- - Maria Cinta Yang Hilang / Maria la del Barrio | Hello Nisa
-

Maria Cinta Yang Hilang / Maria la del Barrio

Annisa.mom Hai.. Beberapa hari ini blog abal-abil jadi ramai pengunjung. Rata-rata karena search term yang berhubungan dengan telenovela Maria la del Barrio (Maria Cinta Yang Hilang). Selain mencari sinopsis atau cerita bagian akhir, bentuknya juga berupa pertanyaan semisal "Siapa pemeran Soraya?" "Bagaimana setelah Luis Fernando mengetahui Nandito anaknya?" "Apakah Tita menikah dengan Nandito?". Sayangnya pertanyaan tersebut tidak akan terjawab di postingan saya sebelumnya ya.. Maka sebisa mungkin saya membuat satu postingan khusus Maria Cinta yang Hilang. Bila masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar, saya akan jawab bedasarkan ingatan saya.. 20 tahun yang lalu hoahahahaa.. Iya sih, saya aslinya pelupa tapi soal beginian InsyaAllah ingatan saya tocker #lho? Padahal sih nanti saya googling juga dan mengkonfirmasi dengan kelanjutan ceritanya di televisi >_< Mari kita bernostalgia bersama!


Judul asli : Maria la Del Barrio (literaly Maria dari tempat kumuh)
Jumlah episode : 92
Waktu penayangan: 14 Agustus 1995 - 26 April 1996
Negara asal : Meksiko
Sutradara : Martha Luna dan Beatrice Sheridan
Produser : Angeli Nesma Medina
Rumah Produksi : Televisa
Opening song : Maria la Del Barrio oleh Thalia

Para tokohnya :
Maria Hernandes (Selanjutnya menjadi Maria de la Vega) diperankan oleh Thalia
Tokoh utama, sang Maria del Barrio. Ia besar di tempat kumuh dan menjadi pemulung. Ia diangkat anak oleh keluarga de la Vega atas permintaan ibu angkatnya Cacilda pada Bapa Honorio. 
Kehidupannya penuh lika-liku. Mulai dari belajar tata krama hingga akhirnya jatuh cinta pada putra sulung keluarga de la Vega, Luis Fernando. Mereka awalnya ditentang terutama oleh Soraya Montenegro, sepupu yang juga menyukai Luis Fernando. Setelah Soraya di ketahui meninggal, Luis Fernando dan Maria akhirnya menikah, Kisahnya tidak berakhir hingga disini. Luis Fernando yang masih cemburu pada kedekatan Maria dan adik kandungnya sendiri, Vladimir, berupaya menceraikan Maria. Maria yang kebingungan menjadi bipolar dan menyerahkan putranya pada orang lain tanpa sadar. Mereka terpisah selama lima belas tahun. Seelah bertemu pun masalah kembali muncul hingga Maria terpaksa masuk penjara demi melindungi putranya.
Maria Mempunyai dua orang anak, yaitu seorang lelaki bernama Nandito (Fernando de la Vega, anak kandungnya dengan Luis Fernando) dan seorang perempuan bernama Tita (anak angkat).  
Perubahan penampilannya setelah ia masuk keluarga de la Vega maka ia tampil bersih dan elegan, rambutnya digelung dalam sanggul modern setelah kisahnya fastfoward 15 tahun kedepan. Seingat saya, Saya suka sekali pakaian yang dikenakan Maria,aduhaiii membuat Maria makin cantik dan *ehem* seksi!
Thalia fokus bermusik setelah Ia menikah dengan Tommy Motola dan pindah ke Amerika Serikat. Salah satu singlenya yang juga menjadi favorit saya ialah "Amor ala Mexicana" (1999)

