Review Secret Garden Bali Frangipani Nourishing Body Lotion




Hai Assalamu’alaikum

Perjalanan Mencari Body Lotion Idaman


Sejak kecil, saya sangat tomboy, tidak tertarik dengan segala hal tentang perempuan. Terlebih bersolek, mau berangkat ke sekolah, pakai bedak pun hanya ketika disuruh Ibu. 

Ketika remaja, satu-satunya perawatan yang saya miliki adalah pembersih wajah alias facial wash itu pun dari brand masih saya gunakan hingga saat ini. Saya tidak memakai skin care maupun make up sama sekali hingga memasuki usia kuliah. 

Pembelaan saya adalah sebagian besar karena faktor genetis, Alhamdulillah kulit tubuh, wajah hingga ke rambut saya tidak terlalu membutuhkan perhatian khusus. Ya, adalah jerawat semasa puber namun hilang dengan sendirinya. Di samping itu saya sangat menyukai perawatan yang bersifat tradisional. Jadi semasa remaja Saya cukup mengoleskan bahan-bahan herbal seperti lidah buaya, jeruk nipis membuat masker dari bengkoang, madu dan lain sebagainya.

Ohya, ada kisah lucu saat kuliah, akhirnya saya merasa membutuhkan hand and body lotion. Bukan untuk melembabkan kulit saja tetapi untuk dioleskan di bagian telapak kaki. Ini merupakan salah satu kebiasaan buruk saya yang terbawa sejak kecil, mengoleskan belsem sebelum tidur, terutama di telapak kaki.

Sayangnya, semasa sering melakukan pekerjaan kelompok, teman-teman yang datang ke kamar kosan saya merasa terganggu dengan aromanya mereka bilang “Ih, kayak bau nenek-nenek”.  Alhasil saya beralih ke body lotion. Karenanya Saya suka lotion yang rich and super creamy.

Awalnya saya cocok dengan Dove body lotion. Saya biasa beli di supermarket di kota tempat menetap kedua orang tua saya. Supermarket itu produk dari safu brand yang dijual biasanya terdapat dua macam, yaitu produk yang sudah asli dibuat di Indonesia ataupun produk yang masih berupa barang impor terutama dari negeri Jiran. Nah, Dove versi luar ini terasa lebih creamy.

Setelahnya, Saya sempat bergonta-ganti lotion. Ada satu yang sangat saya sukai, baik dari tekstur maupun daya tahan dan aromanya yaitu Sephora. Tapi ya itu, belinya ribet harus lewat jastip dan harganya tidak bersahabat untuk kantong.

Kemudian, saya cukup lama menggantikan body lotion dengan body butter dari The Body Shop. Variannya berganti-ganti antara yang strawberry atau lainnya yang sedang diskon hehehe.

Perjalanan saya mencari lotion yang saya suka kembali terhalang ketika saya menikah dengan suami saya dan pindah ke suatu pulau imut. Meski sama-sama masih terletak di kepulauan Riau dan juga berbatasan dengan negeri Jiran pilihan yang ada sangat terbatas.

Jadilah saya kembali menggunakan brand yang lebih mudah didapatkan. Biasanya saya memilih produk yang dikhususkan untuk kulit kering meskipun sebenarnya kulit saya sendiri cenderung lembab dan oily. Salah satu yang sering cukup sering saya beli adalah Love, Beauty and Planet.

Anehnya setelah saya pindah kota ke Muaradua, produk Love, Beauty and Planet di dua jaringan minimarket kenamaan, seringkali out of stock. Mungkin karena sedikit yang beli. Mau beli online pun, tarif ongkos kirimnya cukup tinggi.

Akhirnya, akibat keseringan melihat konten “A Day in My Life” para influencer, Saya tertarik untuk mencoba suatu produk lotion lokal yang diklaim memiliki bahan-bahan alami dengan khasiat yang mendekati The Body Shop. Waktu itu penawarannya berupa combo Lotion dan Body Scrub Gel dengan harga yang cukup bersahabat di kantong melalui e-commerce orange dan gratis ongkir.

