Shopback-in Aja! Jurus Jitu Hemat Saat Harbolnas

#ShopBack Jurus Jitu untuk berbelanja secara hemat dan cermat untuk memperoleh barang impian saat #Harbolnas2017 ,#KontesBlogShopBack2017
Shopback-in Aja! Jurus Jitu Meraih Barang Impian Dengan Hemat Saat Harbolnas




Hai.. Assalamualaikum,

Pembaca setia blog saya (cieee ceritanya saya udah pede nih sekarang, kalau blog ini udah ada yang rajin baca. Hoahahaha), pasti sudah tahu saya tinggal di Belakangpadang. Sebuah pulau imut-imut yang termasuk wilayah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.


Namanya tinggal di pulau kecil, ada beberapa kendala yang harus saya hadapi. Antara lain keterbatasan dalam memperoleh barang maupun jasa. Kalaupun barang yang saya butuhkan tersedia di toko konvensional, harganya mahal tak terkira. Tentu saja, karena penjual mengkonversi ongkos kirimnya sebagai tambahan biaya yang dibebankan pada calon pembeli.

Alternatifnya, ya, saya harus belanja online alias belanja melalui e-commerce. Jangkauannya lebih luas dan pilihannya banyak. Mau mencari produk dan jasa apapun, tinggal klik saja.


Sayangnya, lazim juga saya dengar, pembeli online yang tertipu akibat ulah penjual nakal. Motifnya macam-macam, mulai dari barang pesanan tidak sesuai deskripsi sampai ternyata penjualnya memang fiktif. Saya sih Alhamdulillah tidak pernah menjadi korban. Tapi, hal-hal seperti inilah yang mencoreng nama penjual online dan dikhawatirkan membuat calon pembeli dan masyarakat luas menjadi was-was.

Nah, untuk mengembalikan rasa kepercayaan masyarakat itulah, maka sejak tahun 2012 diadakan Harbolnas setiap tanggal 12 Desember. Berdasarkan keterangan yang diambil dari wikipedia :

Hari Belanja Online Nasional adalah hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja daring.Tujuannya adalah ingin mengedukasi masyarakat agar mulai terbiasa berbelanja online, tidak perlu takut lagi akan ditipu dan dibohongi karena mereka memberi jaminan. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan industri e-commerce di tanah air seperti dinegara maju lainnya..

Sengaja diadakan di penghujung tahun, agar para pembeli bisa memenuhi bucket list keinginan yang belum terpenuhi di tahun ini, atau persiapan menyambut tahun yang baru dengan memanfaatkan bonus akhir tahun yang biasa dibagikan,

Yang jelas saat Harbolnas, e-commerce berlomba-lomba memberikan promo, voucher dan diskon besar-besaran. Selain itu masih ada beberapa fakta yang saya ambil dari survey yang dilakukan lembaga AC Nielsen dan dimuat dalam sebuah portal berita nasional :


Harbolnas 2017 shopback

Bagaimanapun tetap ada kekhawatiran ya? 

Tenang saja, saya mau berbagi cara agar lebih hemat dan cerdas untuk mendapatkan barang impian melalui berbelanja online di Harbolnas nanti:

1. Tentukan budget

Buatlah anggaran riil besarnya dana yang bisa kita pergunakan saat berbelanja di Harbolnas nanti. Jangan sampai mengorbankan pos pengeluaran lain, bahkan mengganggu stabilitas keuangan keluarga. Apalagi menjelang liburan akhir tahun dan anak sekolah, tentu kita ingin berlibur bersama keluarga tercinta. Oh ya, setelahnya masih harus memikirkan biaya semester baru juga, lho!

2. Belanja sesuai kebutuhan

Jangan aji mumpung. Mentang-mentang suatu barang di diskon gede, kita beli dengan alasan siapa tahu nanti butuh (aiihh ini mah pengalaman pribadi banget yaaa.. Maklumlah ibu-ibu☺). Buatlah list barang-barang yang saat ini benar-benar kita butuhkan. Lalu buat skala prioritas yang disesuaikan dengan budget yang telah kita tetapkan tadi. Misalnya, dari pada memborong produk fashion, alangkah baiknya kita merapikan taman depan rumah, yang sudah lama terbengkalai.

3. Survey beberapa e-commerce yang menawarkan produk sejenis

Bandingkan mana yang menjual produk dengan harga paling hemat. Sengajakan sediakan waktu luang, agar kita bisa membaca baik-baik setiap deskripsi barang yang ditawarkan. Seandainya kurang jelas, kita bisa menghubungi customer service untuk meminta penjelasan lebih lanjut. Ini penting untuk mencegah terjadinya kekeliruan.

4. Hemat ongkos kirim dengan tips berikut :

Tips hemat ongkir harbolnas shopback





5. Berbelanjalah melalui ShopBack

Last but not least, justru inilah jurus paling ampuh saya, belanja online hanya melalui ShopBack
Yuk, kenalan dengan kelebihan ShopBack, berdasarkan kepanjangan namanya :


SHOPBACK HARBOLNAS 2017



#Harbolnas2017 ,#KontesBlogShopBack2017


Hemat saat Harbolnas 2017

Ya iyalah, setiap menggunakan ShopBack, akan semakin hemat. Sebagaimana yang telah saya ulas sebelumnya, segala promo yang diberikan oleh e-commerce masih dapat digabungkan dengan perolehan cashback melalui ShopBack. Tentunya dengan  mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku dari masing-masing e-commerce ya.