Luis Fernando de la Vega diperankan oleh Fernando Colunga
Putra sulung dari keluarga kaya de la Vega, setelah diputuskan kekasihnya Brenda, ia berjanji hanya akan menjadikan wanita mainan saja. Namun Ia sungguh-sungguh jatuh cinta pada kebaikkan hati dan kecantikan Maria.
Setelah sempat di jebak Soraya dengan pura-pura hamil, Luis Fernando terpaksa menikah dengannya meskipun hanya mencintai Maria.
Sifatnya peyayang namun juga pencemburu, terbukti ia sangat iri pada kedekatan Maria dan adik kandungnya sendiri Vladimir dan putranya sendiri Nandito, hingga hampir menembaknya (meskipun waktu itu Ia belum diberi tahu siapa Nandito sesungguhnya).
Luis Fernando bekerja di perusahaan milik keluarga de la Vega. Ia semakin matang dan dewasa. Perubahan fisik setelah kisah fast forward 15 tahun ialah.. Ia berkumis! Yang sepertinya hanya tempelan saja huehehehehe...
Yang saya sesalkan ialah ia sempat berselingkuh dengan pengasuh Tita, Penelope. Untungnya Luis Fernando mengakui kesalahannya dan tidak mengulangi kesalahan yang sama terutama saat Soraya kembali dan berupaya untuk merayunya lagi.
Fernando Colunga tetap aktif bermain telenovela hingga sekarang. Beberapa telenovela lain yang sempat Ia bintangi dan ditayangkan di Indonesia antara lain Esmeralda dan Esperanza

Don Fernando de la Vega diperankan Ricardo Blume
Ayah dari Luis Fernando, Vladimir dan Vanessa serta suami dari Victoria. Seorang pengusaha sukses yang sangat baik hati. Yang saya ingat dari penampilannya ialah rambutnya yang dibiarkan bewarna perak seluruhnya. 
Ia orang pertama yang menyukai kehadiran Maria dan menyayanginya bagaikan putri sendiri. Ia memanggil guru etiket untuk mengajari Maria tata krama. 
Karakternya tegas dan penuh wibawa. Ia juga sangat melindungi keluarganya, terbukti Ia mengancam Soraya untuk menjauhi cucunya, Nandito.

Victoria Montenegro (setelah menikah menjadi de la Vega) diperankan oleh Iran Eory
Istri dari Don Fernando. Memiliki tiga orang anak, dua lelaki Luis Fernando dan Vladimir, serta seorang perempuan yaitu Vanessa. Awalnya kurang menyukai Maria dan lebih percaya kepada keponakannya sendiri, Soraya. Namun lama kelamaan menyayangi Maria dan percaya pada menantunya ini. Ia seorang nyonya dengan penampilan khas menggunakan scraf kecil di lehernya. Rambutnya yang telah memutih di gelung dalam sanggul modern. Sangat penyayang namun juga tegas. Ia berkali-kali mengingatkan Soraya untuk menjauhi keluarga de le Vega setelah apa yang dilakukan Soraya dahulu.
Iran Eory masih aktif bermain telenovela sebelum meninggal di tahun 2002. Telenovela lain yang dibintanginya dan ditayangkan di Indonesia ialah Esmeralda dan Por tu Amor

Soraya Montenegro (setelah menikah menjadi de la Vega lalu Montalban) diperankan oleh Itati Cantoral
Keponakan dari Victoria. Ia sangat cantik dan cerdas. Sayangnya kecerdasannya tersebut selalu digunakan untuk menyusun rencana-rencana jahat. Ia juga sangat licik dan manipulatif, Ia mampu mempengaruhi orang lain, terutama pria untuk menuruti keinginannya. 
Kekasih pertamanya ialah Osvaldo Trevino yang akhirnya di penjara akibat di duga membunuh Soraya dengan mendorongnya dari jendela. Padahal sesungguhnya Ia hanya bersembunyi dan melakukan terapi di Amerika Serikat agar bisa berjalan kembali. Di AS, Ia berkenalan dengan Alicia, seorang gadis yang juga berkursi roda. Soraya berhasil membuat Oscar Montalban, ayah Alicia menikahinya. Tak lama kemudian Ia mengatur agar Oscar kecelakaan dan Ia mewarisi kekayaannya. Soraya lalu kembali ke Meksiko. Awalnya Ia mengaku menyesal dan telah mengubah dirinya. Seluruh keluarga de la Vega terkejut dan tidak percaya. Sayangnya mereka tidak jujur pada Tita dan Nandito mengenai masa lalu, sehingga Soraya berhasil menjerat Nandito. Prinsipnya tidak berhasil mendapatkan ayahnya, Ia harus mendapatkan putranya.
Untuk melancarkan usaha balas dendamnya pada keluarga de la Vega Soraya meminta bantuan pengacara dan dokter pribadinya. Sebagi salah satu villain yang paling berdarah dingin, sang dokter pun turut menjadi korban dan tewas di tangan Soraya. Begitu pula kematian Ibu kandungnya sendiri, Calixta, yang mana berusaha di tuduhkan pada Nandito sebagai pelakunya.
Seperti yang pernah saya ceritakan, saya sangat menyukai Itati Cantoral pemeran Soraya. Ia masih bermain dalam banyak telenovela hingga sekarang. Perannya tidak hanya antagonis, tetapi juga protagonis, misalnya dalam telenovela adaptasi Alicia, atau sewaktu ia masih imut, dalam telenovela Dos Mujeres Uncamino

