Tempat Ngabuburit Asyik Di Muaradua

Tempat-ngabuburit-asyik-muaradua
Tempat Ngabuburit Asyik Di Muaradua

Selayang Pandang tentang Muaradua

Muaradua adalah nama ibukota dari Kabupaten ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Sumatera Selatan. Kabupaten ini terbilang baru, merupakan pengembangan dari kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Lokasinya berada di bagian paling Selatan dari Provinsi Sumatera Selatan dan berbatasan langsung dengan Provinsi tetangga, yaitu Bengkulu dan Lampung.

Kata Muaradua sendiri berasal dari pertemuan dua muara sungai Saka dan Sungai Selabung, dua sungai yang cukup deras debit airnya dan membelah kota ini. 

Muaradua juga dikenal sebagai Kota Seribu Walet, karena banyaknya pengusaha Rumah Burung Walet yang membangun gedung sarang walet meski ditengah kota sekalipun. Selain itu terkenal dengan wisata alam Danau Ranau yang merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. 

Sayangnya, perputaran ekonomi di Muaradua terbilang lambat. Disamping pembangunan infrastruktur yang kurang signifikan, bisa dilihat sejak 18 tahun berpisahnya kabupaten ini, masih banyak layanan jasa yang harus dilakukan di Baturaja, ibukota kabupaten OKU. Misalnya dibidang kesehatan hingga telekomunikasi.

Jadi jangan berharap kotanya gaul dan hip gitu ya.. Penduduknya kebanyakan bersahaja. 

Sejak pindah kemari, saya jadi bingung kemana ngabuburit di Muaradua?

1. Pasar Kaget di Pasar Ilir hingga Tangga Batu

Ooh, ternyata lokasi ngabuburit favorit warga Muaradua justru berada di depan rumah saya sendiri. Sepanjang jalan utama yang dulunya merupakan lokasi pasar utama, setiap bulan Ramadan berubah menjadi pasar kaget. Menu yang ditawarkan bermacam-macam. Ada pedagang tetap -yang memang biasa berjualan setiap harinya- menjual aneka penganan tradisional seperti Martabak, Pecal, Nasi Uduk, Pempek atau Sate Gerobak. Ada para pencari rezeki dadakan yang menjual aneka takjil dan lauk-pauk. Menu yang ditawarkan pun lebih variatif, serba kekinian atau yang sedang viral. Misalnya tahun ini saya melihat ada penjual Es Semangka, Es Boba Bubblegum, Toppokki dan masih banyak lagi. 

Penjual berjejer di tepi jalan dan emperan toko dari Pasar Ilir, Pasar Tengah, Pasar Ulu hingga ke Tangga Batu. Tinggal pilih yang sesuai selera dan bugdet. Kekurangannya adalah kita harus membawa pulang, karena tidak ada lokasi yang bisa digunakan untuk berbuka puasa bersama.

Kalau berkunjung ke Muaradua saat bulan Ramadn, ayo datang ke Pasar Kaget ini ya.. Jangan lupa prokesnya tetap dijaga.

2. Taman Stadion Mini Muaradua

Ini taman yang berada di sebelah Stadion Mini Muaradua. Lokasinya bisa diakses dari arah Pasar lama, berdekatan dengan kantor Badan Pertanahan Nasional dan Kejaksaan Negeri.

Di taman ini ada banyak penyedia wahana permainan anak-anak. Mulai dari odong-odong hingga ada istana balon. Ada juga lokasi berfoto di tulisan "Taman Stadion Muaradua" serta para penjaja makanan dan minuman ringan.

Sayangnya, tindakan vandalisme membuat taman yang baru seumuran jagung ini telah mengalami kerusakan. Pun luasnya yang tidak sampai setengah lapangan sepakbola, sering terlalu dipadati pengunjung sehingga kurang kondusif di era pandemi begini.

3. Jembatan Kuning

sumber foto : mydepisa.blogspot

Jembatan ini merupakan jembatan baru yang dibangun untuk menghubungkan kawasan lama Muaradua dengan daerah Tangsi. Suasana sore hari di jembatan ini cukup menyenangkan. Pengunjung bisa duduk-duduk di tepian jembatan yang memang disediakan disisi kiri maupun kanan. Biasanya sambil memandang matahari terbenam atau anak-anak yang sedang berenang.

🍜🍠🍟🍡🍗🍔🍚🍰🍭

Saya dan keluarga sebisa mungkin ngabuburit di rumah saja demi menghindari kerumunan. Cukup berkumpul menonton keramaian Pasar Kaget, main boardgame atau hal berfaedah lainnya. Kalau teman-teman ngabuburit biasanya ngapain aja?