#Harbolnas2017 ,#KontesBlogShopBack2017

Belanja Dengan Aman dan Mudah

Berbelanja  di berbagai e-commerce melalui ShopBack, dijamin keamanannya. Sementara penelusuran website, terutama penggunaan aplikasinya sangat mudah, sebagaimana saya jelaskan di bawah ini :


Aplikasi tersedia di Google Play Store dan IOS App Store





Ukuran aplikasinya tidak besar, sehingga tidak akan terlalu mengganggu memori telepon pintar saya. Malah lebih praktis, karena artinya kita tidak perlu lagi mengunduh berbagai aplikasi e-commerce, cukup satu saja.

Melalui aplikasi, kita akan mendapatkan berbagai penawaran khusus yang kadang tidak tersedia melalui website.

Cashback Buddy, Tombol ekstensi praktis


#Harbolnas2017 ,#KontesBlogShopBack2017

Keinginan Kita dapat dikabulkan dalam program "Anda Meminta, Shopback Kabulkan"


Menjelang Harbolnas, ShopBack menggelar ShopFest, yang salah satu programnya ialah "anda meminta, ShopBack kabulkan". Seandainya saya terpilih, saya ingin memberikan kado pada keluarga saya, karena selama ini menulis hanyalah sekedar bakat terpendam yang tidak pernah menjadi prioritas bagi saya. Merekalah yang selalu mensupport saya dalam kegiatan bermanfaat ini.
#Harbolnas2017 ,#KontesBlogShopBack2017

1. Pompa ASI Medela Mini Electric di Shopee seharga Rp 975.000,-
Pompa ini akan saya jadikan hadiah pernikahan bagi adik saya, Ani. Koq ngasih pompa ASI? Karena sebagai Cak (panggilan saya dari si adek) yang baik, saya ingin menunjukkan dukungan saya, agar Ia memberikan Air Susu Ibu (ASI) pada anaknya kelak.

Saya memilih Medela sebagai produk breast pump yang praktis digunakan. Pengoperasian bisa menggunakan satu tangan. Untuk daya, tinggal pasang adaptor langsung bekerja. Bisa dioperasikan baik dengan adaptor listrik maupun 2 baterai ukuran AA. Masih ditambah bonus manual piston utnuk penghisapan secara manual. Kekuatan hisap bisa diatur untuk mendapatkan kenyamanan penggunaan. Sengaja saya pilih yang mini karena lebih kompak untuk dibawa berpergian. Apalagi setelah menikah adik saya akan mengikuti calon suaminya yang berdinas di Papua.

Baca juga : A Night To Remember, Lamaran Ani - Yogi

2. Samsung J1 Ace (2016) di Lazada seharga Rp 1.119.000,-
Nah, smartphone andorid ini adalah bentuk terimakasih saya pada ayah yang telah mendukung aktifitas blogging saya. Jadi ceritanya, ayah saya pernah membeli sebuah smartphone baru sekitar 3 tahun yang lalu, namun tidak digunakan. Hanya disimpan di dalam lemari. Saat ayah tahu bahwa tablet saya rusak, _--dan saya tak kunjung membeli yang baru karena masih ada ponsel jadul-- ayah memberikan smartphone tersebut pada saya

Saya memilihkan smartphone ini karena ayah saya butuh menggunakan dua buah nomor telepon seluler untuk menunjang kegiatannya di masa pensiun. Merknya handal dan spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan ayah yang hanya menggunakan fitur telepon, sms serta membuka internet secukupnya. 

3. Sepeda Statis Exercise Bike di Lazada seharga Rp 1.100.000,-
Ibu saya sangat gemar bersepeda. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kegiatan ini terhenti total. Saya ingin ibu kembali aktif berolahraga dengan sepeda statis ini. Bisa dikerjakan di dalam rumah dan sangat cocok untuk orang dengan keluhan syaraf terjepit seperti ibu, yaitu hanya boleh  berolahraga yang masuk kategori low-impact.

Saya menyukai modelnya yang minimalis namun tetap fungsional. Warnanya eye-catchy, sehingga bila diletakkan dalam ruangan, malah akan menambah semarak.


4. Action Camera Xiaomi Yi di Tokopedia seharga Rp 1.165.000,-
Kamera action ini akan saya berikan pada suami. Ukurannya yang mungil, bisa menunjang hobbynya dalam memelihara burung. Jadi, saat mengunjungi kompetisi burung, suami saya bisa sigap merekam nyanyiannya yang indah untuk dijadikan pancingan bagi burung-burung kami di rumah tanpa menimbulkan kegelisahan pada burung maupun pemiliknya

Sengaja saya pilihkan Xiaomi Yi, atas saran seorang teman blogger yang mengatakan bahwa action cam memiliki resiko besar untuk terjatuh maupun mengalami kecelakaan lainnya. Sehingga untuk pemula seperti kami, lebih baik menggunakan merk yang terkenal kuat namun harganya masih lumayan terjangkau.

~~~~~~~

Gimana? Udah siap buat menyambut Harbolnas 12, 12? Terapkan strategi sebelum ngeborong yaa.. Inget, Harbolnas, Ingat ShopBack.

Sumber :

  • http://lifestyle.liputan6.com/read/3165169/10-fakta-unik-perilaku-pembeli-selama-harbolnas-berlangsung, diakses pada tanggal 7 Desember 2017
  • https://www.shopback.co.id diakses pada tanggal 7 Desember 2017
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Belanja_Online_Nasional diakses pada tanggal 6 Desember 2017