Semen Baturaja Kokohkan Tanda Cinta Terakhir Dengan Bangunan Makam yang Tahan Lamo

Patri Tanda Cinta Terakhir 

Siapa sih yang tak terkagum dengan Taj Mahal?

Kemasyhuran Taj Mahal yang berdiri di Agra, India tersiar hingga ke seantero negeri. Bangunan sebagai mahakarya bukti cinta kasih. Didirikan oleh Shah Jahan, seorang Kaisar Mughal untuk masoleum istri tercintanya Mumtaz Mahal. 

Sejatinya, Apa yang dilakukan oleh Shah Jahan merupakan suatu bentuk penghormatan terakhir bagi orang yang dikasihi. Memang benar, tidak ada yang abadi tetapi suatu bangunan yang kokoh seperti Taj Mahal dapat menjadi monumen pengingat hingga berabad kemudian. Tahan lamo, dalam Bahasa Palembang biasa diungkapkan.

Begitu pula yang lazim dilakukan oleh kita saat ini. Bila memiliki rezeki yang memadai, tidak ada salahnya kita membangun suatu bentuk kenangan di atas pusara orang-orang yang telah mendahului kita. Secara sederhana biasa disebut dengan batu nisan atau makam. 

Keluarga kami pun baru-baru ini ditinggalkan oleh Mama begitu Saya biasa memanggil Uwak, kakak perempuan sulung dari Ibu Saya. Setelah setahun berlalu kami memutuskan untuk membangun makam di atas pusarannya.

Pembangunan dilakukan sendiri oleh Papa suami dari Mama. Sedari muda, Papa adalah seseorang yang berkecimpung di dunia pertukangan. Beliau memulai dari tahapan yang paling bawah yaitu sebagai kenek alias tukang bantu angkat-angkat hingga akhirnya mampu menjadi kepala tukang yang membawahi banyak anak buah.

Dari Papa saya belajar beberapa pertimbangan dalam memuat makam agar tahan lamo :

1. Lewatkan Masa Setahun setelah Pemakamannya 

Tujuannya ialah agar tanah yang menjadi makam telah keras sehingga tidak akan ambles dikemudian hari.

2.  Pilih Tukang Yang Handal 

Kalau hanya untuk membuat suatu makam yang sederhana kita bisa mencari tukang yang handal. Seorang tukang yang sudah profesional di bidangnya akan bisa membuat desain makam hingga mengatasi berbagai macam kendala teknis yang akan mungkin timbul pada saat sedang pembangunan. 

Kita yang awam pun dapat mempercayakan tukang untuk menghitung berapa biaya yang kita butuhkan dengan detail. Termasuk bahan-bahan yang akan digunakan Ia pun dapat memilih segala sesuatu yang mutu dan kualitasnya baik.

3. Gunakan Bahan yang Berkualitas 

Bahan yang berkualitas sangat sangat mempengaruhi kokohnya suatu bangunan yang akan kita dirikan. Bahan-bahan yang berasal dari alam pun memiliki tingkat kualitas yang berbeda-beda. Misalnya ada jenis pasir yang memang sudah cukup halus dan bersih sehingga cukup memudahkan ketika akan dicampur dengan bahan bangunan lainnya tanpa perlu terlalu diayak lagi. Ada pula pasir yang memiliki tingkat kadar air cukup tinggi begitu pula sebaliknya.

Rangka baja yang digunakan pun memiliki ketebalan yang berbeda-beda tentu disesuaikan dengan jenis bangunan yang akan kita buat. 

Sebagai pengikatnya -yang paling penting- ialah penggunaan semen yang bermutu tinggi. Karena kami menetap di Muaradua, kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan maka semen andalan kami ialah Semen Baturaja. Semen cap Tigo Gajah, begitu kalangan awam menyebutnya. Merujuk pada logo semen yang telah begitu melekat di hati masyarakat.

Pembangunan makam akhir Agustus - Pertengahan. September 2022 di TPU Kampung Abadi, Muaradua, OKU Selatan. Foto : dokpri

Untuk pembangunan makam Mama, yang digunakan ialah tipe PCC yaitu semen Portland komposit. Semen jenis ini memberikan kemudahan dalam pengerjaan. Daya rekatnya kuat, cocok untuk semua jenis bangunan karena menghasilkan bangunan yang tidak mudah retak dan mempunyai kekuatan tekan yang baik. Lolos pula standar pengerjaan kementerian pekerjaan Umum dan standar nasional Indonesia SNI nomor 7064 : 2014.

