Pengalaman Seru Belajar SEO di SEO Moms Community

SEO Moms Community (SEMOC) memang berfokus untuk mengedukasi para perempuan yang menggeluti dunia blog, khususnya dari segi Search Engine Optimization

Pertengahan bulan Maret yang lalu, saya mendaftarkan diri bergabung dengan SEO Moms Community ketika ada seorang sahabat blogger yang membagikan link pendaftaran di Blogger Kepri. Alhamdulillah saya terpilih menjadi salah satu peserta SEO Moms Sumatera dalam pelatihan batch 3 .

Sesungguhnya sejak blog ini pernah di hack, saya merasa ini adalah kesempatan emas untuk belajar dari seseorang yang lebih ahli di bidang blogging. Apalagi  koordinator wilayah Sumatera adalah Kak Arda Sitepu yang telah terkenal malang melintang sebagai jawara di lomba blog nasional.

Baca juga : Konsisten Belajar Demi Blog

Memang, sejak mengazamkan diri kembali ke dunia blogging, saya bertekad memperbaiki kualitas blog www.annisakih.com ini. Bukan hanya dari segi tampilan ataupun kualitas konten, termasuk juga dari segi Search Engine Optimization (SEO). Tujuannya agar keterbacaan blog lebih meningkat apabila artikel yang saya tulis mudah ditemukan di halaman pertama mesin pencarian milik Google.

Apa sih SEO Moms itu?

SEO Moms ialah sebuah bentuk dedikasi dan tribute dari M. Sahlan atau yang lebih dikenal sebagai Bang Qbenk, seorang blogger asal Sei Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat untuk mengenang almarhumah ibunda terkasih.

Didirikan sejak 25 Januari 2020, SEO Moms Comunnity (SEMOC) adalah jaringan belajar online yang memang berfokus untuk mengedukasi para perempuan yang menggeluti dunia blog, khususnya dari segi Search Engine Optimization (SEO).

Bang Q –begitu kami dengan akrab menyapa sang founder SEO Moms—bercita-cita menjadikan wanita Indonesia termasuk para momblogger untuk lebih berdaya. Kedepannya, beliau ingin tidak ada lagi ibu-ibu yang mengatakan bahwa SEO adalah sesuatu yang misterius, menyulitkan, ribet, dan dengan selalu beralasan gaptek serta tidak ada waktu sehingga menyerah sebelum bertanding.

Awalnya SEO Moms melakukan pelatihan online melalui Whatsapp grup. Dengan bantuan Co-founder kak Sari Widiarti, beberapa orang peserta angkatan awal telah menunjukkan gebrakannya di dunia blogging Indonesia dengan  menjadi pemenang sederet lomba blog dengan kategori penilaian SEO yang diadakan sepanjang tahun 2020.

Setelah peserta makin banyak, barulah dibagi per wilayah untuk memudahkan koordinasi dan efektivitas belajar.

Ohya, dari Bang Q saya mendapat pencerahan baru bahwa :

SEO adalah ilmu logika, sama dengan bahasa pemograman karena bahasa pemograman adalah bahasa dasar alogartima. Untuk itu kita harus memahami dasar dari SEO (SEO basic) agar blog memilki fondasi yang kuat dari sisi onpage. Sehingga parameter utama ialah SEO berdasarkan Google bukan indeks parameter lain. 

Jadi jika suatu blog kuat secara SEO onpage logikanya blog tersebut akan selaras dengan alogaritma yang diterapkan Google dan berpotensi mendapat peringkat yang baik di SERP.

Mengenal SEO

Di sesi pendampingan awal, Bang Q memaparkan sejarah SEO. Sudah dikenal sejak tahun 1990an, dimasa peringkat blog hanya dikenali dari backlink yang dimiliki. Semakin banyak backlink  yang dimiliki suatu situs / blog maka akan semakin baik posisi di mesin pencari yang saat itu masih Yahoo dan Microsoft

Google pun sempat mengadaptasi hal tersebut di era 2000an sebelum diakukan perombakan dalam alogaritma mesin pencariannya. Sejak tahun 2010 teknik spamming dan saling tukar link justru tidak disukai lagi. Dengan tegas Google menghapus permanen blog yang dianggap melanggar ketentuan kebijakan mereka.

