Ghost Doctor

Ghost_doctor


Hai, Assalamu’alaikum.
Sudah lama juga ya, Saya tidak mereview film korea atau drakor. Padahal selama hiatus ngeblog, Saya cukup banyak menonton film dan mengikuti Kdrama secara ongoing, alias sesuai masa tayang aslinya di Korea. Penyebabnya layanan televisi berbayar yang Saya pakai, mengudarakan siaran percobaan TvN, salah satu channel Korea. Sehingga tanpa perlu membuka aplikasi nonton, Saya bisa nonton lengkap dengan terjemahan 24 jam dari masa tayangan aslinya.

Nah, yang paling berkesan adalah Ghost Doctor. Pertama, kalau ditanya siapa aktor Korea Selatan Favorit Saya, selama belasan tahun masih belum bergeser dari Kim Bum. Sejak pertama kali menyaksikan Boys Over Flowers versi Kdrama, Saya langsung suka.

Baca juga :  Kdrama Favorit

Makanya, Saya girang sekali saat Ia comeback dengan drama Law School di pertengahan tahun 2021. Apalagi saat langsung gas poll dilanjutkan dengan diumumkannya proyek Ghost Doctor ini.

Line up pemainnya pun cukup familiar bagi saya. Ada Rain dan UEE yang keduanya juga saya sukai aktingnya.

Kedua, ini drama Korea yang anak sulung Saya – usia 7,5 tahun- berminat mengikutinya sejak awal. Bukan sekedar karena Saya sedang nonton lalu dia ikut, tetapi sejak melihat teaser iklan dan Saya jelaskan perkiraan jalan ceritanya dia langsung tertarik. Katanya, Ia ingin mengenal profesi dokter lebih jauh dan setelah berpulangnya Uwak yang serumah dengan kami, Ia lebih memahami konsep kematian
Ratingnya di TvN memang 15+ dan dengan pengawasan orangtua ya..

Sumber :TvN

Drama: Ghost Doctor
Sutradara: Boo Seong Cheol
Penulis : Kim Sun Soo
Pemain : Rain, Kim Bum, UEE, Son Na Eun, Sun Dong Il, dll
Jaringan: TvN (streaming :iQiYI, Viu)
Jumlah Episode :16
Genre : Medical, Comedy, Fantasy

Sinopsis

Cha Young Min (Rain) ialah seorang dokter ahli bedah toraks bergelar profesor di sebuah Rumah Sakit Pendidikan di Korea. Ia terkenal berkat tangan emasnya yang bisa membedah pasien dengan kegawatan khususnya jantung secara akurat. Sayangnya, Ia menjadi arogan baik kepada pasien, pihak manajemen Rumah Sakit hingga para dokter PPDS alias calon dokter spesialis toraks yang di mentorinya.

Suatu hari, departemennya kedatangnya seorang dokter muda - Go Seung Tak (Kim Bum) -. Ia memiliki pembawaan yang easygoing namun menyimpan trauma masa kecil yang mempengaruhi performanya sebagai dokter. Kejeniusannya hanya secara teori, ketika praktek, tekanan psikologis menghambatnya. Ternyata Ia adalah salah seorang cucu dari pendiri Rumah Sakit tersebut.

Sikap dan sifat keduanya yang saling bertolak belakang membuat mereka kurang menyukai satu sama lain. Gawatnya, suatu kejadian tak terduga membuat mereka dipersatukan dengan cara yang misterius. Arwah Cha Young Min yang terbaring koma harus merasuki Go Seung Tak agar tetap dapat melakukan operasi.

Mampukah Go Seung Tak mengatasi hambatan psikologisnya sekaligus menyelamatkan nyawa Cha Young Min? Apakah ada kaitannya kembalinya Jang Se Jin (UEE) – mantan pacar Cha Young Min- dari Amerika Serikat?

Review

Dari contekan rating, Ghost Doctor termasuk yang lumayan sukses bagi drama Tv Kabel. Di aplikasi iqiyi posisinya masih di lima tayangan teratas. Menurut Saya drakor ini memiliki kekuatan dan ‘kekurangan’ sendiri, yaitu :

Plus

Narasi ceritanya Saya suka, ada unsur misteri yang dibalut dengan sentuhan dramedi (drama komedi dan tragedi). Plotnya ringan tetapi masih membuat kita berpikir akan esensi kehidupan.

Meski menceritakan tentang dunia kedokteran, dialog tidak ribet bahkan dilengkapi langsung dengan penjelasan ilmiah secara singkat di pojok layar. Jadi untuk kita yang awam masih bisa mengikuti.

Begitu pula penjelasan dari segi fantasinya, bisa dimengerti. Kalaupun ada yang bingung, tidak semua hal yang magical harus logis. Justru yang masuk kategori 'misteri Ilahi'  merupakan bagian paling menarik dari kehidupan ini, bukan? 

Penokohan dibuat seolah mengikuti pakem drakor era sedekade lalu, dimana ada sepasang pemeran utama dan second leadnya. Ternyata tidak melulu demikian, kita akan terkecoh dengan twistnya.

Interaksi dinamis, bahkan para pemeran tambahan juga mendapat plot cerita dengan para pemain yang berakting baik. Favorit Saya selain kelucuan Rain dan Kim Bum adalah pasangan sesama pasien yang sedang koma.

Setting ciamik, interior Rumah Sakit yang elegan dan modern minimalis, ga ngebosenin. Eksterior Rumah Sakit yang sama akan dipakai juga di drama Military Prosecutor Doberman yang tayang setelah drama ini berakhir. Setting yang baik juga menjadi pembeda terhadap adegan masa lalu alias flashback.

Hantu yang diceritakan jauh dari kesan seram, bisa jadi sarana mengedukasi anak tentang konsep koma, sakit hingga meninggal dunia (sesuai dengan ajaran agama masing-masing, tentunya).

Scoring lumayan, OST tidak sebanyak drakor lain tapi tidak repetitif banget juga sih. Masih pas lah dengan jalan cerita.

'Minus'

Waktu tayang yang singkat. Setiap episode berdurasi hanya sekitar 60 menit termasuk opening song dan closing. Kadang masih seru-serunya tahu-tahu sudah habis.

Spoiler sedikit, romance kurang di eksplore, bahkan terkesan terburu-buru disudahi di episode akhir. Jadi cukup aman ditonton bareng anak karena minim adegan mesra apalagi yang terlalu dewasa.
 
Sayangnya, meski alurnya dibuat maju mundur dan misteri diungkap sedikit demi sedikit, sejatinya ending mulai bisa tertebak setelah di pertengahan.

Ohya, bagi yang kurang suka melihat darah atau gampang terbayang-bayang, harus siap sedia memalingkan wajah menjelang adegan operasi. Rasanya begitu real dengan cipratan darah dan organ jantung seolah asli yang ditampakkan berdetak.

Secara keseluruhan Saya merekomendasikan drakor Ghost Doctor. Baca juga blog review drakor yang sering saya kunjungi.