Waknga, Uwak Saya yamg kedua tengah Ziarah Kubur ke Makam Engkong
Foto : dokpri

Kekokohan Semen Baturaja telah dibuktikan, salah satunya dengan keberadaan makam Engkong saya. Dibangun di lokasi pemakaman yang sama pada tahun 1988, makam ini tetap berdiri kokoh selama lebih dari tiga dekade. Bangunan aslinya tetap berdiri dengan baik sebelum dipasangi keramik beberapa tahun yang lalu.

Lebih Jauh tentang Semen Baturaja

Semen Baturaja telah memiliki sejarah yang panjang. Berdiri sejak tahun 1974 di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Perusahaan pernah beberapa kali mengalami pergantian badan usaha, hingga telah menjadi PT Semen Baturaja (Persero) TBK yang melantai di bursa efek sejak tanggal 14 Maret 2013

Kehadiran Semen Baturaja merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Baturaja, dan pada umumnya Ogan Komering Ulu hingga ke Sumatera Selatan. Telah banyak kontribusi yang diberikan dalam bentuk langsung maupun tak langsung. 

Kokohnya bangunan di kawasan Muaradua yang dahulunya merupakan bagian dari kabupaten Ogan Komering Ulu merupakan bukti nyata. Padahal wilayah kami cukup sering terdampak gempa bumi meski intensitasnya tidak tidak berat karena cukup jauh dari pusat magnitudo goncangan.

Rekaman Pusat Kota Muaradua, daerah Pasar Ilir yang Bangunannya berdiri kokoh berkat Semen Baturaja

Saat ini produksi terak masih berpusat di Baturaja, dengan bahan baku berupa batu kapur dan tanah liat yang berasal dari daerah tersebut pula. Untuk meningkatkan proses penggilingan dan pengantongan dilakukan di tiga lokasi yaitu Pabrik di Baturaja, Palembang dan Panjang.

Produk yang dihasilkan, yaitu :

Kemudian produk didistribusikan langsung oleh PT. Batu Raja Multiusaha, yaitu anak perusahaan Semen Batu Raja. Melalui jaringan distribusi yang solid mencakup seluruh wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Terdiri atas Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu dan Lampung.

Khusus daerah kota Palembang dan Bandar Lampung, akses pembelian semakin mudah melalui official store Semen Batu Raja di e-commerce Tokopedia. Diharapkan dengan perluasan wilayah pemasaran ini maka semakin banyak yang bisa merasakan manfaat semen Baturaja.

Ohya, Semen Baturaja sering bertindak sebagai sponsor di berbagai kegiatan yang berlangsung di kawasan ini. Sumbangsih lain dalam pembayaran pajak, retribusi, perekrutan tenaga kerja, kemitraan dengan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), dan bina Lingkungan bagi masyarakat sekitar pabrik.

Kerennya lagi Semen Baturaja telah melakukan banyak inovasi. Selaras dengan mewujudkan visi menjadi Green Cement Based Building Material Company terdepan di Indonesia, saat ini perusahaan  mengoptimalkan penggunaan batubara low calorie, alternative material dan alternative fuel

Gebrakan lain untuk meningkatkan kepercayaan konsumen diantaranya memfasilitasi Whitsleblowing system. Dimana Kita bisa melaporkan perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk.

1. Daftarkan diri terlebih dahulu dengan memilih sign up. Setelah mengisi data di form registrasi, maka langkah selanjutnya kita harus mengaktivasi akun dari email yang kita daftarkan

2. Login ulang dengan akun yang telah didaftarkan

3. Laporkan kejanggalan yang diduga pelanggaran melalui menu "kirim laporan". Lengkapi dengan mendasari pada 4W1H, yaitu :

What : Pokok pengaduan yang ingin diungkapkan

Who : Orang yang dilaporkan dan pihak yang terlibat

Where : Lokasi/unit tempat terjadinya pelanggaran.

When : Waktu terjadinya pelanggaran

How : Penjelasan bagaimana terjadinya pelanggaran disertai bukti pendukung.

❤️❤️❤️❤️

Alhamdulillah, makan Mama akhirnya selesai. Pastinya kuat dan tahan lamo berkat Semen Baturaja.





Tulisan ini dibuat untuk meramaikan #SMBRBLOGCOMPETITION2022

Sumber tulisan : tangkapan layar website https://semenbaturaja.co.id/ dan Instagram Semen Baturaja, diakses pada tanggal 19 September 2022.