10 Sayuran Paling Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan

 

Mie jiwa pagi

Sudah di tahap insecure dengan perut buncit dan hidung yang tenggelam karena pipi yang membesar? Segera ubah porsi dan menu makan! Percuma saja bila porsi makan sudah dikurangi tapi masih suka mengkonsumsi makanan berminyak.

So, sebaiknya ganti menu tidak sehat yang biasa kita konsumsi dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Ini penting, biar pencernaan lancar sehingga lemak di tubuh pun cepat terbakar. 

Nah, kalau penasaran jenis sayuran apa saja yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat, silahkan simak beberapa daftarnya berikut ini. 

• Kembang Kol

Kembang kol merupakan sayuran paling rekomended untuk menurunkan berat badan. Tak cuma serat, kembang kol juga tinggi air sehingga sangat cocok untuk mengenyangkan perut dalam jangka lama. 
Mengkonsumsi kembang kol secara rutin mampu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas, lho. 

• Labu Kuning

Konsumsi labu kuning di Indonesia tak hanya untuk menu makanan sehari-hari. Lebih dari itu, labu kuning juga digunakan sebagai menu khusus yang ada saat bulan Ramadhan. 
Nah, ternyata labu kuning sendiri sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ini karena kandungan serat yang ada di dalamnya sehingga cocok dipakai sebagai makanan diet. 

• Kubis

Kubis adalah salah satu sayuran yang disebut bermanfaat untuk kesehatan. Ada banyak nutrisi yang ada di dalam kubis, diantaranya adalah serat, vitamin C, vitamin K, kalsium dan masih banyak lagi. 
Cukup baik untuk membantu menurunkan berat badan, kubis juga sering dibuat sebagai bahan beberapa masakan Indonesia seperti gado-gado hingga karedok. 

• Timun Jepang

Berbeda dengan timun lokal, timun Jepang memiliki bentuk yang lumayang memanjang dan kecil. Biasanya, orang-orang menyebut timun ini dengan Zucchini. Akan tetapi, secara rasa timun jepang hampir mirip dengan melon dan labu. 
Buat kamu yang hendak menurunkan berat badan, bisa mengkonsumsi timun Jepang yang mengandung sekitar 45 kalori saja. 

• Selada

Guna mencapai berat badan ideal, kamu bisa mengkonsumsi daun selada secara rutin. Daun selada termasuk salah satu sayuran rendah lemak yang mampu membantu mensukseskan program diet. 
Kita bahkan bisa menggunakan daunnya sebagai snack. Cukup jadikan salad dengan memotong selada kecil-kecil dan campurkan dengan madu atau yogurt.

• Kacang Polong

Ada beragam manfaat kacang polong untuk diet, salah satunya untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat dan protein yang tinggi pada kacang polong berguna memberikan rasa kenyang lebih lama. 
Nah, dengan kelebihan ini maka kita pun bisa tercegah dari mengkonsumsi makanan dalam porsi berlebihan. 

• Bayam

Sayur bayam yang menyegarkan mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Penelitian pun telah membuktikan kelebihannya dalam mengurangi risiko penyakit jantung serta menurunkan tekanan darah. 
Menurut penelitian juga, bayam menempati urutan pertama daftar sayuran hijau paling cepat dalam menurunkan kelebihan berat badan, lho. 

• Wortel

Kalau kamu sedang diet, usahakan memasukkan wortel ke dalam daftar menu penurun berat badan. Kamu bisa menjadikan sayuran yang satu ini sebagai jus dan diminum setiap hari. 
Bonusnya, mengkonsumsi wortel setiap hari membantu meningkatkan kualitas kesehatan mata. Ini karena adanya Alfa Karoten dan Beta Karoten di dalamnya. 

• Brokoli

Brokoli termasuk salah satu sayuran yang cocok untuk mencegah lapar. Mengkonsumsinya di pagi atau siang hari membantu menunda lapar sehingga proses diet kamu berjalan lebih lancar. 
Senyawa fitokimia di dalam brokoli pun membantu memaksimalkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Kamu bisa mengukus brokoli ketimbang menggorengnya supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga. 

• Sawi Putih

Mencari sayuran dengan harga tak terlalu mahal tapi cocok sebagai menu diet? Bisa pertimbangkan sawi, nih. Dengan harga beli cuma dua ribu rupiah perikatnya, sawi bisa kamu masak sebagai makanan diet terbaik. 
Kandungan air di dalam sawi lumayan banyak dan memiliki nutrisi penting yang melimpah. Sawi pun bisa kita masak dengan banyak cara, mulai dari dibuat salad, dikukus atau dipanggang. 


Tak Suka Sayur Tapi Ingin Berat Badan Turun? Ini Solusinya

Menurunkan berat badan bagi kamu yang tak suka sayur memang jadi tantangan sendiri. Jika sudah mencoba berbagai cara agar suka dengan sayur tapi tetap tidak bisa bersahabat dengannya, kamu bisa mencoba alternatif lain, nih. 

Misalkan dengan mencoba makanan tanpa MSG lain semacam Mie Jiwa Pagi. Ini adalah mie instan sehat dengan kandungan vitamin yang sangat lengkap. Produk ini bisa jadi alternatif terbaik buat kamu yang nggak terlalu suka sayur. 

Nah, bahan pembuatan mie ini adalah sayur-sayuran sehingga kamu bisa mendapatkan nutrisi yang hampir sama dengan mengkonsumsi sayur pada umumnya. 

Mie Jiwa Pagi adalah Mie Tanpa MSG yang sangat aman untuk tubuh. Mengkonsumsinya tidak akan menimbulkan komplikasi masalah kesehatan, kok. 

Jika tertarik beli Mie Jiwa Pagi, bisa checkout lewat e-commerce atau warung-warung terdekat. Harga Mie Jiwa Pagi hanya Rp 3.500 saja untuk seluruh varian. Tersedia rasa Ayam Bawang, Mie Goreng dan Soto Seger, dijamin nikmat!