Tita / Maria de los Angeles de la Vega (usia15 tahun) diperankan oleh Ludwika Paleta
Tita ialah anak yang diangkat Luis fernando untuk menggantikan putranya yang hilang. Meski Maria menyayanginya, Maria selalu merasa bersalah pada putranya sehingga selalu berusaha mencarinya di jalandan agak kurang memperhatikan Tita. Akhirnya Tita diasuh oleh Penelope, pengasuh yang juga merupakan anak babtis dari Lupe, wanita yang telah lama bekerja di rumah keluarga de La Vega
 Setelah remaja Tita tumbuh menjadi gadis yang cantik dan cerdas. Bahkan pada awalnya Nandito jatuh cinta pada Tita. Namun Tita menolaknya. Setelah mengetahui bahwa mereka adalah saudara Tita dan Nandito sangat akrab hingga banyak yang mengira mereka akan saling jatuh cinta (lagi). sayangnya itu tidak terjadi, karena Tita meyukai Aldo. Tita pada awalnya hanya mengenal Aldo sebagai anak dari pengacara yang bekerja di gedung yang sama dengan ayah dan kakeknya. Saat itu aldo masih menjadi boy toy -nya Soraya.
Tita angat dicintai dan mencintai keluarga angkatnya. Terbukti setelah Ia menemukan orang tua kandungnya (Clemente dan Veronica) Ia tetap memilih hidup bersama keluarga de la Vega.
Saya sangat menyukai Tita dengan Ciri khasnya ialah rambutnya yang di blow melenting keluar dan matanya yang indah. Tak ayal Ia tetap laris manis sebagai bintang utama telenovela hingga kini.

Nandito / Fernando de la Vega (usia 15 tahun)  diperankan oleh Osvaldo Benavides
Seqaktu bayi Ia diserahkan pada Agripina oleh Maria secara impulsif. Ia sangat menyangi ibu angkatnya. Dan setelah mengetahui ibu kandungnya Ia pun sangat menyayangi Maria. Akan tetapi karena kecemburuan ayah kandungnya yang belum mengetahui siapa dirinya sebenarnya, membuat Nandito merasa canggung. Terlebih Ia masih remaja dan sedang mencari jati diri. Kenaifannya ini membuatnya gampang dipengaruhi dan jatuh dalam perangkap Soraya. 
Pada akhirnya Nandito memilih Alicia yang hanya beberapa tahun lebih tua darinya
Pemeran Nandito tamoaknya hingga kini masih menjadi bintang utama telenovela.

Vladimir de la vega diperankan oleh Hector soberon
Adik lelaki Luis Fernando yang juga jatuh cinta pada Maria. Sejak awal Maria datang ke keluarga dela Vega Ia selalu bersikap baik padanya. Bahkan mereka sempat pacaran saat Luis Fernando menikah dengan soraya. Ia menyadari cinta Maria hanya untuk abangnya. Meski berusaha untuk merelakan, ketika Maria dan Luis Fernando menikah ia memutuskan tidak hadir. Malangnya saat Ia datang untuk meminta maaf pada Maria, Luis Fernando memergoki mereka berdua dan menyebabkan Luis Fernando cemburu hingga berniat menceraikan Maria.

Vannessa de la Vega diperankan oleh Montserrat Galossa
Adik perempuan Luis Fernando yang menikah dengan Pedro. Anehnya seingat saya lama kelamaan ia semakin menghilang dari cerita.

Aldo Almenteroz (22 tahun)
Anak dari pengacara Soraya. Ia menjadi boy toy Soraya tanpa terlalu dianggap oleh Soraya. Akhirnya Ia jatuh cinta pada Tita dan berusaha sungguh-sungguh untuk membuktikan cintanya.

