List Bawaan Saat Bepergian, Dari Yang Wajib sampai 10 Perintilan Wajib Banget Ada

List-bawaan-saat-bepergian


MashaAllah, setelah kurang lebih dua tahun tidak bepergian, Alhamdulillah Saya diberi kesempatan kembali mengeluarkan koper dan ransel.

Meski bukan travelling dengan tujuan liburan yang fun semata, mempersiapkan perjalanan tetap membuat Saya bersemangat. Terisnpirasi oleh seorang teman Travel Blogger Medan, segala sesuatu yang penting, tentunya sudah dipersiapkan secermat mungkin.

List Bawaan Wajib Saat Bepergian

Tas / Koper / Ransel

Tergantung destinasi dan keperluan. Saya dan suami lebih memilih membawa satu ransel dan satu koper ukuran sedang atau tas kanvas ringan untuk menyatukan bawaan kami. Biasanya ditambah satu tas untuk keperluan anak. Siapkan juga pouch anti air untuk membawa paakaian dalam, toiletries , dan lain sebagainya.

Pakaian

Tentu menyesuaikan dengan tujuan perjalanan dan kepribadian. Ada yang menyiapkan secara detil perhari bahkan matching dengan keluarga atau teman perjalanan. Yang suka travel light, mungkin adalah orang yang bisa menggunakan kostum secara berulang. Karena saya gampang keringetan, jadilah Saya tim selalu sedia pakaian ekstra. Bermanfaat dikala tidak bisa mencuci pakaian di lokasi baik karena akomodasi tidak memiliki layanan laundry atau alasan lainnya.

Toiletries dan Make up 

Saya tim no dandan ya, jadi saat bepergian biasanya hanya membawa basic skin care dan make up. Saya siapkan dalam kemasan kecil, bisa juga pindahkan dulu ke dalam botol bening ukuran kecil yang bisa di beli di toko khusus cewek seperti Naughty atau di Minisoo.

Obat-obatan

Saya punya alergi, jadi sebisa mungkin obat penangkal selalu tersedia. Saya juga membawa P3K sederhana, misal salep luka dan band aid.

Uang Tunai dan Saldo e-banking / wallet

Siapkan di tempat aman dan bila membawa uang tunai, jangan letakan hanya di satu tempat saja. Sementara di era serba digital saat ini e-wallet bisa digunakan untuk membayar tiket perjalanan dengan MRT /LRT, taksi online, layanan pesan antar hingga bermacam transaksi lain.

Dokumen

Pastikan identitas diri, termasuk paspor dan visa bila berlibur ke luar negeri disiapkan dan simpan secara aman. Jika hanya kunjungan dalam negeri dan berencana menginap di hotel syariah, bawalah kartu keluarga atau fotocopy buku nikah.

Gadget dan Penunjangnya

Power bank, charger, headset atau headphone sebaiknya disimpan dalam tempat khusus. Selain agar tetap terjaga, supaya lwbih mudah ditemukan saat dibutuhkan.

Alat Ibadah

Sebagai seorang wanita yang hijabnya kadang belum Kaffah, saya merasa masih memerlukan seperangkat mukena untuk shalat. Sekalian bawa sejadah ukuran travel.

Keperluan Anak

Bila membawa anak, persiapkan segala keperluannya, misal bagi yang masih mengASIhi bawalah apron menyusui; bahan dan peralatan MPASI termasuk sterilizer bila perlu; segala aneka perintilan lain yang sekiranya dibutuhkan dan dipastikan harus tersedia dalam waktu singkat 

Nah, selain hal-hal penting tadi, ada beberapa perintilan kecil yang kadang rasanya tidak penting, namun nyatanya sering dibutuhkan dalam perjalanan

1. Peniti

Sebagai wanita berhijab, peniti selalu saya sediakan sebagai cadangan apabila saya kehilangan jarum pentul atau pin penghias hijab. Peniti juga sangat diperlukan saat ada 'kecelakaan' dengan pakaian

2. Karet Gelang

Penting saat karet rambut terselip atau untuk mengikat sisa cemilan agar tidak berantakan.

3. Kantong Plastik

Sediakan dalam berbagai ukuran. Bermanfaat sebagai tempat pakaian kotor dan tempat sampah sementara.

4. Cotton Bud

Selain fungsi utamanya untuk membersihkan, cotton bud juga bermanfaat saat bermakeup.

5. Hanger / Gantungan Baju

Penting untuk menggantung pakaian yang mudah kusut atau mengeringkan pakaian sementara. Sekarang banyak yang berukuran kecil bahkan ada yang bisa dilipat.

6. Snackbar atau Cemilan Mengenyangkan Lain

Pengalaman delay maskapai penerbangan legendaris hingga berjam-jam membuat saya bersyukur selalu menyetok cemilan mengenyangkan di dalam tas. Benar, ada kewajiban bagi maskapai penerbangan untuk menyediakan snack berat hingga hidangan lengkap apabila delay melewati waktu tertentu, tetapi bagaimana jika perjalanan melalui jalan darat, katakanlah kendaraan yang kita tumpangi mengalami malfungsi di in the middle of nowhere.

Tanpa kepastian kapan akan bisa melanjutkan perjalanan, ada sedikit ganjelan perut akan membuat keadaaan menjadi lebih baik.

7. Botol Minum

Bila destinasi tujuan bukanlah daerah yang airnya bisa langsung diminum saat buka keran, pastikan sediakan botol minuman.

Percayalah, membeli air mineral di negara tetangga saja harganya selangit. Pun di Indonesia sendiri, bila ditotal untuk memenuhi kebutuhan cairan sekitar 2 liter sehari, maka kita harus menyediakan budget khusus. 

Tetap terhidrasi adalah salah satu kunci sukses agenda jalan-jalan bisa sesuai planning.

8. Tissue Basah dan Tissue Kering

Meski mudah ditemukan, bawalah selalu kemanapun. Apalagi bila sudah memiliki anak, keduanya sangat berguna.

9. Uang Receh

Mulai dari untuk membayar toilet umum, jajan, wah recehan sangat dicari.

10. Hand Sanitizer

Sejak pandemi melanda, selain masker, hand sanitizer adalah barang yang wajib kita bawa kemanapun. Pilih yanv kemasannya kecil dengan hasil akhir tidak terlalu lengket ditangan.

Itulah list barang bawaan wajib dan perintilan ekstra yang selalu Saya bawa saat bepergian. Kalau teman pembaca, biasanya bawa apa aja, nih?