NOMADIC Community Fiesta 2020 Di Taman Rusa

Taman Rusa Sekupang, Batam dan Nomadic Community fiesta 2020
taman rusa sekupang
Taman Rusa awalnya ialah taman dengan jogging track yang biasa dimanfaatkan oleh para pegawai Badan Pengusahaan dan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam). Badan ini didirikan atas insiasi salah seorang mantan presiden kita, yaitu almarhum Bapak B.J Habibie. Beliau mempunyai visi agar Batam mampu bersaing dengan Singapura. BP Batam memiliki perkantoran utama di lokasi baru, yaitu Alun-alun Engku Putri Batam Center, tetapi fasilitas penunjang mulai dari Rumah Sakit, guest house hingga jogging track berada di Kecamatan Sekupang. 


Untuk menarik minat masyarakat umum, didatangkanlah Rusa Totol dari Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Namanya populer menjadi Taman Rusa, Sekupang. Lambat laun fasilitas dilengkapi, mulai dari kawasan parkir yang cukup luas, kamar mandi umum, gazebo dan tempat duduk untuk pengunjung bersantai; fasilitas penunjang seperti aneka latar spot foto kekinian, kolam ikan, sarana olahraga panahan, hingga kegiatan interaktif seperti bird, rabbit and of course deer feeding.

Taman Rusa Sekupang BP Batam
Berbagai fasilitas yang tersedia di Taman Rusa

Taman Rusa Sekupang BP Batam
Tata tertib di tahun 2019, saat ini saya yakin telah ditambahi dengan protokol kesehatan dan pencegahab COVID-19



Sebelum pandemi mendera, di lokasi ini pun sempat menjadi tuan rumah beberapa event seperti fashion show dan live music di penghujung pekan.


Saya dan keluarga besar suami sempat berkunjung ke Taman Rusa ini di awal tahun 2019 lalu. Dalam keadaan pulang dari menghadiri resepsi pernikahan salah seorang adiknya adik ipar di Guest House BP Batam yang memang bersebrangan dengan tempat ini. Makanya, anak-anak masih menggunakan pakaian yang rapi dan ibunya masih ada sisa dandananya Hoahaha

Zakyrah, Ponakan dari pihak suami yang paling cute!!
Sekarang sudah ada saingan adek Nadia dan Raziq

Taman Rusa Sekupang BP Batam
37 ekor rusa rata-rata jinak dan mudah datang ketika disodori sayur-mayur oleh Ziqri, Zaky dan Arfan. Kurang Naufal aja nih, jagoannya

Anak-anak senang sekali disini. Untuk ukuran Batam, suasananya cukup adem. Mungkin karena masih banyak pepohonan besar disekitarnya. Mereka puas berlari-lari mengelilingi lokasi, memberi makan rusa dengan seember kecil sayuran yang bisa dibeli dari penjaga seharga Rp 5.000,-. Ujung-ujungnya, tidak mau diajak pulang meski hari semakin petang. 


Nomadic Community Fiesta (NFC) 2020

Taman Rusa akan menajadi tuan rumah Nomadic Community Fiesta, weekend tanggal 31 Oktober - 1 November 2020. Hajatan komunitas nomaden ini dipastikan menjadi ajang silahturahmi para anggota Blogger Kepri. Dilandasi semangat Hari Blogger Nasional (yang jatuh pada hari Selasa, 27 Oktober) dan rasa kangen sudah lama tidak berkumpul karena pandemi, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran COVID-19.


Di hari pertama, selain para blogger, komunitas jurnalis, klub fotografi dan komunitas sepeda onthel akan menghadiri Bincang Santai mengenai Travel Corridor Arrangement (TCA) bersama Plh Ketua BP Batam, Pjs Wali Kota Batam serta narasumber penting lainnya: Kadisbudpar Batam Drs Ardiwinata, GM Batam View Beach Resort Anddy Fong, GM Palm Spring Golf and Country Club Steven Japari, GM Sekupang International Ferry Terminal H Jumarly, Chairman Batam Tourism Promotion Board H Rahman Usman serta Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan/GM Hunian, Gedung, Agribisnis, dan Taman BP Batam.

Selanjutnya akan ada hiburan dari "Nongsa Ensemble", sebuah klub musik asal kampung tua Nongsa Batam, yang paling mumpuni dalam mengusung lagu-lagu Melayu. Media gathering ini akan dilanjutkan dengan fun game serta doorprize

Di hari kedua, klub fotografi akan melakukan foto hunting di kawasan ini. Masyarakat umum pun tetap diharapkan kehadirannya di Taman Rusa, Sekupang Batam. Tenang saja, enterence fee sangat terjangkau, cuma Rp 5.000,- saja!! Yuk, ke Taman Rusa!!

NOMADIC FIESTA 2020