Alicia Montalban (17 tahun) diperankan oleh Yuliana Peniche
Anak tiri dari Soraya yang secara hukum harus Ia asuh dirumahnya. Ia duduk di kursi roda jadi kebanyakan di jaga oleh Esperanza pengasuhnya. 
Saya sangat menyukai Alicia dan saya selalu deg-degan menantikan adegan kebersamaanya dengan Nandito. Diakhir cerita mereka menjadi pasangan, Alicia  melalukan operasi dan bisa berjalan kembali serta pindah ke rumah keluarga de la Vega.
Pemeran Alicia sangat cantik dan hingga saat ini masih menjadi pemain pendukung di telenovela Meksiko

Pemeran pendukung : 
Carlota diperankan oleh Rebecq Marinquez
Ciri khasnya ialah cara berjalannya yang unik, cepat, agak menjinjit dan dada dibusungkan kedepan. Seorang asisten rumah tangga yang bahasa sekarangnya Kepo! Selalu ingin tahu pembicaraan orang lain dengan menguping dan hobby bergosip. Awalnya kurang menyukai Maria. Lama kelamaan dia menunjukkan loyalitasnya pada keluarga de la Vega.
Termasuk salah satu tokoh favorit saya dulu. Tanpanya rasanya kurang seru. 

Lupe diperankan oleh Menche Barba
Sangat dipercaya baik oleh Victoria maupun Maria. Baik hati dan sabar mendegarkan keluh kesah para majikannya. Ia sudah dianggap bagai keluarga sendiri.

Felipa diperankan oleh Beatriz Moreno
Koki di keluarga de la Vega. Baik hati dan sering menegur kebiasaan buruk Carlota.

Urbano diperankan oleh Raul Padilla
Pelayan di keluarga de la Vega dan memiliki hubungan khusus dengan Felipa.

Agripina Perez diperankan oleh Carmen Salinas
Wanita baik hati yang dititipi  Nandito sewaktu bayi oleh Maria. Ia membesarkannya bagai anak sendiri.
Nandito pun sangat menyayanginya, terbukti Ia berusaha mencuri di rumah keluarga de la Vega demi membelikan obat untuk ibunya. Akhirnya justru Maria mengenali Agripina dan menemukan putranya yang hilang.
Maria sangat berterimakasih dan berusaha membalas kebaikan hatinya. Agripina sempat bersedih saat Nandito harus kembali pada keluarga kandungnya. Namun Ia terus dihibur oleh Veracruz yang akhirnya menyatakan cinta dan menikah dengannya.
Menjelang episode terkahir Agripina kena serangan jantung. Di rumah sakit tempatnya di rawatlah akhirnya keluarga de la Vega menemukan kembali Maria yang kehilangan ingatan.

Veracruz
Suami Agripina yang berprofesi sebagai penyanyi. Ia sangat menyayangi Nandito dan menjadi figur ayah bagi Nandito selama ini.
Pemeran Veracruz ini bermain di banyak telenovela lain karena wajahnya sangat familiar. 

Calixta diperankan oleh Silvia Caos
Ibu kandung soraya yang selama ini diketahuinya hanya sebagai pengasuhnya. Ia meninggal akibat dibunuh oleh Soraya.

Esperanza diperankan oleh Araidne Welter
Nanny yang sangat loyal dan sayang pada Alicia. Ia kerap menjadi sasaran kemarahan Soraya. Sedari awal Ia telah mengigatkan Nandito agar menjauhi Soraya dan tidak datang lagi kerumah mereka. Sayang Nandito tidak menggubris, sehingga Esperanza turut menjadi korban, kepalanya terbentur akibat didorong Soraya. Ia menjadi saksi kunci dari kasus pembunuhan Calixta. Setelah ingatnnya kembali Ia membersihkan nama Maria dan membuka fakta bahwa Soraya lah oembunuh sesungguhnya.

Alberado Almenteros diperankan oleh Enrique Lizalde
Pengacara Soraya yang mengtahui niat jahat soara membalas dendam pada keluarga de la Vega. Ayahnya Aldo dan memiliki kantor di gedung yang sama dengan Luis Fernando.

Dr. Camilo Meija diperankan oleh Ricardo Vera
Dokter yang membantu Soraya memalsukan kematiannya. Akhirnya meninggal ditembak oleh Soraya.

