7 Alasan Saya Bersyukur Menjadi Anggota Blogger Kepri

#HUT2BloggerKepri, Happy birthday Blogger Kepri.


Annisa.mom Blogger Kepri, komunitas para blogger yang berasal, berdomisili atau pernah tinggal di Kepulauan Riau, akan berulang tahun yang kedua pada tanggal 2 Juli 2017 ini (hanya berselang beberapa hari sebelum ultah saya sendiri! Hoahahaha). Saya ingin mengucapkan Happy birthday blogger Kepri. Semoga semakin eksis dan produktif, solidaritas antar sesama anggota semakin tinggi serta semakin menebar keberkahan bagi semuanya.

Saya sendiri, sudah merasakan banyak manfaat sejak bergabung di komunitas ini, 7 diantaranya :

1. Menyadari passion menulis.
Seperti saya ceritakan sebelumnya, sedari kecil saya sangat suka menulis. Sayangnya, saya sendiri tidak mengakuinya, minimal sebagai hobi. Contohnya saat mengisi diary teman-teman sekolah, saya hanya mengisi kolom hobi dengan "membaca, filateli dan berkebun". -Iya, saya sudah hobi ngorek tanah untuk menanam tanaman hias sejak sekolah dasar (SD), sekarang malah sudah agak bosen
Nah, baru setelah menjadi ibu rumah tangga, keinginan untuk menulis kembali timbul. Dorongan semakin kuat, setelah membaca berbagai blog teman BK dengan niche yang berbeda-beda, namun tetap dengan benang merah yang sama, yaitu kesenangan dalam menuliskan pengalaman diri, selain sebagai kenang-kenangan tentunya dengan harapan bermanfaat bagi orang lain.
Menulis yang tadinya hanya sekedar asal tulis dengan beragam typo dan misspelled lainnya, perlahan-lahan saya usahakan lebih baik dari segala segi.

2. Teman baru yang sangat supportive.
Setelah menetap di Kepulauan Riau, teman-teman saya menjadi sangat terbatas jumlahnya. Dengan bergabung di komunitas ini saya mendapat banyak sekali teman baru, --yang baik-baik banget-- dari beragam usia dan profesi. Dari anak SMK, jurnalis, selebgram hingga engineer. Seru, karena kedekatan yang terjalin atas dasar passion yang sama tadi, membawa pertemanan ketingkat yang lebih 'dalem'. Berbagai kritik membangun dari teman blogger lain, bisa menjadi feedback yang sangat berharga.
Setiap menghadapi kendala dalam dunia blogging atau sosial media, saya bisa segera bertanya di grup maupun langsung pada teman yang saya rasa memiliki informasi yang saya butuhkan.

3. Belajar tanpa batas.
Teman-teman yang sebagian berprofesi sebagai jurnalis, penulis maupun blogger yang lebih senior, tidak segan-segan berbagi bermacam tips kepenulisan. Saya juga belajar banyak hal lain, mulai dari teknik fotografi, video, perintilan gadget penunjang hingga teknik SEO dan sedikit-sedikit CSS untuk mengubah tampilan blog.
Saat ini saya tertarik dengan pembuatan infografis sederhana dan membuat video blog alias vlog. All thanks to BK.
Pencapaian 'terbesar' saya ialah saya berhasil mengganti domain saya ke top level domain secara otodidak. Sedangkan penyesalan terbesar saya ialah tidak menghadiri pelatihan SEO yang diadakan BK beberapa waktu lalu.

4. One stop information service.
Sejak bergabung dalam grup whatsapp BK, rasanya saya tidak pernah lagi ketinggalan informasi. Mulai dari informasi receh hingga bertaraf internasional. Bila saya rasa informasi tersebut bermanfaat bagi orang lain, kadangkala saya turut menyebarluaskannya melalui media sosial saya.

5. Event seru
Meski saya menetap di Belakangpadang yang notabene butuh niat ekstra, sejauh ini saya sudah beberapa kali menghadiri event gathering BK. Semuanya berkesan dan selalu membawa ilmu baru bagi saya. 
Menghadiri event termasuk kegiatan sosialisasi yang membawa efek positif bahkan hingga dikeseharian saya. "Me time" with benefit. Karena biasanya saya tidak mengajak Ziqri, ayahnya juga 'belajar' mengasuhnya seorang diri selama beberapa jam saat saya tinggalkan.

6. Mengatasi tantangan internal dan terus termotivasi.
Saya cenderung malas dan suka menunda menyelesaikan seusatu alias prokastinator sejati. Termasuk dalam menyelesaikan tulisan untuk blog ini. Ketika di grup Facebook BK diadakan challenge menulis, saya segera mengajukan diri untuk bergabung dan mengikuti putaran selajutnya. Dari challenge seminggu sekali inilah, saya berusaha konsisten menulis. Bahkan, saya memberanikan diri mengikuti satu dua lomba blog, semata-mata untuk mengasah kemampuan dulu dan menyelesaikan artikel sesuai kriteria lomba secara tepat waktu.

7. Dapet duit
Last but not least, Alhamdulillah, saya ga nyangka juga ternyata dari blog abal-abil ini saya bisa memperoleh tambahan buat ngejajanin Ziqri bakso favoritnya. Semuanya berkat informasi yang dibagikan teman-teman BK yang lain. Barakallah temans.

*****
Ohya, saya sendiri pernah mendapat pertanyaan saat menghadiri sebuah event pembukaan cafe, apa syaratnya dan bagaimana cara bergabung di BK? Berdasarkan pengalaman, saya menemukan grup tertutup BK di facebook, saat mencarinya di google. Kemudian saya mengajukan permohonan bergabung. Setelah diapprove oleh salah seorang admin grup, maka saya diminta mengkonfirmasikan alamat blog yang saya miliki. Done. Gampang kan?

Yuk, ah, teman-teman blogger yang memenuhi kriteria yang saya sebutkan diatas, mari bergabung bersama BK. Atau bagi teman-teman yang lain, sudahkah bergabung di komunitas blogger lokalnya masing-masing?

Pantun ala-ala



'Tulisan ini diikutsertakan dalam writing challenge dalam rangka ultah blogger Kepri yang ke-2'