Tips Awet Muda ala Alaika Abdullah

 


Sewaktu saya mulai terjun di dunia blogging beberapa tahun lampau, ada salah satu nama blogger yang sempat saya notice, yaitu Alaika Abdullah. Blognya yang bertajuk "My Virtual Corner" cukup sering saya sambangi meski sebagian besar hanya sebagai silent reader.

Saat itu, beliau bergabung di sebuah komunitas Blogger Perempuan dan aktif sebagai manajer komunitas. Jadi cukup sering berinteraksi dengan para anggota. Ditambah, Mbak Alaika juga aktif di berbagai platform sosial media. Akun beliau diikuti banyak orang yang ingin mendapat insight darinya.

Sepak terjangnya di dunia blogger dan literasi digital memang cukup mumpuni. Pengakuan datang dalam bentuk popularitas, deretan penghargaan juara lomba  menulis blog, Srikandi Blogger dari Kumpulan Emak Blogger hingga dipercaya menjadi seorang narasumber literasi digital di Program Nasional Literasi Digitalnya Kominfo, sejak 2021 hingga saat ini.

Lama vakum ngeblog, ketika kembali ke blogging, pertengahan tahun ini saya bergabung ke komunitas Happy Blogging yang digagas beliau. Selain, itu beliau Mbak Al -begitu panggilan akrabnya- juga menginisiasikan komunitas stayyoungandgorgeus. Sekaligus menjadi coach dibidang empowerment, praktisi bersertifikat dari Metode BARS untuk menganalisis penilaian kinerja karyawan, jago ngedesain di Canva dan aktif di banyak kegiatan positif lainnya.

Yang  saya tidak sangka ialah usia Mbak Alaika. Tadinya saya pikir beliau sepantaran saya atau hanya berselisih beberapa tahun diatas. Ternyata, beliau sudah melewati golden age. Dengan penampilan fisik yang berani diadu -dalam arti harfiah, Mbak Alaika kerap ngestich video Tiktok orang lain yang membagikan usianya. 

Wah, berarti selisihnya lebih dari lima belas tahun dari Saya sendiri? Tapi, koq tanda aging di saya malah lebih banyak nih?

*Auto ngaca Hoahaha *

Apa Sih Rahasia Awet Muda Mbak Alaika Abdullah?

Hemh, berdasarkan penelusuran saya pada sosial media dan blognya ada beberapa tips yang wajib banget ditiru 

1. Tanamkan Mindset Awet Muda

Saat ditanya berapakah usiamu bagaimanakah kamu menjawabnya? Terutama dalam percakapan berbahasa Inggris ya.. 

Sebagian besar dari kita maka akan menjawab sesuai dengan apa yang kita pelajari selama ini misalnya "I'm 25 years old". Tentu tidak ada yang salah, di sini kata old mengacu pada usia meskipun 25 tahun bagi sebagian orang masih dianggap sebagai usia muda. 

Menariknya, Mbak Alaika selalu mendeskripsikan dirinya sendiri sebagai 50+ young lady. Cara pandang ini sekaligus menanamkan mindset bahwa berapapun usianya kita tetap bisa terlihat dan berjiwa muda.

2. Hidup Bahagia dan Selalu Bersyukur

Mbak Alaika memiliki morning routin yang secara selaras menjaga kesehatan jiwa dan raga. Goalnya tentu persiapan yang mampu mendukung keseharian menjadi lebih happy.

Pertama-tama setiap terbangun dari tidur di pagi hari, selalu mengucapkan syukur kepada Allah SWT, Sang Pencipta. Rasa syukur yang paling utama ialah masih diberikan kesempatan untuk hidup dan beraktivitas bagaimana biasanya di hari tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan inhale dan exhale beberapa saat. Agar energi dari alam semesta lebih terserap secara utuh maka Mbak Alaika melanjutkan dengan grounding to earth. Satu teknik yang sudah lama saya dengar namun belum pernah saya praktekkan sendiri. 

Intinya kita berusaha untuk menyatukan diri dengan bumi sambil menyerap energi sekaligus mengucapkan rasa terima kasih kita terhadap kontribusinya terhadap kehidupan kita.

Langkah selanjutnya sebagai seorang wanita kelahiran Aceh yang taat tentu saja Mbak Alaika menunaikan ibadah Salat Subuh. Dilanjutkan dengan berdoa secara lebih panjang dan khusyuk.

Kemudian beliau menyempatkan diri untuk melakukan meditasi dan memberikan afirmasi positif bagi dirinya. Menurutnya kegiatan ini bisa menarik energi dari alam semesta kemudian memproyeksikannya kepada hal-hal yang ingin Ia raih.

Baru kemudian beranjak ke dapur untuk mempersiapkan sarapan favorit yang penuh energi. 

3. Rutin Berolahraga

Meski mengakui tidak terlalu menyukai kegiatan olahraga, Mbak Alaika sudah lama menyadari bahwa kita berolahraga karena membutuhkannya.

Selain mengkhususkan kegiatan olahraga di pagi hari ketika sedang melakukan suatu kegiatan liburan seperti staycation kadang kala Mbak Alaika terlihat berjalan-jalan seputaran lokasinya menginap. Pantas saja meski kesibukannya padat, Ia terlihat selalu fit.

4.  Lakukan Perawatan Wajah dan Tubuh

Cek deh Tiktok dengan username beliau. Di platform tersebut Ia sering sharing bagaimana menjaga kecantikan dari yang paling simple misalnya melakukan face message sendiri, bermasker hingga saat mengikuti facelift akupuntur yang ditangani profesional. 

Seni akupuntur sendiri memang telah dipercaya sedari dulu mampu meningkatkan vitalitas seseorang. Tapi bersedia memasang jarum akupuntur di bagian wajah saya akui another level of bravery. 

Bayangan untuk melihat secara jelas bilah-bilah jarum yang terpasang mendekati area mata kita sungguh membuat saya bergidik ngeri, lho Hoahaha

Hebatnya Mbak Alaika ikut mengambil sertifikasi di bidang facelift akupuntur ini. Sungguh multitalenta ya..

❤️❤️❤️❤️

Bagaimana, adakah diantara teman-teman yang sudah menjalankan tips yang dianjurkan oleh Mbak Alaika? Sudah terbukti bisa mempertahankan kecantikan serta jadi awet muda lho. Saya sih menjadi lebih termotivasi ya untuk melakukan morning rutin seperti Mbak Alaika serta berolahraga.