Aurelia
Pembantu rumah tangga Soraya. Sesungguhnya Ia mengetahui kebenaran kecelakaan yang menimpa Nandito dan Esperanza tetapi karena takut kehilangan pekerjaan, ia terpaksa berbohong di pengadilan. Lama-kelamaan Ia menunjukkan kebaikan hatinya pada Alicia

Penelope Linares diperankan oleh Ana Maria Rojo
Pengasuh Tita yang sempat berselingkuh dengan Luis Fernando. Ia dipenjara bersama dengan Maria. Pada awalnya sangat jahat dan berusaha selalu memfitnah Maria. Kemudian menjadi baik setelah Maria menyelamatkannya dari kebakaran.

Jose Maria "Papacito"
Suami Penelope yang jahat dan akhirnya masuk penjara

Bapa Honario
Ibu Maria memintanya mencarikan Maria tempat tinggal. Setelah mengenal Maria sedari kecil, ia percaya bahwa Maria tidak bersalah dalam pembunuhan Calixta.

Clemente Barena diperankan oleh Daniel Gaurvy
Ayah kandung Tita dan suami dari Veronica

Veronica Barena diperankan oleh Jessica Juardo
Ibu kandung Tita dan isteri Clemente. Mereka berupaya menebus waktu yang hilang bersama Tita dengan mengajaknya liburan ke luar negeri.

Ada beberapa tokoh lagi yang akan berperan di paruh akhir cerita, tepatnya setelah Maria masuk penjara dan kemudian keluar setelah kebakaran. Karena saya masih lupa-lupa ingat dan takutnya malah keliru, saya akan mengupdate-nya setelah jalan ceritanya berlangsung di Global TV .

Hope this Help Telenovelas Lovers.


Update 2 Maret 2017

Saya agak gemas dengan kelanjutan kisah ini. Kesalahpahaman yang terjadi sungguh ruwet. Seandainya mereka lebih terbuka  satu sama lain, tentu kisahnya tidak akan berlarut-larut seperti ini. Tapi ini jelas hanya opini saya saja, karena justru ceritanya semakin asyik dan seru.

Luis Fernando yang dalam keadaan mabuk datang ke rumah soraya. Melihat kesempatan ini Soraya memfoto kebersamaan mereka yang seolah-olah sedang bermesraan. Hasil foto tersebut lalu diberikan pada Maria. Sayangnya Maria percaya dengan kebohongan tersebut dan meminta cerai pada Luis Fernando.
Disisi lain, Nandito dicurigai polisi sebagai pembunuh Calixta atas laopran Soraya. Maria pun percaya pada kebohongan ini karena di TKP di temukan dompet miliknya. Maria akhirnya mengaku bahwa Ia adalah pembunuh sebenarnya demi melindungi Nandito dan menghindari Luis Fernando. Lui Fernando bersikeras tidak mau menceraikan Maria karena ia yakin tidak berselingkuh dan tidak mengetahui perihal foto tersebut.
Maria di tahan dan menghuni sel yang sama dengan Penelope. Awalnya Maria dapat memberi Penelope pelajaran, namun dengan licik Penelope memfitnah Maria, hingga akhirnya ia dikurung dalam sel isolasi.
Nandito yang kecewa tidak mau memaafkan ibunya dan memilih kembali ke rumah susun bersama Agripina. Ia menolak menemui Maria di penjara.
Perkembangan lainnya ialah Aldo yang mulai terusik nuraninya untuk mengakui kebenaran di malam kecelakaan Esperanza setelah Ia mengtahui Tita pergi ke Paris bersama orang tua kandungnya.

Tokoh-tokoh yang baru muncul :
Gonzalo Dorantes :  Teman Soraya dan Luis Fernando yang menjadi pengacara Maria, Ia percaya bahwa Maria tidak membunuh Calixta. Meski awalnya Ia bersekongkol dengan Soraya sungguhnya Ia pria yang baik dan berusaha membantu Maria, karena Ia jatuh cinta padanya

Rosenda : Sipir penjara wanita yang kejam dan membenci Maria.

Leona dan Romelia : Tahanan yang menjadi kaki tangan Penelope dalam mengerjai Maria.

