- - True Beauty / The Secret of Angel : Webtoon Vs Antisipasi Adaptasi K-Drama | Hello Nisa
-

True Beauty / The Secret of Angel : Webtoon Vs Antisipasi Adaptasi K-Drama

 

true beauty / secret of angel



Disclaimer : SPOILER Webtoon True Beauty / Secret Of Angel

Well, setelah bertahun-tahun uninstall aplikasi ini (dulu namanya Line Webtoon kalau ga salah), saya akhirnya pasang lagi. Dulu saya merasa webtoon bukan saya banget karena berberapa alasan. Pertama, mungkin karena saya tumbuh besar dengan manga (komik Jepang), --saat itu--manhwa (komik Korea) terasa berbeda, kurang ada "jiwanya". Entah karena teknik yang berbeda atau memang masih terbatasnya software menggambar. Kedua, menunggu satu mingguan untuk satu episode terasa lama dan saya lebih banyak lupa jalan ceritanya hoahaha.. Sudah gitu, (ini subjektif yaaa) kadang dalam satu episode itu plotnya tipis karena kecendrungan manhwa adalah banyak gambar dan sedikit percakapan.

Lalu, satu persatu kisah webtoon populer diadaptasi menjadi K-drama. Sejauh ini yang saya tonton hingga selesai adalah Cheese in the Trap, My Id is Gangnam Beauty, What's Wrong With Secretary Kim dan Touch Your Heart (di Indonesia ini ada di aplikasi Kakaodrama sih, bukan naver webtoon). 

Suka? Ya lumayan, karena saya waktu itu nontonnya sebelum baca webtoonnya. Jadi ga punya ekspektasi apa-apa. Bahkan saya sudah lama ga update Dramabeans, jadi kadang nonton K-drama benar-benar tanpa informasi  baik dari segi plot bahkan pemerannya. Dan ternyata saya bisa lebih menikmati lho. Contohnya, My Id is Gangnam Beauty yang karena saya tonton di televisi lokal, jadi harus menunggu berhari-hari dan saya ga tergoda cari spoiler, saya mengajak Suami juga! Suatu kemajuan, mengingat awalnya beliau sama sekali ga suka Kekoreaan .

Berbeda dengan True Beauty, saya sudah baca webtoonnya duluan sebelum dramanya diumumkan. Duh, jadi sudah punya bayangan sendiri dong gimana karakter tokoh-tokohnya dan kayaknya siapa aktor atau aktris Korea Selatan yang pas jadi siapa. Ya, meski saya akui saya kurang update dengan K-drama 2-3 tahunan terakhir ini plus para pemain pendatang barunya.

Bahas versi manhwa dulu ah...




True Beauty ini awalnya saya baca di webtoon versi Bahasa Inggris. Eh, ternyata ya... di versi Bahasa Indonesianya malah sudah rilis lebih awal. Hoahaha (saat saya tulis postingan ini, versi Bahasa Inggris baru episode 120 (ada 5 fast pass) sedangkan versi Indonesia sudah versi 132 (ada 2 ep fast pass).  Judulnya the Secret of Angel, Saya memang awalnya install webtoon karena ingin membaca Midnight Poppy Land yang pilihan kosa katanya mungkin dianggap kurang pas untuk audience Indonesia, jadinya sejak awal saya menggunakan bahasa Inggris untuk aplikasi ini.

Awalnya, saya tertarik karena di versi Inggris, True Beauty selalu menduduki posisi pertama kisah terpopuler dengan jumlah subcriber hingga 16 juta orang! Saking penasarannya, saya sempat iseng cari spolier dulu di instagram. Entah gimana, saya koq bisa-bisanya langsung lompat ke kesimpulan kalau True Beauty atau Secret Of Angel ini pada intinya adalah cerita Jugyeong (atau Jukyung dalam versi Indo) selaku Female Lead (FL) yang jadi cantik berkat makeup. Lalu, merajut kisah cinta segi tiga, dengan dua cowok, yaitu 



Lee SuHo
Seo Jun



Tapi ternyata saya salah, True Beauty is much more than that.
True Beauty memaparkan kenyataan kehidupan sosial yang terjadi di Korea Selatan melalui kacamata seorang siswa sekolah menengah (sebelum ada lompatan waktu) dengan bahasa yang mudah dipahami dan grafis yang MasyaAllah kerennya. 

Iya, si Jugyeong memang literally berkacamata. Dengan isu yang banyak dihadapi oleh remaja seusianya : penampilan fisik, drama anak tengah (Ia punya kakak perempuan yang cantik, baik dan berprestasi dan satu adik lelaki) yang merasa kurang disayang ibunya, masalah pendidikan dan cita-cita, pergaulan, hingga percintaan (Ada tentang pekerjaan juga di episode-episode berikutya).

Kedengaran klise?

Oh, tambahkan problem teman dan orang-orang di sekitarnya : seorang teman berasal dari keluarga yang dijerat utang hingga memaksanya bekerja sejak usia sekolah, seorang lagi justru sangat kaya namun tidak pernah merasakan kehangatan keluarga, teman berikutnya berhalusinasi sangat ingin terlihat kaya meskipun sebenarnya sedang mengalami kesulitan keuangan. 

Permasalahan yang lebih global adalah bullying dan kenyataan dibalik layar para idol di Korea Selatan. Mulai dari sangat terobsesi dengan sosial media, fans yang terlalu mengatur kehidupan idola, hingga yang lebih sensitif , masalah kesehatan mental, depresi hingga bunuh diri!

