Memetik Hikmah Bersama Remaja Masa Kini dari Kacamata Ju Kyung True Beauty

Nonton drama korea True Beauty di aplikasi Viu bisa mendapatkan 7 pelajaran penting tentang remaja

true beauty Viu

Review : True Beauty

Sutradara : Kim Sang Hyeon
Penulis : Lee Si Eun (diadaptasi dari webtoon True Beauty karya Yaongyi)
Pemain : Cha Eun Woo, Moon Ga Young, Hwang In Yeop, Park Yoo Na
Jaringan : TvN
Jumlah episode : 16
Genre : romantic-comedy, drama

Hai, teman pembaca blog! Berberapa bulan yang lalu, saya pernah membahas rasa penasaran saya akan adaptasi drama True Beauty yang diangkat dari webtoon yang berjudul sama atau dalam versi Indonesianya dikenal dengan nama The Secret of Angel.

Baca Juga : True Beauty / The Secret Of Angel : Webtoon VS antisipasi K-Drama

Senangnya, tak berapa lama ada notifikasi bahwa dalam waktu yang bersamaan dengan perilisan di Korea Selatan, kita bisa menyaksikan melalui aplikasi Viu. Whuah, pas banget, sejak pandemi dan lebih banyak di rumah, saya sudah download aplikasi Viu tersebut untuk memenuhi kebutuhan hiburan harian.

Live action drama yang ditunggu-tunggupun tiba. Membawa benang merah penokohan yang sama: Lim Ju Kyung yang mengikuti kedua orang tuanya untuk pindah ke sekolah baru. Ia tampil dengan make up yang berhasil mengubah penampilannya, sehingga Ia merasa diberi kesempatan kedua. Di sekolah, Ia berkenalan dengan teman-teman baru : Su Ho yang cool dan cerdas, Seo Jun yang pemberani dan bersuaru merdu, Soo Jin si cantik yang pintar, dan pasangan kekasih Soo Ah dan Tae Hoon yang menggemaskan.

Sepanjang menyaksikan hari-hari baru Ju Kyung, saya selalu berpikir sendiri "Coba. drama ini hadir tiga tahun lebih awal":

Lho, Kenapa?

Emang bisa? 

Hehehe webtoonnya juga baru resmi rilis ditahun tersebut sih ya.. Belum ketahuan kalau punya alur cerita yang menarik diangkat ke layar kaca dan berpotensi booming.

Iya, jadi di awal tahun ajaran baru 2018-2019, saya menyanggupi menjadi wali kelas di Madrasah Aliyah tempat saya mengajar dulu. Meskipun saat itu saya adalah guru yang baru masuk selama enam bulan dan tidak punya latar belakang keilmuan dibidang pendidikan atau pun psikologi.

Kelas pertama yang saya 'pegang' hanya terdiri atas sepuluh siswa, dua lelaki sisanya perempuan. Awalnya mereka seolah menjaga jarak. 

Memang selain minim ilmu dan pengalaman, ada jarak belasan tahun sejak saya melalui masa SMA. Ditambah pula dilihat dari kacamata saya, Allah sungguh baik, saya sangat beruntung terlahir dalam keluarga yang harmonis dan cukup sejahtera. Sepanjang ingatan saya, apapun masalah yang saya hadapi, kedua orang tua saya sangat suportif. Pola didikan yang diterapkan pun saya rasa cukup demokratis. Meski keduanya sama-sama tegas, saya dan adik sedari kecil selalu diajak berdiskusi dalam mengambil keputusan baik kecil maupun besar. 

Sementara sebagian besar siswa perwalian saya tidak seberuntung itu. Permasalahan hidup yang mereka alami cukup kompleks. Ada yang orang tuanya diambang perpisahan, ada yang sudah piatu, ada yang di titipkan pada kerabat sejak kecil, ada yang terlibat pergaulan bebas, ada yang pencari nafkah utama dalam keluarga  sedang menghadapi masalah hukum akibat penyelundupan, sehingga Ia harus berkerja.

Saya harus berjuang keras untuk bisa menjadi bagian dari mereka. Salah satu yang membuat obrolan kami menjadi lebih akrab, ternyata banyak diantara para gadis remaja itu yang suka nge-drakor juga. Disela-sela jam istirahat, kami sering ngobrol tentang drama favorit saya dan akhirnya mereka ikut nonton di rumah masing-masing. Oleh karena itu, seandainya Lim Ju Kyung dari True Beauty hadir tiga tahun lebih  awal, setidaknya ada tujuh hal yang bisa saya dan para siswa teladani darinya :

7 pelajaran dari Ju Kyung true beauty


1. Lebih Bisa Memahami Dunia Remaja

Saat itu, saya ibarat katak dalam tempurung, kenyamanan yang saya rasakan, membuat hati saya selalu mencelos saat mengetahui tantangan hidup apa yang dialami siswa saya sehari-hari.

