi kemajuan blog kita masing-masing. Aamin YRA.