Yang jelas, Yaongyi -penulis dan manhwakanya-, berhasil memikat hati pembaca baik dari segi cerita yang terjalin apik dengan alur maju mundur ditambah tampilan visual yang superb. Saking detilnya, tips dan trik dandan ala Jugyeong benar-benar bisa diaplikasikan sehari-hari! Makeup brand asal Korsel sekaliber Inisfree pun bahkan pernah 'beriklan' lho..

true beauty / secret of angeltrue beauty / secret of angel

Dan sampai seasons 2 ini, fans masih dibuat penasaran, apakah Jugyeong akan memilih SuHo, sang cinta pertama (yang saling menyatakan rasa suka, tapi ga sempat jadian) atau balikan dengan Seo Jun, kekasih pertamanya? Atau.. ada kandidat lain??

Saya dari awal memang #timSuHo ya..

Suho true beauty / secret of angel
SuHo yang selalu blushing di dekat Jugyeong 

Bukan karena saya pro dengan kisah cinta pertama a la K-drama klise atau justru kurang suka dengan karakter Seo Jun yang digambarkan lebih badboy

Saya ini sejak kecil adalah orang yang selalu merasa paling cantik dalam sehari itu justru saat bare face, apalagi bangun tidur Hoahaha. Iya, rambut saya lebih lurus dan rapi serta wajah lebih glowing karena kulit saya memang cenderung berminyak.

Nah, Si Jugyeong ini paling nyaman tanpa makeup saat bersama SuHo. Dan SuHo pun terang-terangan mengakui kalau wajah asli Jugyeong itu kinda cute! Mereka berdua juga punya hobby yang sama : baca komik yang temanya dark. Plus, Ibu Jugyeong sangat suka dengan SuHo (pernah diundang makan malam bersama) dan sering menunjukkan ketidaksukaan dengan So Jun (ya dengan alasan dia belum "berkerja". dll). Menurut saya, restu orang tua ini penting lho..karena feeling mereka sangat kuat mengenai karakter mana yang lebih cocok dengan anaknya.





Ok, setelah diumumkan adaptasi K-dramanya, saya juga ikutan excited.

Pertama, karena yang akan mengadaptasi itu TvN. Biasanya sih, drama yang diyangkan oleh Tv kabel, jarang yang mengecewakan meski share rating ga setinggi Tv nasional lain.

Kedua, saya penasaran siapa yang cocok memerankan Jugyeong . Gimana adaptasi wajah polosnya Vs full make up? Manglingi po 'ora? Karakterisasinya juga kuat lho, meski sering insecure, Ia pribadi yang fun loving, asyik, bersahabat dan yang paling saya sukai itu, kalau sedang suka / jadian dengan satu cowok, setia dan benar-benar menganggap cowok yang lain hanya sebatas teman / sahabat.

Ohya, saya pengen lihat aksi inner talk nya Jugyeong, apakah sehilarious ini :



Atau bisa saja dibuat versi animasinya ala Lizzy McGuire.

true beauty / secret of angel

SuHo menurut saya wajahnya itu ga terlalu khas, siapa saja aktor Korea bisa memerankan dia, asal ganteng dan berkarisma xixixii. Saya sih pengennya Kim Bum, tapi dari faktor usia, udah jauh banget untuk jadi anak SMA. 


true beauty / secret of angel

Seo Jun  lebih spesifik, wajahnya unik dan menurut saya yang cocok itu Lee Jun Ki atau Kim Wo Bin. Sayang, lagi-lagi.. Selera Oppa Korea saya agak stuck di masa lalu Hoahaha.

Ketiga, di webtoon ada sudut pandang dari Jugyeong, SuHo dan Seo Jun tapi alur  maju-mundurnya di webtoon itu flashbacknya ada yang baru muncul setelah cerita berjalan selama dua tahun! Buset lama kan?!Apakah versi adaptasi akan mengambil pendekatan yang sama

Terakhir, penasaran endingnya gimana ya.. Apakah akan menggantung seperti Cheese in the Trap yang juga diaptasi saat manhwanya masih berjalan? Kemudian dibuat adaptasi sesason berikutnya? Atau memilih ending sendiri (dan bikin saya serta jutaan fans lain KZL setengah mati) seperti Game of Thrones??

Sejauh ini, dari BTS yang banyak beredar, keterlibatan penulis secara langsung dalam proses adaptasi, membuat lebih setia pada webtoonnya. Saya senang Cha In Woo didapuk sebagai SuHo. Ga hanya kemiripan wajah dan postur, akting akward dan coolnya bisa menjiwai, yah masih mirip-mirip dengan perannya di My Id is Gangnam Beauty. 

Selebihnya untuk 3 pemeran utama lainnya, --Moon Ga Young, Hwang In yeop dan Park Yoo Na-- saya menunggu-nunggu penanyangan dramanya di pertengahan bulan Desember. Yes, True Beauty is one of most anticipated rom-com this year. 

Kalau masih penasaran, baca dulu webtoonya, biar semakin bisa mengira-ngira, siapa sih yang dimaksud True Beauty sesungguhnya.

Share this:

JOIN CONVERSATION

2 comments:

  1. Oh ternyata ada manga Korea Webtoon yang diadaptasi untuk drama Korea ya, salah satunya true beauty yang akan rilis bulan Desember 2020 nanti. Maklum aku bukan penyuka manga Korea, drama Korea juga kurang suka biarpun tiap sore istri saya nonton terus.

    Semoga saja nanti dramanya tidak mengecewakan ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Iya ada banyak Webtoon yg sudah diadaptasi, genrenya pun bermacam-macam tp saya baru berkesempatan nonton yg rom-com.

    Semoga yg ini pun bagus.

    ReplyDelete

Thank You for visiting my "Abalabil" blog.
Please show me some ♡ by leaving a comment (or two!)

Kindly Follow me on Instagram / Twitter : @annisakih