Wujudkan Impian #PejuangCuan, Rapikan Pembukuan Usaha Bersama Kledo

 
Kledo-pejuang-cuan

Wujudkan Impian #PejuangCuan, Rapikan Pembukuan Usaha Bersama Software Akutansi Kledo

Jadi #PejuangCuan Penuh Tantangan


Medio 2020, kala pandemi menghempas negeri ini, saya dan adik -yang sedang berkunjung dalam rangka liburan- membuka usaha di kampung halaman. Bermodal tabungan dan bantuan dari keluarga, kami membuka lapak cemilan di emperan ruko yang memang terletak di jalan utama. Targetnya tidak muluk, sebagai #PejuangCuan, yang bisa memperoleh penghasilan.
Payo_payu

@Payo_payu begitu kami membranding diri. Sebulan dua bulan, usaha berjalan. Ada masanya banyak pesanan, namun tantangan pun menghampiri silih berganti.

Mulai dari kesulitan mencari supplier bahan baku, hingga puncaknya kala adik saya yang seorang dokter umum kembali dipanggil bertugas, sebagai garda terdepan menghalau pandemi di lokasi yang bisa disebut ujung negeri. Sementara Saya sendiri masih disibukkan dengan kegiatan menulis di blog selaku seorang Lifestyle Blogger


Saya kebingungan, yang semula hanya memegang pemasaran dan promosi, kini harus berkutat dengan produksi. Bukannya skill memasak saya kurang mumpuni, tapi sulitnya membagi waktu dan tenaga membuat saya kalang kabut sendiri.

Ketidakcakapan ini masih ditambah pembukuan yang menjadi semakin semerawut. Tinggal di kota kecil, membuat hampir seluruh transaksi masih secara konvensional. Nota belanja masih manual, apalah lagi penjualan, ada yang cuma secara lisan saja. Upaya melakukan rekap  di penghujung hari sering tergerus rasa lelah atau sekedar malas.

Bisa ditebak, cash flow keuangan menjadi bercampur aduk antara modal dasar, biaya operasional dan laba yang akhirnya menguap begitu saja.

Saya akui, akuntansi isn't my thing. Lah, wong zaman masih duduk di sekolah menengah atas, Saya sengaja menghindari jurusan ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meski sudah yakin akan memilih hukum sebagai fakultas pilihan di universitas. Semuanya gara-gara saya sering tidak balance saat menyusun laporan keuangan sederhana sebagai tugas mata pelajaran akuntansi. Menurut saya kala itu, masih mending mengurai persamaan matematika atau menghitung rumus kimia.

Sayangnya, yang saya hadapi kali ini adalah dunia nyata!
Ga cukup jadi kaum mendang-mending semata!
Belajar dari pengalaman, agar bisnis berkelanjutan
ada beberapa langkah yang ampuh diterapkan sebagai senjata:

1. Persiapkan Dengan Matang

Sebelum memulai suatu usaha, susunlah Standar Operating Sistem (SOP) secara sederhana. Meski awalnya masih berskala rumahan, visikan di masa yang akan datang ketika usaha bisa berkembang.

Misal usaha Saya yang brergerak dibidang kuliner, susun SOP dari pengadaan bahan, produksi, pemasaran hingga ke pengurusan perijinan dan badan usaha.

Sehingga saat ada salah satu elemen yang berubah, kita bisa cepat adaptif berdasarkan rencana yang sudah disusun sebelumnya. Dalam kasus saya, apakah menyewa satu tenaga lagi. Bisa tenaga kerja blue collar sebagai tenaga produksi atau malah tenaga profesional yang bisa memanajemen usaha dengan lebih handal.

2. Jalin Kedekatan dengan Pelanggan

Banyak cara menjalin kedekatan dengan pelanggan. Salah satunya melalui sosial media. Sapalah mereka dan berikan promosi.

Senantiasa pula perlakukan pelanggan secara baik. Bila telah terjalin kedekatan maka dengan sendirinya akan tumbuh rasa loyalitas.

3. Gunakan Tools yang Tepat

Sadari bantuan apa yang kita butuhkan agar memperlancar kegiatan usaha. Di bidang akuntansi dan pembukuan beruntunglah, saya telah berkenalan dengan  Kledo.

Apa sih Kledo?

Yuk, kita kenali kelebihan Kledo lebih dekat berdasarkan huruf pembentuknya K-L-E-D-O.

