Terimakasih Honor Band 5!

 


Hai assalamualaikum

Tema hari ke-10 ialah review gadget

Sebenarnya saya sempat kesulitan, karena bisa dibilang dalam dua tahun terakhir saya tidak mengganti gadget saya berupa ponsel atau laptop.

 Keduanya sebenarnya terbilang cukup lama dan sudah mulai uzur dimakan usia. Doakan saya memiliki rezeki lebih untuk meremajakan keduanya.

Jadi hari ini saya ingin membahas suatu gadget yang saya anggap cukup berjasa. 

Sebuah  smartband keluaran dari Honor bertipe Honor Band 5. SmartBand Ini dirilis pada tahun 2019, dan saya membelinya di penghujung tahuun ketika baru diluncurkan di Indonesia.

Sebagai orang yang hanya membutuhkan perpaduan antara jam tangan dengan penghitung langkah, Saya merasa lebih cocok membeli smartband dibandingkan smartwatch yang harganya berkali-kali lipat lebih mahal. 

Pada saat launching-nya saya tidak ragu untuk membeli karena dua alasan. Yang pertama ponsel saya juga berasal dari pabrikan asal Cina yang sama yaitu Honor, sebuah anak perusahaan dari Huawei. Selama menggunakan ponsel Honor 7x,  Saya cukup puas dengan performanya. Fiturnya sesuai speaifikasi dan daya tahannya cukup mumpuni bahkan kaca bagian luarnya baru retak di tahun ketiga pemakaian, meskipun cukup sering jatuh dari ketinggian. 

Saya berpikir bahwa dengan menggunakan merek dari brand yang sama maka sinkronisasinya pun akan jauh lebih mudah.

Alasan kedua ialah karena Honor Band 5 ada opsi pembelian menggunakan tali berwarna pink, selain navy dan hitam. Yang mana -tau sendiri lah- pink adalah warna favorit saya.

Selain kedua alasan tersebut, ternyata ada beberapa hal yang selama ini membuat saya semakin jatuh cinta dengan Honor Smartband 5.

1. Harga Sesuai Kualitas

Saya saya membelinya melalui official store Honor di salah satu e-commerce yang identik dengan warna merah dan memberikan jaminan pasti ori. Kebetulan, saat itu sedang ada promo launching sehingga tanpa ongkos pengiriman. 

Harganya cukup affordable, ketika datang kita akan dapat satu unit Honor Band 5, strap atau tali yang dapat dipilih antara warna hitam pink atau navy, sebuah kabel USB-a dan dudukan untuk mengechargenya atau port charging.

2. Baterai Cukup Awet dan Mudah Diisi

Dilengkapi dengan baterai berukuran 100 mAh, Saya biasanya hanya mengecharge satu kali dalam rentang waktu sekitar 7 hingga 12 hari, tergantung pemakaian.

Bila saya banyak melakukan koneksi ke ponsel menggunakan bluetooth, maka baterainya memang lebih cepat habis. 

Salah satu cara menghemat baterai, biasanya saya mematikan fitur menerima pesan SMS ataupun Whatsapp melalui smartband

Cara mengisi dayanya pun cukup mudah tinggal sambungkan kabel USB untuk Android ke deck atau dudukan chargernya. Biasanya baterai akan penuh dalam durasi sekitar satu setengah jam saja.

Ini jelas lebih praktis dibandingkan dengan merk smartwatch lainnya yang mana pada saat mengisi daya kita harus melepaskan salah satu tali atau strapnya kemudian baru dicolokkan ke kepala charger ponsel sebagai sumber daya.

Tapi sistem dengan dek charger ini memiliki resiko apabila kita terlupa membawanya pada saat berpergian maka otomatis tidak dapat mengisi daya smart band kita. Ukurannya emang mungil sehingga mudah untuk terselip diantara barang lainnya.

3. Fitur Mumpuni di Kelasnya

Favorit saya ialah ketika terhubung dengan aplikasi Huawei Health, maka tracking olahraga kita dapat dipilih sesuai kebutuhan. 

Ada sepuluh kegiatan olahraga yang dapat di tracing yaitu seperti Outdoor Running, Indoor Running, Outdoor Walking, Outdoor Cycling, Indoor Cycling, Free Training, Indoor Walking, Rowing Machine dan Elliptical Trainer.Apakah olahraga yang kita lakukan berupa jalan atau lari dilakukan secara indoor atau outdoor. 

Laporannya pun cukup baik. Selain peta dan jarak tempuh juga dilengkapi dengan denyut nadi kita,  kecepatan rata-rata dan jumlah langkah. 

Bagi saya Ini sudah lebih dari cukup karena Saya hanya melakukan olahraga untuk bersenang-senang. Itupun hanya jogging atau zumba dan skippingan di rumah saja.

4. Bisa melacak Lokasi Ponsel 

Sebenarnya ini juga merupakan bagian dari fitur. Sebagai orang yang mudah lupa, menemukan ponsel kita saat kita sedang lupa meletakkannya ini terasa sangat membantu.

Selama kedua gawai sedang terkoneksi melalui bluetooth, cukup tap "Find my phone" maka ponsel kita akan mengeluarkan suara “I’m here” beberapa kali dan cukup nyaring

5. Tahan Air

Diklaim bisa bertahan hingga kedalaman air 50 meter, sejujurnya saya belum pernah menggunakan smartband ini untuk berenang.

Tetapi saya cukup sering menggunakannya pada saat sedang memasak dan berwudhu. So far sih setelah tiga tahun pemakaian, masih baik-baik saja tidak ada keluhan.

6. Pilihan Themes Layar yang lumayan banyak

Melalui Aplikasi Honor Heatlh, kita bisa memilih banyak tema. Dari yang gratisan maupun berbayar semuanya lucu.

Ukuran layar yang terbilang imut tidak menyulitkan saat mengoperasikannya. Kecerahannya bisa diatur dan icon setiap fitur mudah dikenali.

7. Pengukur Kadar Oksigen Akurat

Disaat Covid 19 menerjang, pengukur SpO2 bawaan yang paling berguna dan sering saya gunakan. Sekali waktu uwak saya sempat sesak nafas, selama dirawat inap saya memakaikan SmartBand ini untuk terus memantau saturasi Oksigen dalam darah dan memang hasilnya cukup akurat, menyamai alat yang digunakan oleh Rumah Sakit

❤️❤️❤️

Overall, Saya sangat puas menggunakan Honor Band 5. Terimakasih untuk tiga tahunan yang menyenangkan ini.  

Saya juga merekomendasikan untuk membeli smartband dari Honor bagi yang mencari Smartband dengan harga murah namun tetap berkualitas. Saat ini, kita bisa memilih versi yang terbaru yaitu Honor Smartband 6 atau Huawei 7.