- - Township (game review) | Hello Nisa
-

Township (game review)

"Sombong kali sekarang.. sosmed ga pernah aktif"
MHUAHAHAHAHA..

Sebenernya memang setelah note sempet ngadat kemaren, jadi ga update sosmed lagi. Ya semacam sosmed detox lah. Memang once in a few years ada masanya saya malaaaaasss sekali buka sosmed. Dulu facebook (FB) aja sempet di deactive-kan lho.. Ga ada alasan khusus, lagi males aja. Nah, kalo akhir-akhir ini saya malas itu selain note ngadat tadi jadi saya kehilangan seluruh aplikasi sosmed, saya punya ponakan baru, jadi sok sibuk gitu; di sini (Blp) sinyal sering hilang kalau cuaca ga bersahabat; anak saya ogah di foto, jadi ga ada bahan update (hoahahaha); terus saya udah cukup puas online dengan ngeblog sama main TOWNSHIP.

Loading masuk edisi holiday. keren!!

 What is township?
Township adalah game online berbasis real time yang dikembangkan oleh Playrix, sebuah pengembang game asal Dublin, Irlandia. Game ini aplikasinya bisa diinstal di gadget melalui Playstore maupun Google Play. Basicnya adalah game pertanian yang di padukan dengan kemahiran mengelola kota (town). Bedanya dengan game sejenis, township itu menurut saya lebih gampang, kita ga perlu login lewat facebook lagi, langsung buka aplikasinya saja tetapi permainan kita tetap tersimpan dan terkoneksi lewat akun FB kita. Jadi, bisa diakses melalui gadget yang berbeda. 


Icon game

Logo pengembang

Kelebihannya :  
  1. Graphisnya keren, banyak animasi yang bergerak, misalnya para pejalan kaki, berbagai jenis kendaraan, kegiatan produksi di pabrik dan lainnya
  2. Mudah dimainkan, bila kurang jelas masih terdapat suporting group yang bisa kita akses melalui game di official facebook maupun forum situsnya.
  3. Fiturnya makin lengkap dalam setiap update terbarunya.
  4. Permainan di dalam game (mini game) banyak dan tidak membosankan, terutama ada House of luck (memilih kotak keberuntungan dengan memakai clover yang dikumpulkan dari kembantu mengisi pesawat, kereta api dan bahan yang diminta teman), menggali bahan tambanh sekaligus mengumpulkan bonus dan benda-benda yang dapat dipajang di museum, serta pertandingan regatta (balapan kapal layar yang diikuti perkelompok koperasi dengan menghitung akumulasi poin dari masing-masinh angota dalam mneyelasikan setiap tugas yang dipilih sendiri dalam daftar tugas yang diberikan).
  5. Ada fitur chat dalam Co-op / Koperasi sehingga bisa berinteraksi dengan teman kita, berbagi dan saling membantu mengisi kereta dan pesawat terbang, sekalian dalm kasus saya, curhat dengan teman lama. 
  6. Dari level 1-40 poin yang dibutuhkan untuk menaikki setiap levelnya cenderung lebih mudah dibandigkan game sejenis. Apalagi bila kita memiliki banyak teman dalam co-op yang siap membantu kita.
  7. Kids Friendly, bisa untuk sekalian mengenalkan nama-nama tanaman, bahan makanan, hewan dan apa yang dihasilkan, serta diolah untuk menjadi produk terbaru apa.
  8. Diantara game sejenis, termasuk yang paling "murah hati" dalam memberikan bonus uang tunai atau township cash.
  9. Pembelian dalam game sangat gampang bila telah terhubung dengan google play game (saya menggunakan android), tidak hanya dengan kartu kredit tapi bisa dipotong pulsa. Harganya juga terjangkau dan sering ada paket hemat.
  10. Bila dihubungkan dengan akun facebook dapat dimainkan dalam 2 gadget atau lebih dengan catatan akan diminta melakukan penyesuaian terlebih dahulu kalau salah satu gadget agak lama tidak digunakan. Jadi tidak perlu khawatir bila ganti gadget baru, karena pada dasarnya game telah tersimpan.
Kelemahan :
  1. Harus dimainkan secara online.
  2. Berbasis waktu (real time), jadi harus menunggu proses (penanaman, pembangunan gedung, produksi di pabrik, dll) sesuai waktu, yang semakin tinggi level, maka akan semakin panjang, bisa membuat agak bosan. 
  3. Bahan baku mendirikan bangunan kadang diperoleh secara random, sehingga dibutuhkan waktu yang agak lama dalam menyelesaikan satu bangunan
  4. So addictive!!