Kledo ialah Software Akutansi Online Berbasis Cloud

Namanya yang unik ditengarai berasal dari nama jalan tempat kantor pusatnya berada, di Jalan Kledokan, Yogyakarta. Ear catchy ya.. Menurut saya, bisa bersaing di tingkat global, sekaligus terasa sekali sentuhan kearifan lokal. Seiring dengan falsafahnya yang ingin membantu merapikan pembukuan usaha kecil dan menengah milik para pejuang cuan seperti Payo_payu.

Kledo bisa diakses secara real time dari telepon pintar maupun personal komputer atau laptop. Tampilan antar mukanya menarik dan mudah dipahami.

Bila baru mendaftar atau meng-install Kledo melalui aplikasi, ada tim hebat Kledo yang akan membimbing via WhatsApp. Ada demo program yang bisa ditonton di kanal YouTube bahkan bisa dilakukan mentoring melalui zoom.

Sangat memudahkan sekali bagi masyarakat awam, terutama yang tidak begitu melek teknologi. 

Kendala apapun bisa langsung menghubungi tim hebat Kledo 24/7. Semuanya gratis tanpa biaya tambahan. Serasa punya tim IT sendiri ya hehehe.

Lebih Mudah Menyusun Pembukuan

Fitur yang ditawarkan lengkap, 50+ laporan keuangan, diantaranya :
  • Invoice
Dari pada pusing mendesain invoice secara terpisah, Kledo sudah menyediakan 70 template. Desainnya menarik dan langsung mendongkrak image usaha jadi lebih profesional. 

Tagihan juga bisa kita sampaikan melalui email dan WhatsApp. Jadi ga ada alasan lagi untuk ngejar-ngejar customer, demi nagih tunggakan sampai ke rumahnya
  • Purchasing, Stock dan Inventory
Begitu belanja langsung update di bagian stock dan inventory di ponsel. Bisa sambilan nungguin dagangan saja. Ini saya beri contoh ketika saya update pembelian stok dip glaze donat pada supplier saya di Palembang. 
Dapat surat "cinta" alias tagihan

Saya sudah memasukan data tagihan sejak kemarin, karena baru hari ini Saya bayar, maka statusnya akan saya ubah menjadi lunas, simak ya :

Bisa diamati juga statistik pembelian.
Mau pesan PO juga bisa via sms, email atau WhatsApp
  • Pencatatan Biaya
Pengeluaran tagihan air dan listrik Payo_payu sekarang bisa diamati trennya. Apakah kenaikan listrik signifikan setelah kami membeli satu mesin waffle listrik baru.
  • Aset Tetap Otomatis
Semua aset tercatat dan bisa dilacak dengan mudah. Langsung dihitung pula deaprisiasinya.

Jangan lupakan menghitung pajak ya klik dibagian akun untuk memulai pencatatan.

Enggak Ribet

Berikut saya contohkan cara daftar Kledo via aplikasi.
  1. Buka google play store, cari aplikasi Kledo
  2. Install dan ikuti instruksi pilihan paket yang akan kita gunakan
  3. masukan nama, nama perusahaan, posisi dan kedudukan kita diperusahaan.
  4. Tunggu password dikirimkan ke email atau melalui WhatsApp ke nomor ponsel yang didaftarkan.
Gimana? Gampang kan?

Digunakan oleh Lebih dari 10.000 Pebisnis

Testimoni mereka hampir sama dengan yang telah saya utarakan, bahwa berkat Kledo pembukuan menjadi lebih tertib dan terintegrasi.

Administrasi pun menjadi semakin mudah dan lancar. Sehingga secara langsung akan berdampak positif pada keberlangsungan usaha.
Testimoni-dan-rating-kledo
Aplikasinya di playstore pun memperoleh rating 4,5 bintang dengan ulasan yang baik. 

Semakin tenang karena Kledo memberikan jaminan perlindungan data pelanggan.

Optimalkan Bisnis Bersama Kledo

Gunakan Kledo ketika bisnis semakin berkembang, ada paket pro dan elit yang bisa mencatat kegiatan usaha lebih dari satu unit usaha dan atau dalam skala lebih besar. Termasuk sistem pergudangan modern dan bisa diakses secara bersama oleh beberapa akun sekaligus. Jangan khawatir biayanya sangat terjangkau dibanding value yang didapat.
Langganan-kledo

❤❤❤❤❤

Intinya, sebagai pejuang cuan yang masih mengejar impian, Saya terbantu sekali dengan kehadiran Kledo. Kalau teman-teman, adakah pengalaman serupa? Saya tunggu sharingnya di kolom komentar.


Disclaimer : Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Kledo.
Sumber foto dan tangkapan layar : Dokumetasi pribadi Payo_Payu dan Kledo
Infigrafis dan vector : Annisakih diolah di Canva