Saya baru memahami, --selain permasalahan hidup-- sesungguhnya betapa berat tekanan dunia remaja masa kini. Sedikit banyak akibat perkembangan dunia teknologi dan akses ke internet terutama sosial media yang semakin lancar. Tidak hanya mengalami perundungan secara langsung, aktif di media sosial rentan membuat seorang siswi saya menerima cyberbullying dari seseorang yang pernah dekat dengannya.

Dari Lim Ju Kyung saya bisa mengajak siswa saya bersama-sama menganalisa akibat perundungan baik secara langsung maupun online. Dan yang terpenting, bagaimana cara kita untuk menyikapinya dengan elegan.

Lim ju Kyung true beauty
Saya mengapresiasi make-up artist yang mampu menghadirkan sosok Ju Kyung versi tanpa make-up sealami mungkin. Ditambah dengan kemampuan akting dari sang aktris, Moon Ga Young, Ju Kyung menjelma menjadi tokoh sentral yang terasa relateable dengan dunia remaja masa kini

Saya kurang sepakat dengan langkah yang Ju Kyung ambil pada akhirnya dengan mengkonfortasi langsung para perundung dengan kontak fisik. Sebenarnya masih banyak pilihan cerdas yang sudah diambilnya, misalnya minat bantuan kepada orang yang bisa dipercaya, dalam hal ini seorang sahabat di sekolah dan pada akhirnya mengambil pilihan untuk terus bersemangat maju dan menatap masa depan.

2. Memberi Contoh Dinamika Keluarga Tanpa Terkesan Menggurui

Benar, saya adalah guru mereka dan sering berbagi kisah tentang keseharian saya, termasuk hubungan dengan keluarga. Tetapi bisa saja, ada yang memandang bias. Keluarga Lim menunjukkan kedekatan keseharian kita. Para anggota keluarga akrab satu sama lain, masih sering makan dan melakukan aktivitas bersama.  

Saat Ayahnya ditipu seorang temannya, Ibu dan anak-anak memberi dukungan dengan cara rela melepas rumah yang berada di pusat kota dan pindah kembali ke kediaman lama yang terletak di pinggiran kota.

Perasaan seperti Ju Kyung, yang merasa insecure berada diantara kakak perempuannya yang cantik dan terampil serta adik lelakinya yang sangat disayang, tentu pernah menjadi salah satu curahan hati murid saya. Dari Ju Kyung kita bisa menyadari bahwa yang penting ialah komunikasi dan keterbukaan. Setelah Ju Kyung menyampaikan isi hatinya pada ibunya, akhirnya Ju Kyung pun tahu bahwa ibunya sangat sayang dan memperhatikannya serta selalu berdoa untuk keberhasilannya.

Iya, sikap Ju Kyung yang mau membuka hati dan selalu siap membantu kakak perempuan dan adiknya pun patut ditiru. 

3. Memberi Contoh Manajemen Konflik Dalam Berteman

Salah satu sikap positif Ju Kyung yang paling menonjol ialah rasa solidaritas terhadap teman-temannya. Ia selalu berusaha menjadi teman yang baik dan ringan tangan, membantu dalam kesulitan. Sayangnya, kebaikannya ini dimanfaatkan oleh teman-teman di sekolah lamanya. Pada akhirnya, Ju Kyung memiliki keberanian untuk berkata tegas dan menolak sesuatu yang bisa merugikan dirinya sendiri.

4. Mengajari Pentingnya Sikap Postif dan Attitude Yang Baik

Ju Kyung diceritakan memiliki kekurangan dari penampilan fisik. Keunggulannya justru terletak pada sikap dan perilakunya yang baik. Meski di episode awal Ju Kyung tampak hampir menyerah dengan hidupnya, tetapi lambat laun dia bangkit. Dengan dukungan keluarga dan teman-temannya, Ju Kyung menjadi lebih tegar dan percaya diri untuk menunjukkan jati dirinya yang sebenarnya.

5. Mengajari Pentingnya Memiliki Hobby, Impian dan Cita-cita

Berkat kegigihannya pula, Ju Kyung bisa menerapkan ilmu berdandan yang dipelajarinya secara otodidak. Impian yang awalnya sederhana, hanya agar Ia bisa tampil lebih menarik saat pergi ke sekolah, ternyata bisa membawa banyak manfaat. Dari sekedar hobby, Ju Kyung bisa membantu orang-orang disekitarnya untuk tampil menawan. 