Tips dari saya :
  1. Selalu produksi sesuatu di pabrik dan tanam sesuatu selama game tidak dimainkan .
  2.  Jangan meletakkan building  (bangunan) sekaligus, selesaikan satu persatu agar bahan-bahan bangunan yang diperoleh tidak terlalu random.
  3. Usahakan selalu mengumpulkan township cash dan selalu memperpanjang dealer di pasar.
  4. Bila tidak ada barang tertentu yang dibutuhkan, selalu beli di delaer bijih tambang bahan untuk membuat ingot, selanjutnya gunakan untuk menaikkan level pabrik, kereta api dan pulau.
  5. Selalu bantu kawan di co-op dalam mengisi kereta dan pesawat tebang, karena bonus dalam house of luck sangat berharga.
  6. Jangan menggunakan cheat yang banyak ditawarkan, karena playrix sangat serius dalam membanned pemain curang. 
  7. Bergabung dengan koperasi dan ikuti regatta mingguan, karena bonusnya sangat keren.
  8. Bila ikut koperasi dan dalam minggu tersebut sedang berhalangan, mohon ganti status menjadi tidak "berpartisipasi dalam regata" agar rekan satu koperasi memiliki peluang lebih baik untuk menang.
Market alias pasar

Dealer 

Selalu beli bijih tambang untuk dibuat ingot

Tampilan kota saya, saat ini level 69 dan sedang dalam dekorasi natal :

My lovely town

Perkebunan, peternakan dan pabrik

Perumahan dan kawasan olahraga serta permainan

Pulau yang bisa diraih dengan kapal

House of luck

Menggali bahan tambang sekaligus mengumpulkan bonus
Regatta

List tugas dalam regatta

Sapi dalam kostum natal, aren't they cuteee?

Overall, I'll give this game 4,5 stars out of 5. Happy playing dan jika ingin bergabung dengan Koperasi saya, silahkan cari : Annisakih. Iconnya smile dengan latar bagde warna pink.



Share this:

JOIN CONVERSATION

16 comments:

  1. Seems nice !🙂

    Hey Kak, sebagai pemula di dunia blog dan tulis-menulis, i would really appreciate if you let me know wdyt bout’ this one :

    http://bradleykuper.blogspot.co.id/2016/12/monyet-itu-beranjak-dewasa.html

    Feel free to comment Kak, I really need ur advice… and btw, I’m open for discussion :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bradley, thanks ya uda mampir di blog saya.
      Saya sudah baca dan kasih masukkan dikit disana, semangat terus berkarya

      Delete
  2. Caranya naikin level pabrik gmn kk?
    Tolong dirinci krn sy newbie, makasih yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai anon, maaf ya baru di balas karena ternyata komennya masuk ke spam.
      Naikin level pabrik itu seperti yang saya jelaskan diatas, harus menggunakan ingot (hasil peleburan bijih tambang). Saya agak lupa tetapi sepertinya memang membutuhkan level belasan dulu sebelum laboratorium bisa dibangun. nantinya di laboratorium inilah akan kelihatan setiap kenaikan level pabrik membutuhkan berapa ingot (misalnya satu ingot emas dan dua ingot perak). Semoga membantu.

      Delete
  3. Kak cara setting off regata gimana?

    ReplyDelete
  4. hai wulan, caranya:
    - klik "setting" (pojok kiri atas)
    - pilih "additional setting"
    - hapus / kosongkan kolom dengan mengklik lagi tanda centang di "participate in regatta" (kalau tak tercentang tandanya kita tidak ikut)
    Semoga berhasil ya

    ReplyDelete
  5. Desa saya hilang gimn cara mengembalikanya,padahal ud saya conec kn ke facebook,kota saya namaya didik,gresik city,06,08,2017,tolong di bantu

    ReplyDelete
  6. hai maaf ya saya lama ga buka blog. belum pernah mengalami kehilangan kota tapi kalau pas mau buka di 2 hp langkah saya dulu :
    - pastikan facebook conect (maksudnya buka facebook di browser bawaan hape, bukan buka di applikasi facebook)
    - buka township, tunggu pemberitahuan apakah ada kota lama (pilih mau di overwritten/ timpa? klik kota lama yg levelnya tinggi)
    -kalau ga dateng2 pemberitahuan pilihannya, langsung ke "add friend", conect to facebook, biasanya muncul pemberitahuannya.

    ReplyDelete
  7. Kak Bagaimana cara memindahkan data township saya dari android lama ke iPhone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sile Di coba trik saya utk jawaban pertanyaan diatas ya

      Delete
  8. Anakku demen mainin township nih. Kayaknya sulit maininnya tapi kok pd bisa ya? Boleh nih trik2 dari mbak aku kasih tau anaku tks.

    ReplyDelete
  9. Mba...kalo fungsinya Gem tu apaan yh? Dituker sama cash kah? Aku pnya 4 tp g tau mau diapain...
    Btw...makasih infonya Mba. Aku pngen nyoba balapan...hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gem itu fungsinya ntr pas di kebun binatang.. jgn di foya2kan dlu say.. itu jg bisa di pake di laboratorium.. misal, kamu mau buat pabrik bekerja 30% lbh cepat.. atau pasar di perbaharui lbh sering.. atau mau buat ladang menghasilkan 2X lipat.. itu pake gem.. dan jg pada saat mau menernakkan di kebun binatang jg pake gem

      Delete
  10. Yuk kak, join di Co-op kami " KUMIS LELE" mari ramaikan, kalo mau gabung coop hubungi 083111881936 admin coop

    ReplyDelete
  11. Halo, ada ga yang bisa bantu , mau pindahin akun township dari Iphone ke andoid , ada yang tahu caranya ?? tolong ya ..

    ReplyDelete
  12. Kenapa township saya ga bisa buka koperasi dan lihat teman2 jadi seperti main sendiri saja kk

    ReplyDelete

Thank You for visiting my "Abalabil" blog.
Please show me some ♡ by leaving a comment (or two!)

Kindly Follow me on Instagram / Twitter : @annisakih