Review : Criminal Case

Review : Criminal Case

Dari kecil saya dan adik seneng banget main game, baik game konsole maupun game di komputer. Yang kami mainkan game klasik mulai dari mineswepper, Mario Bross sampai game pertarungan. Ayah yang melihat gelagat kami akhirnya membatasi, game hanya boleh dimainkan pada saat liburan sekolah. Ketika kuliah, saya kesengsem dengan The Sims 2, saya bisa bermain sampai dini hari demi memuaskan hasrat  main game. Saat ini dengan makin maraknya perangkat ponsel pintar yang mendukung gamer dengan disediakannya berbagai game online gratis maka saya juga terkena imbasnya. Game favorit saat ini (dan kayaknya masih sampai beberapa saat ke depan ya hoahahaa) adalah Criminal Case.

game criminal case



Criminal Case sendiri ialah game yang dikeluarkan oleh game developer Pretty Simple asal Perancis. Premisnya adalah hidden object-game. Pemain secara interaktif berugas sebagai anggota kesatuan kepolisian yang bertugas di Grimsborough, sebuah kota fiktif di Amerika yang menurut saya dari beberapa gambar kasus terinspirasi dari kota San Fransisco.

Game terbagi dalam beberapa bab (biasanya 4 bab). Pemain harus menemukan berbagai objek dalam beberapa lokasi / TKP (biasanya 9 lokasi per case) yang nantinya akan menjadi kunci dalam memecahkan kasus yang berlangsung. Pencarian ini menggunakan waktu dan semakin singkat maka waktu yang digunakan akan semakin tinggi skor yang diperoleh.

Skor ini akan terakumulasi menjadi bintang. Bintang digunakan sebagai alat untuk melakukan investigasi terhadap bukti dan mewawancarai saksi yang ditemui, Investigasi terhadap bukti ini pun melalui berbagai cara yang menarik dan biasanya menghabiskan sejumlah waktu tertentu sebelum dapat diambil suatu kesimpulan dengan bantuan assisten lab. Setelah mengumpulkan bukti yang kuat, maka pemain harus mengambil keputusan untuk menangkap pelakunya.

Kelebihan :

  • Tidak perlu selalu dimainkan dengan online, hanya untuk mendowload case baru setiap kenaikkan level. Bila case tersebut telah diselesaikan, bisa dihapus melalui pengaturan (setting) internal game, sehingga menghemat memori perangkat.
  • Ada banyak daftar kasus
  • Graphis game yang outstanding, terebih setelah case 20 ke atas.
  • Story telling yang kuat, membuat yang main menjadi penasaran dan dibumbui dengan unsur komedi juga sangat kental
  • Penokohan pemain sebagai tokoh sentral dengan karakter pembantu yang kuat karakternya
  • Avatar pemain dapat didandani dengan pilihan bentuk wajah, warna kulit, model rambut dan kostum yang sesuai keinginan, kostum diberikan gratis sesuai tema setiap case atau dapat dibeli di avatar shop 
  • Ada interaksi dengan pemain lain, semakin banyak teman yang main, maka kesempatan menerima reward energi dan kartu keberuntungan semakin besar.
  • Game dapat dilink ke facebook, sehingga dapat dimaikan diperangkat yang berbeda termasuk komputer. terdapat sedikit perbedaan tampilan dan jangka waktu pengisian energi berselisih 1,5 menit per energi.

Kekurangan ;

  • It's not kids friendly! Graphic pembunuhan yang agak nyeremin dengan beberapa clue yang tidak sesuai dengan usia anak-anak seperti minuman keras, gamabr-gambar kurang sopan dan lainnya.
  • Harus mendowload setiap case baru, sebelumnya juga harus meminta bantuan teman secara online dalam membuat laporan, jika tidak bisa online maka harus menunggu 3 hari.
  • Membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk memenuhi bar energi yang disediakan
  • Bar energi yang penuh tersebut hanya bisa digunakan untuk memainkan 5 TKP saja.
  • Permainan terasa agak lama
  • Bila menggunakan bahasa Indonesia kadang-kadang nama benda tidak sesuai dengan gambar
  • So addictive hoahahahahaaa..

Cheat yang saya ketahui hanyalah memajukan waktu perangkat bila saya sedang senggang, sedangkan bar energi saya masih kosong atau hasil lab saya belum selesai dianalisis. Saya masih penasaran dengan teman-teman yang bisa bermain hingga memperoleh skor diatas 1.200.000 dan meriah medali emas. Karena walaupun saya telah memakai boosterpun tetap tidak bisa mencapai skor diatas angka tersebut. Bagi tipsnya yaaa....

Overall. I give this game 8,5 stars out Of 10.