Setelah menyadari potensi dirinya, Ju Kyung pun mantap menjadikan penata rias sebagai cita-cita yang dipilihnya di masa depan. Perjalanannya tentu tidak mudah, ia harus meyakinkan Ibunya, bahwa industri kreatif pun bisa sangat menjanjikan selama ditekuni dengan sungguh-sungguh. Pun Ia tidak mau setengah-setengah, Ju Kyung juga mengejar pendidikan formal dibidang kecantikan. 

Pilihan ini bisa menjadi alternatif bagi para siswa yang selama ini mungkin hanya bercita-cita untuk melanjutkan kuliah di bidang akademik. Padahal di negeri kita juga banyak pendidikan vokasi dengan lulusan yang memiliki kemampuan yang lebih aplikatif di dunia kerja dan usaha.

6. Mengajari Cara Menyikapi Persaingan

Sebagaimana realita hidup, Ju Kyung juga harus menghadapi Su Ho  dan Seo Jun yang berusaha menarik perhatiannya. Tanpa disadari, Su Jin, salah seorang teman baiknya pun, menganggap Ju Kyung sebagai saingan dalam mencuri hati Su Ho. 

Persaingan bisa disikapi dengan dewasa, bisa diselesaikan dengan jalan diplomasi dan kekeluargaan. Asal kita memandangnya seperti Ju Kyung yang mau memaafkan kesalahan diri sendiri maupun orang lain.

7. Mengajari Bahwa Bucin Bukan Segalanya

Last but not least, meski True Beauty bergenre komedi romantis, pesan moral yang disampaikan lebih dalam dari sekedar hubungan asmara. Selain dari hal-hal yang telah saya ungkapan diatas, tak bisa dipungkiri, memang cerita berfokus pada cinta segitiga antara Su ho, Ju Kyung dan dan Seo Jun. Setelah menyaksikan drama enam belas episode ini secara keseluruhan --dengan alur maju mundur yang ciamik--, kita sama-sama mengetahui, bahwa Suho dan Seo Jun menyukai Ju Kyung bukan dari sekedar penampilan luarnya saja. Ju Kyung adalah gadis biasa yang punya kekurangan. Dibalik itu, Ia  punya kecantikan dari dalam, yang dapat kita artikan sebagai True Beauty yang sesungguhnya.

Dari Ju Kyung kita bisa memetik hikmah, bahwa hidup tidak hanya berpusat pada hubungan percintaan. Banyak hal-hal lain yang perlu diperjuangkan, terutama bagi mereka yang masih berusia remaja.

❤❤❤❤❤

Alhamdulillah, saya berhasil menemani para murid perwalian hingga lulus MA. Suatu kebanggan tersendiri di hati, tak kala empat dari mereka dinyatakan lulus ke suatu Universitas Negeri di Ibukota Provinsi melalaui program seleksi tanpa tes. 

Eh, Untuk yang Penasaran dengan Kisah True Beauty, Yuk, Nonton Drama Korea di Aplikasi Viu.

12 keunggulan aplikasi VIU

Ini Nih, Saya Kasih Tahu 12 Keunggulan Aplikasi Viu:

1. Akses legal

Sebagai seorang blogger amatir, saat tulisan kita di copas oleh orang lain saja kesal rasanya. Apalgi untuk sebuah karya yang effort yang diperlukan lebih banyak seperti drama. Dengan mengakses secara legal, artinya kita turut memberikan support pada mereka yang terlibat dalam pembuatan langsung drama favorit kita.

Di Indonesia, Viu merupakan pemegang hak siar eksklusif banyak drama Korea, salah satunya ialah True Beauty

2. Tampilan dan Navigasi Mudah

Viu dapat di akses yang mudah dan menyenangkan. Tampilan antar mukanya menarik dengan warna kuning cerah yang kontras dengan latar yang gelap. Jadi tim nonton sambil rebahan sampai ketiduran seperti saya, tidak perlu repot-repot lagi mengatur mode malam.

Ayiknya, tersedia fitur “more fun on Viu” , berupa video singkat  mengenai fitur-fitur yang terdapat di Viu.

3. Pendaftaran Gampang

Cara daftar aplikasi viu

Sebagai pengguna baru, kita cukup mencari aplikasi ini di app store atau google playstore. Setelahnya, daftar dengan memilih opsi antara akun facebook, akun google atau nomor provider telekomunikasi atau email. Setelahnya kita memasukkan OTP yang dikirimkan ke nomor / email yang didaftarkan tadi. 