Secret Garden Bali Frangipani


Berbasis di Bali, lebih tepatnya di Tabanan, Secret Garden ialah brand yang mengedepankan kearifan lokal. Mengusung konsep natural, bahannya diambil dan terinspirasi dari kekayaan alam Bali dan Indonesia pada umumnya.

Secret Garden ini diluncurkan berpasangan, Body Lotion dan Scrub Gel, dengan memiliki empat varian yaitu : Balinese Oryza, Bali Frangipani, Lush Rose dan Green Tea.

Saya mengikuti kata hati dan memilih Bali Frangipani meskipun kecenderungan Saya biasanya menyukai sesuatu yang berwarna pink, sementara ini didominasi Kuning.

Pertama kali datang, saya sempat khawatir karena pengiriman tanpa menggunakan kardus tambahan. Jadi hanya berupa dua botol dililit dengan isolasi plastik dan bubble wrap. Ternyata masih aman karena kemasan terbuat sepenuhnya dari botol jenis PET. Sayang belum ada keterangan apakah menggunakan jenis plastik yang lebih mudah terurai. Pun tidak ada keterangan mengenai daur ulangnya.

Kesan berikutnya ialah kemasannya yang berukuran 250 ML cukup gemoy. Tapi karena bentuknya tidak meninggi jadi masih pas dimasukkan ke dalam pouch travelling berukuran sedang.



Lotionnya juga langsung dilengkapi dengan pump, sehingga memudahkan kita dalam menggunakannya plus dilengkapi juga dengan cincin pengaman agar tidak mudah terpencet sendiri terutama apabila dimasukkan ke dalam tas.

Tekstur lotion cukup rich dan creamy namun tetap mudah meresap di kulit. Dan tidak menimbulkan sensasi lengket yang berlebihan. Coverage-nya pun cukup baik sehingga kita tidak perlu menggunakan produk dengan terlalu banyak. Alhasil lotion saya cukup awet.


Aromanya segar dan menenangkan. Didominasi dengan wangi Bali Frangipani atau Kamboja Bali, yang memang memiliki keistimewaan bunganya akan rontok sendiri meskipun masih segar dan wangi.

Second layer fragrance beraroma kayu-kayuan. Suami saya pun terkadang masih mau menggunakan lotion ini tidak terlalu feminim. Vibesnya serasa sedang bersantai di tepi pantai. Harumnya pun cukup tahan lama.



Berbahan dasar utama aqua alias air, diperkaya dengan :
Ekstrak Frangipani : antioksidan natural yang akan melindungi kulit dari polusi. Kandungan Vitamin E dan Emoliance akan menimbulkan efek rileks sehingga mendukung regenerasi sel. Pada akhirnya akan meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit kita terasa lebih elastis.
Peptide dan Vitamin C : powerfull meningkatkan kelembaban kulit kulit sensitif serta mengurangi kemerahan.

Terbukti ketika sudah memakai selama kurang lebih sebulanan, regenerasi sel saya berlangsung dengan cukup baik dan kulit saya terasa lebih lembab, kenyal dan terlihat sehat.

Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan Secret Garden Bali Frangipani Nourishing Body lotion.

Satu-satunya hal yang saya sayangkan ialah apabila saya akan repurchase, maka saya terpaksa kembali membelinya melalui jalur online.

Dan alangkah lebih baik jika Secret Garden mau mengurus sertifikasi halal serta mengeksplore lagi poin sumbangsih kepada alam. Agar bisa bersaing dengan The Body Shop.

Bila teman-teman tertarik untuk memperolehnya silakan Googling mencari official store-nya di e-commerce atau sosial medianya ya. Semoga kelak kebih mudah didapatkan pula.

Kalau ada kesempatan, saya akan ulas juga mengenai Body Scrub Gel dari Secret Garden.