Cara Hilangkan Bau Badan Dahsyat

 Berkali-kali Saya lihat Ia berusaha mengelap dahinya. Keringat sebesar biji jagung menetes disana

Dengan wajah tertunduk, terlihat pikirannya sedang berkecamuk. Dalam hitungan detik seragam sekolahnya basah akibat peluh. Disusul dengan menguarnya aroma tajam, campuran minyak wangi dan bau badan membuat Saya selaku guru yang sedang menguji ikut prihatin padanya.

Kita panggil saja Ia Nathan.

Seorang siswa yang dari segi usia paling tua diangkatannya. Sikapnya pemalu dan terlihat kurang percaya diri. Meski teman-temannya kadang memggoda, sebenarnya mereka berusaha membantu Nathan baik dibidang akademis dan non-akademis bahkan dalam pergaulan sehari-hari.

Saya merasakan empati yang besar , karena ketika melalui masa pubertas, Saya pun mengalami masalah mirip. Keringat Saya termasuk banyak dan mudah beraroma tidak sedap. Aktif berkeringat membuat daerah keti jadi lebih cepat basah. Ditambah bakteri jadilah aromanya dahsyat. 

Dari percakapan Saya dan Ibunya Nathan, diketahui bahwa Nathan sejak kecil memiliki keringat yang berlebihan. Dampaknya Ia bau badan dan menarik diri pergaulan. 

Flashback kenangan saya saat menjadi guru tersebut membuat saya tergerak menuliskan perjuangan saya selama ini berkaitan dengan bau badan. 

Cara Menghilangkan Atau Mengurangi Bau Ketiak

Dari pengalaman, cara hilangkan bau badan yang efektif :

1. Mandi Secara Teratur

Mandilah sekurang-kurangnya dua kali dalam sehari -Saya malah bisa lebih karena tiap mau pergi ataupun pulang dari suatu kegiatan.

 Dengan mandi keringat akan terbasuh dan bakteri yang ada akan berkurang. Gunakan air yang mengalir dan pilih sabun antiseptik atau sabun mandi yang memiliki daya bersih baik. 

Perhatikan pula ketika selesai mandi keringkan tubuh dengan seksama. Karena kulit yang lembablah yang disenangi bakteri penyebab bau badan. Sebaiknya tepuk kulit dengan handuk yang lembut. Hindari menggosok terlalu keras karena malah akan membuat iritasi.

2. Jaga Kebersihan Ketiak

Selain mandi, ketiak juga harus mendapat perhatian khusus. Hilangkan rambut yang tumbuh melalui beberapa alternatif, yang tentunya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing :

A. Dicukur atau Digunting

Pengerjaan cepat, mudah dilakukan kapan saja. Rambut tidak tercabut hingga akar, sehingga lebih cepat tumbuh lagi. Tumbuhnya pun berisiko masuk ke dalam kulit (ingrown hair). Ada juga yang mengeluhkan ketika tumbuh, rambut akan lebih lebat dan terasa lebih kasar. Permukaan kulit yang dicukur pun berpeluang menghitam akibat iritasi.

B. Dicabut Dengan Pinset

Berisiko menimbulkan chicken skin, atau yang lebib parah berdarah saat dicabut. Banyak orang yang memilih tetap mencabut karena rambut ketiak akan tumbuh lebih lama. Sebanding dengan effort tenaga dan waktu yang harus diluangkan.

C. Waxing

Bisa oleh tenaga profesional atau dengan membeli sendiri lilin waxing, yang pasti harus mampu menahan rasa sakitnya. Saat plaster yang diempeli wax dicabut, rasa perihnya akan semakin terasa dikulit ketiak yang lebij tipis.

D. Hair Removal Treatment

Saat ini semakin banyak klinik yang menawarkan hair removal treatmen. Metodenya antara lain dengan menembakkan laser pada folikel rambut ketiak. Sehingga dampaknya lebih jangka panjang.

Silahkan cek  biaya dan segera buat janni temu di klinik hair removal terdekat.

3. Gunakan Bahan Pakaian Menyerap Keringat

Bahan pakaian yang terbuat dari katun lebih menyerap keringat. Sementara bahan polyester membuat baju menjadi basah dan menimbulkan aroma yang lebih tajam 

4. Hindari Stress

Faktor stress sangat berpengaruh.  Ketika kita merasakan tekanan tubuh akan melepaskan hormon kortisol, adrenalin dan  hormon lain sebagai respon alami tubuh. Akibatnya tubuh meningkatkan suhu dan mendorong keringat yang dihasilkan lebih banyak

5. Perhatikan Asupan Makanan

Ada beberapa asupan makanan yang dipercaya meningkatkan aroma tubuh, begitu pula sebaliknya. 

6. Gunakan Deodoran yang Tepat

Deodorant yang tepat akan mampu mencegah bakteri penyebab bau badan beraksi.

7. Bantuan Medis

Bila dirasa sudah sangat mengganngu, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

❤❤❤

Demikianlah sekelumit pengalaman ⁿ dealing with body odor. hehehe. Kalau teman teman punya pengalaman serupa, yuk kita sharing dk kolom komentar.