4. Akses Freemium dan Premium

Viu bisa diakses dari mana saja dan kapan saja selama ada jaringan internet. 70 % dari keseluruhan yang ada di Viu dapat diakses secara gratis dengan akses basic.  Biar bisa nonton lebih nyaman tanpa iklan, kita bisa upgrade paket ke premium. Pilihan acaranya pun jadi lebih lengkap. 

Ada juga penawaran judul-judul drama yang dapat diaskses secara gratis setiap bulan tanpa perlu berlangganan. True Beauty merupakan salah satu judul gratis di bulan Maret 2021 ini, lho.

5. Banyak Pilihan Acara

Viu menghadirkan banyak judul bisa menjadi teman mengisi waktu luang. Untuk memudahkan kita dalam menyesuaikan preferensi, dibagian bilah sticky dibagi atas beberapa kategori, yaitu : 

Viu Original : Konten lokal berkualitas internasional, comtohya adaptasi drama,  Pretty Little Liar, serta serial dan film original karya sineas Asia terbaik yang hanya tayang di Viu

On-Air : Variety Show Korea terbaru dan anime favorite kawula muda.

Tv Korea : Duh, ini jangan ditanya lagi deh. Tidak sekedar drama, lengkap dari acara jalan-jalan, bincang-bincang, variety show dan reality show, hingga penghargaan akhir tahun. Adaaaaa..

Tv  Jepang : Penggemar Takuya Kimura alias Kimu Taku pasti akan terpuaskan dengan kehadiran banyak drama klasiknya dan berbagai genre drama lain

Tv Asia : Aneka pilihan drama dari Cina, Thailand, Singapura dan lain-lain. Saya senang sekali bisa mengulang nonton Faculty salah satu serial kesukaan saya yang pernah saya tonton di Mediacorp channel 5, saat sinyal belum dialihkan menjadi digital dari rumah saya ketika masih tinggal di Kepulauan Riau.

Film : Film unggulan dari berbagai negara Asia, mulai dari Indonesia, Thailand, Korea dan lain-lain. Pilihan genrenya lengkap dari drama, komedi, romantis, horror dan thriller, atau action. Pstt, yang jadi bingung mau mulai dari mana saking banyaknya pilihan, saya merekomendasikan Parasite, Film Korea yang memenangi Academy Awards.

Lifestyle : Menampilkan channel gaya hidup yang ringan dan menghibur

Documentary : Terbagi atas dua channel yaitu alam yang menyajikan tayangan dari animal planet dan crime dari Investigation Discovery

6. Pilihan Paket Langganan Banyak

Ada banyak pilihan metode berlangganan, baik dengan cara pemotongan pulsa, koneksi ke google play store atau e-wallet.

Untuk yang baru pertama kali berlangganan, ada promo pendaftaran pertama sebesar lima belas ribu rupiah saja yang berlaku selama tiga puluh hari. Dengan menyisihkan uang saku harian pun, anak sekolah masih bisa ikutan. 

7. Kualitas Gambar Mumpuni dan Bisa Diatur

Kualitas dan ketajaman gambar ketika mengunduh atau menonton secara streaming dapat dipilih sesuai dengan kecepatan akses internet kita. Mulai dari data saver, standard an kualitas tinggi / HD. 

8. Subtittle Dapat Dipilih

Teks bahasa dapat dipilih dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, atau bisa dihilangkan sama sekali. Kita juga bisa memilih preferensi teks bahasa di fitur setting

9 Ada Fitur Notifikasi

Penting diaktifkan agar kita tidak kelupaan jadwal penayangan drama favorit kita 

10. Dapat Diakses di Lima Perangkat Dalam Waktu Bersamaan

Dengan satu akun Viu yang aktif berlangganan, kita dapat mengaksesnya di lima perangkat yang berbeda. Smartphone, Tablet, laptop ataupu televisi

11. Mudah menghubungi CS

Melalui bilah sticky, ada icon ‘contact us’ di bagian bawah sekali. Kita bisa menyampaikan keluhan dan saran di email .

12. Ada Trivia Seru 

Yang paling unik dari Viu adalah saat kita menunggu aplikasi terbuka, akan hadir laman “did you know” yang membagikan trivia singkat mengenai fitur di Viu dan info dari acara yang ada. 

☺☺☺☺☺

Nah, dari Ju Kyung si  True Beauty saya bisa belajar banyak untuk menjadi guru hingga menginspirasi saya beserta para siswi untuk menjadi wanita yang lebih baik dan tangguh. Kalau kamu, siapa tokoh dari drama atau film yang bisa menginspirasi mu? Sharing, yuk di kolom komentar.