4 Kisaran Biaya Liburan di Kota Jakarta

 

Sumber


Bagi masyarakat yang tinggal di luar wilayah Ibu Kota, Jakarta masih menjadi destinasi wisata favorit. Destinasi wisata menarik juga terdapat di Kota Jakarta sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat tersebut. Terlebih lagi saat ini banyak lokasi wisata baru dan hits untuk dikunjungi.  

Contohnya adalah masyarakat dengan tempat tinggal di Surabaya. Bosan merasakan suasana di sana, Kota Jakarta pun menjadi tujuan untuk melepas penat dan sekedar refreshing. Jika ingin berlibur di Jakarta, berikut ini sudah dirangkum kisaran biaya liburan di Jakarta.

Kisaran Biaya Liburan di Kota Jakarta

  1. Biaya Transportasi

Selama di Jakarta, banyak pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan. Nantinya transportasi tersebut berguna untuk memudahkanmu dalam menjangkau lokasi wisata yang diinginkan. Biaya yang dibutuhkan untuk transportasi ini mulai dari tiga ribu rupiah saja. Rincian biaya transportasi tersebut adalah:

  • Kereta Commuter (KAI) memiliki tarif Rp3.000 untuk jarak 25 km pertama, untuk 10 km selanjutnya dikenakan tambahan Rp1.000
  • Busway Transjakarta memiliki tarif bus Rp3.500
  • Mikrotrans: tidak ada biaya atau gratis
  • Transportasi online: sesuai dengan jarak perjalanan

Masing-masing transportasi di atas terdiri dari rute perjalanan tertentu. Jadi kamu harus mengetahui terlebih dahulu arah dan tujuan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Jangkauan transportasi tersebut meliputi daerah Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi.

Sebelumnya, agar sampai di Ibu Kota kamu bisa naik pesawat Surabaya-Jakarta, kereta api atau pun bus dengan tujuan tersebut. Ketika sampai di Jakarta, maka pilihan transportasi di atas adalah solusi untuk kamu selanjutnya.

2. Biaya Hotel dan Penginapan

Kebutuhan liburan yang sangat penting adalah hotel dan penginapan. Sesampai di Jakarta pastinya kamu butuh waktu istirahat agar lebih fresh dalam menikmati liburan. Hotel dan penginapan di daerah Jakarta biasanya meletakkan tarif mulai dari Rp100.000. 

Rekomendasi hotel bisa kamu lihat melalui aplikasi Pegipegi. Dalam aplikasi tersebut sudah tersedia pilihan hotel maupun penginapan lengkap dengan harga dan fasilitas yang ada. Selain itu, hotel yang direkomendasikan dapat diatur berdasarkan lokasi wisata tujuan.

3. Tarif Tiket Destinasi Wisata

Tarif tiket masuk destinasi wisata pada umumnya berbeda-beda tergantung lokasi yang bersangkutan. Pilihan lokasi wisata di Jakarta mulai dari wahana permainan seperti Dufan, museum pendidikan dan seni, TMII, Pantai Ancol, Jakarta Aquarium, dan lain sebagainya.

Rincian tarif tiket wisata tersebut adalah sebagai berikut :

  • Museum, mulai dari Rp2.000 hingga Rp135.000
  • Pantai Ancol dan Dufan, uang masuk yang dibutuhkan adalah Rp250.000 – Rp275.000
  • Taman Mini Indonesia Indah, tiket masuknya adalah Rp25.000
  • Jakarta Aquarium, memiliki uang masuk sebesar Rp150.000 – Rp175.000
  • Kota Tua, biaya yang dibutuhkan adalah untuk wisata kuliner

4. Tarif Wisata Kuliner Jakarta

Selain destinasi wisata menarik, Jakarta juga menyuguhkan kuliner lezat dan murah yang wajib untuk disantap. Masing-masing destinasi wisata pun memiliki kuliner khasnya masing-masing, baik kuliner tradisional atau modern. Kisaran harga kuliner tersebut mulai dari Rp5.000 hingga Rp100.000.

❤❤❤❤

Kisaran biaya liburan tersebut akan membantu kamu dalam menetapkan uang yang harus dipersiapkan untuk berlibur. Dengan begitu, kamu bisa sisihkan tabungan dengan jumlah yang tepat dan menghindari terjadinya over budget saat berwisata.