- - Sinetron Indonesia Jadul | Hello Nisa
-

Sinetron Indonesia Jadul

Alkisah, saya punya semacam mind game yang lumayan ampuh dikala insomnia menyerang. Jadi saya mengaitkan seorang pemain dalam film (sebut namanya A), berlanjut ke filmnya yang lain, lalu dari film tersebut saya mengingat satu pemeran lagi di dalam film tersebut (sebut namanya B), dan mencari satu film yang diperankan si B lagi. Dalam film tersebut, saya akan mencari pemain ketiga (sebut namanya C). Setelah itu saya mengingat-ingat adakah pemain film ketiga ini (si C) pernah bermain film yang sama dengan pemain film pertama (si A)? Jika iya, judulnya apa? Begitu seterusnya seperti jaring laba-laba.

Malam ini, didukung oleh excited besok mau balik ke Tanjung Balai Karimun berdua dengan Ziqri saja ditambah kecapean seharian banyak aktivitas, insomnia kembali datang. Untuk mengatasinya, setelah ga mempan segala usaha menyamankan diri agar tidur, I was playing my own mind game. Mungkin karena didorong research untuk membuat review Novelisasi Ada Apa Dengan Cinta? Sehingga saya jadi terbawa ke game mind  AADC The Series, sinetron yang pernah ditayangkan RCTI. Dari satu nama Ririn Dwi Aryanti saya teringat sinetron Cincin. Awal mula masa sinetron tayang stripping, yang akhirnya diadaptasi seluruh stasiun televisi swasta. Sejujurnya saya tidak suka format sinetron yang tayang tiap hari ini. Menurut saya pihak yang diutungkan hanya para pemain sinetron, kru produksi dan jelas stasiun televisi saja. Kita penonton kehilangan sesuatu kenikmatan yang dulu begitu saya sukai, sensasi menunggu hari tayang sinetron favorit. Sebenarnya menonton televisi adalah hal terlarang bagi saya dan adik di hari-hari sekolah. Tapi saat itu, ayah saya terbilang sering dinas keluar kota dan Ibu saya sedikit lebih permisif (soalnya Ibu saya  juga mau nonton huehehehe). Akhirnya saya malah mengingat-ingat masa-masa menyenangkan itu dan sederetan sinetron favorit saya.

Sinetron alias sinema elektronik adalah akronim untuk penyebutan karya anak bangsa yang ditayangkan berseri di televisi. Dahulu, biasanya satu judul sinetron hanya 30 menit - 60 menit sekali tayang per episode dalam satu minggu. Sehingga di satu stasiun televisi saja bisa banyak judul sinetron yang tayang dalam satu harinya. Kita bisa memilih, mana yang kita suka dan ikuti berdasarkan cerita, pemain atau hari mana kita yang luang (buat anak sekolah ya,, hari ga ada les atau mengaji).

Selain sinetron fenomenal dan banyak yang ingat seperti Siti Nurbaya, Losmen, Sengsara Membawa Nikmat, Si Manis Jembatan Ancol, si Doel Anak Sekolahan, Tersanjung, Noktah Merah Perkawinan, Pariban Dari Bandung (deuu niy judul-judulnya jadul amat, iyeee saya uda hobby nonton sinetron macem begini sejak sekolah dasar), KeluargĂ  Cemara, Pernikahan Dini, ABG, Bidadari, Inikah Rasanya, Disini Ada Setan, ada beberapa yang saya suka tapi mungkin tidak terlalu terkenal. Yuk, saya ceritain dikit-dikit, siapa tahu bisa nostalgia barengan.

Disclaimer : ini murni hanya berdasarkan ingatan masa kecil saya, tidak dapat dijadikan patokan sebenarnya juga ya.. Apalagi yang saya beri tanda (??) Lupa-lupa ingat banget, tuh..
Urutan bukan berdasarkan tingkat kesukaan, cuma mana yang terlintas lebih dulu dalam benak.
Foto saya tambahkan beberapa hari setelah blogpost ini saya posting, itupun hanya yang bisa saya jumpai.
sumber : http://www.gaptekupdate.info/hal-hal-penting-yang-harus-ada-di-sinetron-indonesia/

- Angin Tidak (Tak) Dapat Membaca
Judulnya saja saya sudah ragu mana yang benar, apalagi jalan ceritanya. Yang saya ingat betul adalah sebelum iklan, jingle lagu akan diputar "Angin bla bla bla" dan saya sering memparodikan iramanya untuk adik saya yang waktu itu belum bisa membaca. Hoahahahaaa.. "Ani tak dapat membaca". Jadi kira-kira tayang di RCTI menjelang Maghrib, saat saya kelas 4 atau 5 SD dan Ani masih di TK. 
Pemain utama wanitanya Eksanti dan ceritanya menggantung karena diakhir episode tamat dikatakan akan bersambung ke season 2 yang sayangnya tidak pernah muncul.