Meskipun penyesuaian dilakukan, inti SEO tetap sama yaitu tetap berpegang pada dasar SEO baik optimasi secara on page maupun off page. Optimasi on page adalah pengoptimalan blog dari dalam sedangkan yang off page dari luar blog itu sendiri. 

Related banget dengan para moms dan wanita pada umumnya “Cantik itu harus dari dalam, hingga terpancar keluar” 

Ya, kan jika suatu blog sudah cantik alias baik penerapan SEO di dalamnya, maka diluarnya akan dipastikan bagus pula. Sementara jika bagus dari luar saja tetap tidak optimal karena ada beberapa faktor pendukung yang tidak diterapkan secara baik dari dalam.

Secara umum onpage SEO berkaitan dengan :

  1. Title blog
  2. Deskripsi utama blog
  3. Deskripsi penelusuran
  4. Desain dan tata letak blog
  5. Struktur blog
  6. Meta tax header dan meta robot txt (untuk Blogspot)
  7. Struktur konten
  8. Penulisan sesuai standar SEO 
  9. Related link antar artikel

Sedangkan yang off page tentu berkaitan dengan backlink atau link building

Nah, dasar penilaian sama tetapi saat penerpan harus tetap menyesuaikan dengan flatform blog yang digunakan. Ibarat seni, teknik yang digunakan bisa sama tetapi caranya disesuaikan dengan seni dari masing-masing blogger.

SEO Moms Community : Komunitas yang Menyenangkan

Cara belajar di SEO Moms cukup santai, kami semua diberi kesempatan bertanya segala sesuatu yang berkaitan dengan materi yang diberikan di hari tersebut saat menerapkannya di blog.

Atas dasar spirit yang sama-sama ingin belajar dan berbagi ilmu, komunitas SEO Moms cukup solid. Sudah ada beberapa acara online tingkat nasional yang diadakan. Salah satunya ialah temu online pada hari Kartini tanggal 21 April 2021 lalu.

Melalui kegiatan ini, Saya bisa bertegur sapa dengan sesama moms yang sudah lebih dahulu bergabung.

Diawali dengan sapaan dari para Koordinator Wilayah SEO Moms :

  • Mbak Wiwin Pratiwanggini selaku koordinator wilayah Jogjakarta dan Jawa Tengah
  • Mbak Rahmah Chemist selaku koordinator wilayah Jawa Timur
  • Mbak Rizky Masdilasari selaku koordinator wilayah Bali dan NusaTenggara
  • Mbak Mugniar selaku koordinator wilayah Sulawesi
  • Mbak Lidya Fitran selaku koordinator wilayah lainnya
  • Dan kak Arda Sitepu yang merangkap sebagai MC.

Kemudian dilanjutkan dengang sharing session dari beberapa anggota yang meceritakan pengalaman mereka, from zero to hero. Dari yang tidak mengerti apa-apa tentang SEO, hingga ada yang sudah memenangkan beberapa lomba blog kategori SEO. Keren!

Terakhir, ditutup dengan sesi tanya jawab yang seru banget, bertabur hadiah dan insight langsung dari Bang Q. Saya pun sempat mengajukan pertanyaan dan mendapat hadiah e-wallet. Alhamdulillah..

❤❤❤❤❤

Barangkali ada diantara teman-teman pembaca ada yang tertarik ingin mendalami SEO juga? Yuk, bergabung dengan menantikan pembukaan batch selanjutnya. Tunggu info yang dibagikan Instagram @Seomoms. Dapatkan pula info-info berfaedah seputar dunia SEO dan blogging dari website www.seomomscommunity.com