Update 8 Maret 2017

Maria ternyata selamat dari kebakaran. Setelah itu, Ia sempat menggelandang selama beberapa hari di jalanan. Bahkan sempat berselisih jalan dengan Luis Fernando. Keluarga de La Vega tak hentinya memihon kejaiban agar Maria ditemukan dalam keadaan baik-baik saja, termasuk Tita yang baru kembali dari Eropa.

Maria yang kehilangan ingatan diselamatkan oleh dr.Daniel. Kekasihnya, Cecilia pada awalnya tidak setuju, namun akhirnya mengizinkan Maria mengasuh anak-anak Daniel. Maria diapnggil dengan nama Martha Laura.

Tokoh-tokoh yang baru muncul :
dr. Daniel Ordonez diperankan oleh Ariel Lopez Padilla
Dokter yang menyelamatkan Maria. Ia membawanya ke rumahnya dan meminta Maria menjadi pengasuh kedua anaknya yang masih kecil, Carlitos dan Perlita.

Cecilia diperankan oleh Frances Ondiviela
Kekasih Daniel yang lama kelamaan cemburu melihat kedekatan Daniel dan Maria. Berusaha menyingkirkan Maria dari rumah mereka. Caranya dengan berusaha meracuni putri Daniel dan mengkambinghitamkan Maria.

Sinopsis episode terakhir (ending/tamat) Maria Cinta Yang Hilang
Agripina mendapatkan keajaiban, setelah didoakan oleh bapa Honorio, ia melewati masa kritis. Nandito sangat bahagia, begitu pula Veracruz. Ia melamar Agripina saat membesuknya di ruang perawatan.

Tita yang mengtahui Aldo hendak terbang ke luar negeri sangat bersedih. Dengan ditemani Carlota, Ia menyusul Aldo ke bandara. Carlota bahkan terpaksa menginjak kaki penjaga demi bisa mengejar Aldo ke dalam pesawat. Setelah itu Aldo pun turun dan menemui Tita yang menunggunya. Mereka pun berbaikan dan mulai berpacaran.

Di rumah keluarga de la Vega mereka sangat khawatir karena Gonzalo di dampingi polisi memberitahukan rencana Soraya untuk membunuh Maria dengan cara menyamar menjadi perawat. Pencarian dilakukan oleh polisi.

Sementara itu Maria yang ditawan oleh Soraya mulai mengingat kembali masa lalunya. Keesokkan harinya, Soraya kembali ke kabin tempat Maria ditawan dengan membawa satu dirigen bensin. Ia mengancam akan membakar Maria setelah mengakui kejatahannya membunuh ibu kandungnya sendiri, Calixta.

Disaat yang sama Luis Fernando mencoba mencari tahu keberadaan Maria dengan menelfon Aurelia. Dari asisten rumah tangga Soraya inilah letak kabin tempat Ia menawan Maria diketahui. Polisi dan Luis Fernando mengepung tempat itu dan meminta Soraya menyerahkan diri. Tetapi Soraya yang panik tidak mau menyerahkan diri, bahkan  setelah Luis Fernando mendobrak masuk ke dalam kabin. Soraya yang masih dendam malah berniat mencelakakan Maria dan Luis Fernando. Tapi malang tak dapat ditolak, Soraya tersambar api yang disulutnya sendiri. Sementara Maria diselamatkan Luis Fernando keluar kabin.

Dua bulan sejak kecelakaan tersebut, diadakan pesta besar di rumah keluarga de la Vega untuk merayakan hari ulang tahun pernikahan Maria dan Luis Fernando. Pesta tersebut dihadiri seluruh kenalan dan penuh berita gembira. Gonzalo membawa seorang gadis yang berprofesi sebagai pengacara dan dikenalkan sebagai kekasih barunya, Agripina dan Veracruz mengumumkan rencana pernikahan mereka, Alicia kembali bisa berjalan setelah menjalani operasi dan Aldo - Tita akan nenikah setelah mereka selesai kuliah, keduanya telah direstui oleh keluarga masing-masing. Ditambah lagi berita kejutan yang disampaikan Maria secara privat pada Luis Fernando bahwa Ia tengah mengandung adiknya Nandito. Kisah ini ditutup dengan pernyatan cinta keduanya yang akan selalu abadi dan ciuman mesra.
~Fin~


Share this:

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my "Abalabil" blog.
Please show me some ♡ by leaving a comment (or two!)

Kindly Follow me on Instagram / Twitter : @annisakih