Kehadiran Musik dan Lagu Memperkaya Dunia

 

Musik merupakan salah satu rangkaian suara indah tertata yang terdiri dari beberapa unsur yakni melodi, ritme, dan harmoni. Tentunya unsur alat musik berada didalamnya seperti gitar, piano, bass, keyboard dan lain sebagainya. Keberadaan musik membuat dunia ini tidak sepi, dan musik juga bisa menjadi sarana berekspresi dari perasaan.

Fungsi dan Manfaat Musik dalam Kehidupan

Musik Sebagai Sarana Hiburan

Dalam faktanya keberadaan musik telah banyak menjadi sarana hiburan bagi orang-orang yang memainkannya maupun mendengarnya. Mereka yang berinteraksi dengan musik seakan terlarut dalam kegembiraan, maka dari itu tak heran bila dalam acara tertentu biasanya diselipkan ajang musik.

Bagi penggemar musik tertentu misalnya para fans Kpopers seperti seorang Rani Noona, mendengarkan musik yang disukai akan menambah satu dari list dalam jurnal syukur pribadi.

Musik Sebagai Sarana Adat Istiadat

Pada bebeapa acara adat istiadat, musik selalu hadir mengiringi. Hal itu terlihat dibeberapa helatan seperti upacara adat, acara pernikahan, dan bahkan acara sakral.

Musik Sebagai Sarana Komunikasi

Musik bisa dijadikan sarana komunikasi dan dakwah oleh beberapa tokoh sebagai salah satu contoh H.Rhoma Irama. Pak Haji selalu menyelipkan dakwah pada saat acara-acara musiknya.

Perbedaan Musik dengan Lagu

Musik dan lagu merupakan dua hal yang selalu saling seiring melengkapi. Lagu merupakan suara yang berupa lirik sedangkan musik yang terdiri dari unsur ritme, nada, harmoni tanpa lirik. 

Baca juga : Lagu Yang Memotivasi

Lagu-Lagu Tahun 90an Yang Masih Populer

Sebagai anak yang sudah memasuki masa ABG di era 90an, Saya yakin lagu-lagu tahun 90an merupakan salah satu generasi lagu terbaik di Indonesia. Banyak karya-karya lagu yang hingga kini masih sering didengarkan bahkan dinyanyian ulang seakan tanpa ada fase bosan. 

Buat Saya, mendengar lagu tahun 90an seakan kembali ke masa lalu bagi orang-orang yang pernah melewati masa itu. Lirik-liriknya yang beragam dan indah berisi tentang lagu motivasi, lagu gembira, lagu kenangan, lagu cinta, masih sering kita dengar hingga saat ini.

Berikut daftar Band tahun 90an yang berhasil hits dan masih eksis.

Sheila on 7, Band ini masih ada hingga saat ini bahkan lagu-lagunya sering dijadikan soundtrack dibeberapa sinetron.

Padi, Band ini masih eksis sampai sekarang terakhir salah satu lagu terbarunya dijadikan soundtrack film Ikatan Cinta.

Dewa 19, Band yang digawangi oleh Ahmad Dhani menjadi salah satu band ternama hingga saat ini. Lagu-lagunya yang hits di tahun 90an seperti Kirana, Kamulah Satu-satunya, dll.

Kahitna, Band asal Bandung ini populer dengan lagu-lagu romantisnya. Band ini dimotori oleh Yovie Widianto yang masih sering eksis hingga sekarang.

Belajar Musik

Zaman dulu untuk belajar musik harus kursus secara offline, berbeda dengan sekarang kita sangat dipermudah oleh kemajuan teknologi sehingga belajar musik bisa dengan internet dan diakses dimana saja. Terlebih sekarang ada media Youtube yang mempermudah banyak hal. Walaupun begitu keberadaan kursus musik tetap diperlukan seperti contoh Yamaha Musik Course yang sudah lama ada di Indonesia yang mencetus lulusan siswa terbaik di bidang musik. 

Belajar instrument alat musik semakin mudah dan cepat menjadi professional dikemudian hari. Alat musik yang biasanya banyak dipelajari ditempat kursus seperti Gitar, Piano, dan Drum. Selain itu banyak juga orang-orang belajar vokal agar menjadi vokalis yang bertalenta.

Rekomendasi Alat Musik

Alat musik Yamaha merupakan salah satu yang direkomendasikan karena terbukti telah menjadi salah satu alat musik yang dipercaya para professional di dunia seni. Alat musik Yamaha antara lain, Piano, Keyboard, Gitar, Drum, dan lain-lain.

Kita bisa memilih alat musik sesuai level baik dari pemula sampai tingkat mahir. Pastikan untuk membeli alat musik Yamaha dari dealer-dealer resmi Yamaha agar mendapatkan alat musik yang berkualitas dan original.

Demikian ulasan mengenai musik mulai dari definisi, lagu-lagu hits, sampai alat musik dan tempat kursus musik.