-Air Mata Ibu
Raslina Rasyidin akting nangis dan ngelangsanya luar biasa! Memang ceritanya mengharu biru, seorang wanita pekerja diladang di Sumatra Utara, selalu mendapat KDRT dari suaminya yang pemabuk. Malang tak dapat ditolak, Ia dituduh membunuh suaminya dalam suatu pertengkaran. Setelah diadili, Ia di penjara di Jakarta. Ia baru mengetahui bahwa dirinya hamil selama di penjara. Sedih ngebayangin melahirkan dan membesarkan anak di penjara (padahal pas nonton kayaknya saya juga masih anak-anak). Akhirnya setelah beberapa tahun, Ia dibebaskan. Anaknya sama sekali asing dengan dunia luar (anaknya diperankan Joshua, akting serius juga bagus rupanya). Endingnya saya lupa, sepertinya diceritakan hingga anaknya dewasa dan suaminya malah muncul lagi (??). Tayang di RCTI setiap hari Senin malam.

-Kembang Setaman
Ini pun judulnya saya tahu setelah googling dahulu. Yang saya ingat pemeran utama prianya Ferry Salim, sedangkan pemeran wanitanya Ida Iasha. Ida yang dikisahkan janda sepeninggal suaminya harus berjuang untuk survive. Ferry jatuh hati dan berusaha meyakinkannya bahwa cintanya tulus. Tayang di RCTI siang-siang tiap Senin-Jumat. 

-Shangrilla
Penampilan perdana Tamara Blezensky, karena waktu itu namanya masih ada embel-embel memperkenalkannya di lagu pembuka. Pemain utama pria adalah aktor sinetron favorit saya kala itu, Teuku Ryan. Ceritanya saya lupa, tapi sepertinya ada kaitan dengan hotel Shangrilla Jakarta (??) . Tayang di RCTI setiap Minggu Malam

-Deru Debu
Seru, ada adegan action dari Om Willy Dozan dan Ari Wibowo yang ampun-ampunan ganteng dengan bibir merah alaminya. Selain itu saya suka Nafa Urbach remaja yang masih imut dengan rambut pendek yang sepertinya wig. Tayang di SCTV setiap Sabtu malam. (??)

Sumber foto http://showbiz.liputan6.com/read/2295057/25-sinetron-sctv-paling-fenomenal-bag1?p=4

-Dewi Fortuna
Salah satu sinetron favorit sepanjang masa. Ceritanya Jeremy Thomas meminta Bella Saphira menyamar menjadi kekasihnya dihadapan sang kakek yang sedang sakit. Ternyata kekasih aslinya kembali, sementara perasaan Jeremy mulai tumbuh ke Bella dan didesak kakeknya untuk menikah. Seingat saya ceritanya dipanjang - panjangkan hingga ke anak mereka berdua, yang diperankan Putri Patricia, dewasa dan jatuh cinta pada Didi Riyadi. Tayang di SCTV setiap Kamis malam.


-Kawin Gantung
Mungkin saya suka karena tayangnya pada saat saya juga SMA atau karena saya suka Didi Riyadi. Yang jelas chemistrynya klik sekali dengan Natalie Sarah. Kocak, dibumbui banyak adegan berbahasa Betawi. Dikisahkan kedua remaja tersebut dijodohkan orang tua mereka dan berencana melangsungkan kawin gantung. Ternyata mereka satu sekolah dan saling benci, jelas saja keduanya menolak mentah-mentah. Kehadiran teman-teman beserta cowok atau cewek lain sebagai saingan membuat cerita ini makin seru. Kalau ga salah hingga 3 seasons dan menjadi sinetron debut Asmirandah juga. Tayang di SCTV setiap Rabu malam.

sumber foto : https://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://3.bp.blogspot.com/

-Panji Manusia Millenium
Suka dengan superhero asli Indonesia ini karena kostumnya yang keren, ga norak, dan diperankan Primus Yustisio. Adegan perkelahiannya agak garing, sih, tapi selebihnya masih oke. Dikisahkan Panji memiliki kehidupan ganda sebagai penjaga panti asuhan dan pahlawan bertopeng. Anak asuhannya lucu-lucu dan terkenal di zaman itu seperti Dea imut, Gisela Cindy, Gracia Indri. Selain itu Panji juga naksir Tia Ivanka, wartawan yang sering meliput tentang Manusia Millenium dan pernah ditolong Panji. Hubungan tarik ulur ala Clark Kent-Lois Lane ini selalu sukses bikin saya dulu mesem-mesem. Tayang di RCTI, harinya lupa.

-Janjiku
"Janjiku.. Kepadamu.. tak kan usang dimakan waktu..
Janjiku.. aku percaya.. Tuhan dengar janjikuu.. "
Masih terngiang opening songnya karena dulu kami sampai membeli kasetnya. Hoahahaha.. Ceritanya Paramitha Rusady menjadi istri korban perjodohan yang teraniaya. Suaminya (Raynold Surbakti) sempat luluh karena Ia mau mengurusnya saat sakit. Namun karena pengaruh mertua yang jahat dan selingkuhan suaminya, Paramitha diusir. Ternyata Ia sedang mengandung, malangnya anak yang dilahirkan buta. Fast foward, Nada, yang juga diperankan Mitha dengan memakai wig rambut, sedang meniti karir sebagai penyanyi. Disinilah lika-liku kehidupan mempertemukannya kembali dengan ayahnya. Endingnya saya ingat betul, mata Nada dioperasi dan ternyata donornya adalah sang ayah yang bertaubat. Tayang di RCTI, harinya lupa.

