Konsisten Untuk Terus Belajar Demi Blog Tercinta

Harapan terbesar saya untuk blog ini adalah saya bisa lebih paham tentang penulisan blog baik dari segi SEO dan teknis lainnya dan konsisten menulis

 

Harapan terbesar dari blog hello Nisa


Day 3 : Harapan Terbesar dari Blog?

Sebelum bisa menjawab pertanyaan tersebut, saya sudah mengulas sedikit di postingan hari pertama, bahwa saya sedang mengikuti kelas SEO Mom Sumatera dan Audit Sitelink. 

Kesannya saya sangat ambisius  tentang blog ini yaa??

Padahal, sejak awal ngeblog, saya pernah beberapa kali menuliskan pengalaman saya dalam menghadapi problem yang saya hadapi di blog ini. Saya dokumentasikan dalam satu tag khusus, yaitu “blogging 101

Cuma, ya karena saya belajar secara otodidak baik googling sendiri maupun dari masukan teman-teman di komunitas, sejujurnya selama ini saya ngeblog ya ngasal aja. Ga ada tuh ngikutin guide mana pun. Apa yang ingin saya tulis ya sekedar ditulis. Palingan agak lebih terstruktur kalau mau ikut lomba blog.Tidak ada optimasi SEO apa-apa. Mengisi meta description atau alt tag foto saja sering lupa. Hoahaha.

Setelah hiatus hampir dua tahun, saya mulai ngeblog lagi. Demi membangkitkan semangat menulis, saya sengaja memaksa diri untuk mengikuti beberapa lomba blog. Salah satunya ialah suatu lomba SEO di akhir tahun 2020.

Lomba diadakan oleh suatu brand jual beli mobil online melalui suatu platform online dimana para blogger se-Indonesia banyak bergabung. Tujuan saya mengikuti lomba tersebut murni karena ada kategori penilaian berdasarkan  review alias favorit para juri.

Saya pikir, kurang lebih sama dengan kriteria lomba blog lain yang saya biasa ikuti. Toh, saya memang tidak memenuhi syarat pemenang kontes SEO --selain saya memang sadar diri, kecil kemungkinan artikel bisa masuk  di top 10-- karena memang saat itu Domain Authority (DA) saya masih jauh dari apa yang di syaratkan.

Ternyata… 

Saya, eh, maksudnya blog Hello Nisa mengalami banyak kejadian kurang menyenangkan sejak saya mendaftakan postingan lomba tersebut dalam list yang memang bisa diakses oleh peserta lain : 

  • Viewer blog saya turun drastis, dari rata-rata 1.800  per hari di dashboard blogspot, hingga 300an per hari dan akhirnya stabil di kisaran 600an per harinya. Wallahu allam bi Shawab apakah ini akibat perubahan alogaritma Google atau memang ada hubungan dengan peristiwa lain dibawah, yang jelas , ini menjadi indikasi pertama yang membuat saya menjadi curiga.
  • Blog saya hampir setiap hari di serang jingling (buat yang belum paham, artinya blog kita dapat banya traffic kunjungan dari negara asing tetapi bukan pengunjung beneran, hanya bot saja. Dampaknya viewer berlipat ganda dalam waktu tertentu, namun bahaya untuk blog dengan hosting. Saya cuekin, karena ketika domain saya masih www.annisa.mom, jingling jauh lebih banyak. Saya pernah bertanya pada seorang kawan yang lebih paham, dia bilang tenang saja karena blog ini berbasis blogspot, tidak mungkin membuat server milik Google ini down bukan??).
  • Di Google Search Console saya melihat ada  beberapa backlink yang berasal dari situs-situs kurang baik.
  • Puncaknya, setelah lomba berakhir, saya baru sadar bahwa alamat email yang saya daftarkan untuk blog ini telah di hack dan ada yang telah memasang backlink secara diam-diam dalam postingan saya.

Ya Allah, Saya jadi sedih lho😭😭.

Sebagaimana yang Saya bahas di hari kedua, Saya hanya ngeblog untuk bersenang-senang. Wahana untuk bercerita, belajar dan berteman. Kalau pun menjadi jalan  untuk mendapatkan tambahan rezeki, Alhamdulillah saya syukuri. Tidak pernah sedikit pun terbersit niat saya menggunakan cara curang apalagi sampai mencurangi blog milik orang lain.

Setelah merenung, saya jadi bertekad untuk “melawan”. Dalam artian yang positif ya.. Selama ini ibarat main bola, semangat ngeblog saya defensive saja, alias pasrah dan bertahan ala kadarnya. 

Awal 2021, saya berazam akan pelan-pelan mulai memperbaiki blog ini dan saya berdoa agar Allah membukakan jalannya.

Dan benar, Allah maha baik.

Saya mulai dengan mengganti template untuk memperbaiki kecepatan loading dan menghapus tiga ribuan broken link. Saya pun mengganti pengaturan robot.txt agar jingling berhenti dan menolak tautan dari situs-situs kurang baik.

Baca juga : Bagaimana Cara Membersihkan Broken Link

Saya juga kembali aktif blogwalking dan aktif mengikuti kegiatan online yang diadakan beberapa komunitas blogger.

Kemudian. ada lomba SEO berikutnya. Peserta yang ikut sangat banyak karena hadianya juga dibagi dalam dua kategori SEO dan favorit. Jadilah saya memakai teknik ATM (amati, tiru dan modifikasi) dari artikel para pemuncak lomba tersebut. Meskipun saya tidak menang lombanya, namun saya belajar banyak. Termasuk mendorong saya untuk mengikuti kelas SEO Moms dan Audit Sitelink. Agar saya bisa mendapat panduan dari yang ahli untuk memperbaiki blog ini luar dalam.

Jadi, harapan terbesar saya untuk blog ini adalah saya tetap semangat belajar agar bisa lebih paham tentang blog baik dari segi SEO dan teknis lainnya agar kejadian serupa tidak berulang. Ditambah konsistensi dalam menulis, InsyaAllah saya bisa terus berbagi cerita, informasi  berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya melalui blog ini. Syukur-syukur, kualitas tulisan saya secara keseluruhan bisa membaik dan ada yang layak menang lomba blog lagi.

Dan semoga tetap ada yang mau baca serta menjalin silaturahmi dengan dunia abalabil saya ini ya..

Ada aamin??

Aamin Ya Rabbalalamin.