-Doaku Harapanku
Dulu stripping itu hanya selama Ramadhan, contohnya sinetron ini. Saat itu saya masih suka Krisdayanti. Opening songnya juga keren dan dinyanyikan juga oleh KD. Nama tokoh utama pria, yang diperankan oleh Dicky Wahyudi adalah Andika. Kenapa saya bisa ingat? Karena berdasarkan cerita, nama inilah yang menginspirasi kakak sepupu dan Ibung (tante) untuk memberi nama sepupu saya si Andika! Hoahahaaa.
Ceritanya Andika dan KD menikah tanpa persetujuan orang tua Andika. Ternyata Andika diduga meninggal dalam kecelakaan mobil dan masuk jurang (??). Sementara KD makin disiksa keluarga Andika. Tayang di RCTI menjelang Magribh

sumber foto : http://showbiz.liputan6.com/read/2295057/25-sinetron-sctv-paling-fenomenal-bag1?p=4
-Aku Ingin Pulang
One of my best of the best sinetron, ever! Ceritanya Cornelia Agatha terlibat pergaulan bebas hingga hamil. Akhirnya ia menikah dengan Krisna Mukti. Padahal di kampung Krisna punya kekasih Che-Che Kirani. (Saya masih ingat opening songnya lagu Ebiet G. Ade dan adegan cium kening Krisna untuk Che-Che). Cerita semakin seru karena mantan kekasih Cornelia juga kembali untuk menculik putri mereka, ditambah orangtua perempuan yang galak kepada Krisna, si menantu yang baik dan lugu. Sayang sekali, tiba-tiba peran Krisna diganti dengan dikisahkan kecelakaan mobil sehingga wajahnya berubah. Sejak ganti pemain, jadi agak kurang greget. Tayang di SCTV setiap Sabtu malam Minggu


-Ketika Cinta Harus Memilih
Another my best of the best sinetron. Ceritanya tentang Novia Ardhana, seorang aktris yang dilanda kesulitan. Ayahnya masuk rumah sakit jiwa. Disana juga dia berkenalan dengan seorang dokter muda. Cinta pun tumbuh, sayang keluarga kaya si dokter yang diperankan oleh Farhan, tidak setuju. Mereka (sepertinya) kawin lari dan tinggal bersama. Ternyata Novia hamil dan terpaksa menikah dengan orang lain karena Farhan menghilang. 
Entah mengapa sinetron ini paling memorable. Mungkin karena saya pernah membaca buku novel karya Mira W, yang diadaptasi jadi sinetron ini. Banyak adegan yang masih terbayang, misalnya saat Novia menceburkan diri ke kolam renang malam-malam sebagai tuntutan akting. Disaat ditegur Farhan dan diserahkan uang, Ia menolak, karena totalitas pekerjaan dan bukan hanya sekedar mencari uang. 
Sayang sekali karena ceritanya mungkin terlampau dewasa (banyak adegan Novia merokok, memang saat itu belum dilarang ya..) tiba-tiba sinetron ini menghilang (??) dari RCTI. Padahal sinetron Cinta (Dessy Ratna Sari, Primus dan Atalarik Syah) yang juga diadaptasi dari novel Mira W lain, bisa tayang hingga tamat, meski ada adegan ituu tuh (disensor sih hoahahahahaa).

Nah, itulah deretan sinetron jadul favorit saya. Setelah menjadi stripping saya malas nonton sinetron lagi. Selain kehilangan excitedment menanti hari, ketinggalan satu hari sinetron stripping rasanya cerita sudah berubah banyak (karena durasi 1 jam - 3 jam per hari). Sebenarnya saya masih pernah nonton sesekali Cinta Fitri (hingga season 5), Intan, Cahaya dan Melati Untuk Marvel. Atau yang terbaru saya suka nonton sitkom di Net.Tv semacam Ok-Jek. Semoga kedepannya sinetron yang tayang akan semakin baik, makeup pemainnya senatural drama Asia lain dan akting pemain serta jalan cerita yang berkualitas, jadi saya bisa mulai menyukai menontonnya lagi.

Share this:

JOIN CONVERSATION

4 comments:

  1. Hahahahaha Luv juga baguuss ❤️ -ani-

    ReplyDelete
  2. Tau gak judul sinetron lama yg pemainnya Ferry Salim sbg ayah dgn anak bayi yg matanya ada 3 (dikening 1). Ini memorable banget menurut saya, tpi yg saya ingat cuma ini sama ost sinetronnya oleh Rio Febrian "tiada kata berpisah"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai annisa! Trims sdiah mampir, saya jd penasaran dan ikutqn googling judulnya ternyata " Rahasia perkawinan"

      Delete

Thank You for visiting my "Abalabil" blog.
Please show me some ♡ by leaving a comment (or two!)

Kindly Follow me on Instagram / Twitter : @annisakih