Prive Uri-cran Cegah dan Atasi Anyang-anyangan

Prive uri-cran menjadi solusi alami untuk mencegah anyang-anyangan dan resiko anyang-anyangan bagi wanita
Prive uricran solusi alami atasi anyang-anyangan

"Hai Assalamu'alaikum."

Lama tak bersua melalui blog ini. Setelah sempat terdiagnosa infeksi rahim di akhir tahun lalu, keadaan saya Alhamdulillah baik dan sehat wal'afiat. Kalau ada yang kepo ingin tahu kenapa saya bisa terkena infeksi tersebut, sejujurnya ialah karena di masa lalu saya pernah mengidap Infeksi Saluran Kemih (ISK) dan pengobatannya tidak tuntas.

"lho, koq bisa?!"

Iya, ISK ialah penyakit yang sering dianggap sepele. Setelah rasa tidak nyaman saat buang air kecil telah berlalu, maka pengidapnya sudah merasa sehat. Padahal apabila tidak ditangani dengan  serius, bisa kambuh kembali atau bahkan menimbulkan efek samping lainnya. Menurut keterangan dokter kandungan yang merawat saya, infeksi yang mulanya berawal dari saluran kemih tersebut, kemungkinan bisa menyebar ke organ lain yang sama-sama berada dalam rongga perut.

"Ih, serem banget!!"

"Memang iya! Huhuhuhu 😭"


Saya ingat gejala awal yang saya alami dulu ialah anyang-anyangan, yaitu perasaan sering ingin Buang Air Kecil (BAK). Namun pada saat 'dieksekusi', ternyata yang keluar hanya sedikit dan tidak tuntas. Kejadian ini terus menerus berulang dan sangat mengganggu aktivitas harian.

Resiko anyang-anyangan akan semakin meningkat pada wanita yang :
☝Sedang Mengandung. 
Ukuran bayi dalam kandungan yang semakin membesar, menekan kandung kemih (blast). Oleh sebab itu ibu hamil sering merasa ingin ke toilet.
☝Kurang menjaga higenitas diri, terutama organ kewanitaan.
Pakaian dalam sering lembab atau malas mengganti saat menggunakan pembalut wanita atau pantyliners.
☝Kekurangan cairan (dehidrasi).
Ketika tubuh kekurangan cairan, hasil sekresi berupa urin akan semakin berkurang. Sehingga pada saat merasa ingin BAK, urin yang dikeluarkan juga sedikit jumlahanya.
☝Memakai alat kontrasepsi berupa IUD (KB spiral).
Alat kontrasepsi memiliki jangka waktu pemakaian terntentu, sebaiknya setelah tahun pertama pemakian dilakukan pengecekan apakah ada perubahan posisi. 
☝Pengidap diabetes melitus.


Selain anyang-anyangan, sebagai wanita, kita memiliki ukuran saluran kemih yang lebih pendek, sehingga beresiko lebih besar terhadap infeksi saluran kemih. Untuk itu, kita harus lebih wasapada apabila mengalami satu atau beberapa gejala lain di bawah ini :
☆Cenderung tidak bisa menahan buang air kecil
☆Urin yang keluar berwarna keruh
☆Ada rasa nyeri saat buang air kecil terutama diperut bagian bawah atau sakit pinggang.
☆Demam tinggi, kadang disertai menggigil
☆Mual dan muntah
☆Nafsu makan berkurang

Penyebab anyang-anyangan atau ISK paling sering adalah kuman Escherichia Coli (E. Coli) yaitu sekitar 60-80 persen. Infeksi yang ditimbulkannya akan menyebabkan sakit saat buang air kecil. Kuman ini berasal dari saluran cerna yang bisa berpindah melalui cara pembilasan saluran kewanitaan yang salah dan kebiasaan kita, diantaranya sering menahan buang air kecil atau buang air kecil di toilet umum yang kurang higenis.

“Nah, lho…”

Untuk yang tinggal di daerah kepulauan seperti saya, pasti paham, bahwa dua kebiasaan ini sulit dihindari, berhubung sebagian besar harus mengandalkan sarana transportasi laut seperti pompong (perahu kayu atau fiberglass bermesin tempel bermuatan maksimal 15 orang) bahkan kapal besar seperti ferry. Tantangannya adalah dalam kapal kecil tidak tersedia toilet, sehingga kita harus menahan hasrat BAK atau Buang Air Besar (BAB) hingga kapal tiba di tujuan. Toilet umum yang tersedia dalam kapal yang lumayan besar pun, biasanya berukuran sempit, tidak nyaman, air bilasnya tidak jelas kebersihannya alias jorok. Serta unsur adu nyali, karena di kapal penumpang yang sering saya naiki, biasanya air sisa flush terbuang langsug ke laut (dan kita bisa melihat derasnya arus).

Ditambah goyangan kapal saat menerjang gelombang. Duh, membuat urusan buang hajat di kapal ini semakin ribet.

Eh, masih ada lagi, seandainya membawa anak yang masih balita tanpa pendamping dalam perjalanan, dijamin tingkat kesulitannya naik berapa kali lipat. Anaknya mau dibawa masuk toilet ga muat, ditinggal di depan toilet takut jatuh digoyang gelombang #curcol.

Jadi, jelas berbeda dengan toilet pesawat terbang yang canggih dan nyaman, atau bila naik aneka jenis kendaraan darat yang masih bisa memilih untuk berhenti di rest area atau lokasi yang lebih terjamin kebersihan toiletnya.

“Duh, sungguh dilema ya?”

Dari pada sekedar menggalau, sesungguhnya kita masih bisa mencegah anyang-anyangan atau yang paling amit-amit ISK tadi ketika sedang dalam perjalanan dengan alat transportasi air, dengan cara antara lain :
Tidak menahan keinginan untuk buang air kecil. Begitu merasa ingin buang air kecil, segera lakukan dan jangan ditahan. Atau sebaiknya biasakan untuk menyengajakan diri ke toilet sebelum naik kapal

Membawa air mineral kemasan berukuran sedang untuk air pembasuh organ kewanitaan dan handuk kecil atau tisu untuk mengeringkannya. Bila perjalanan panjang dan mau tidak mau BAK atau BAB di toilet kapal, Saat ingin buang air jangan pernah langsung duduk di dudukan toilet (bila menggunakan toilet duduk) atau langsung jongkok di atas toiletnya. Siram terlebih dahulu dan alasi dengan tisu yang kita bawa tadi. 

Saat buang air (baik BAK maupun BAB) basuhlah organ kewanitaan dari arah depan ke arah belakang, tujuannya agar bakteri yang berasal dari saluran pembuangan tidak berpindah ke organ kewanitaan.

Jangan memakai pakaian dalam yang terlalu ketat dan bawa pakaian dalam ekstra serta simpan dalam tas tangan yang mudah diambil. Ketika basah, segera ganti karena bakteri sangat suka berkembang biak pada pakaian dalam yang basah dan lembab.

Hindari penggunaan pembersih kewanitaan yang banyak ditawarkan. penggunannya justru dikhawatirkan malah akan menggangu stabilitas tingkat asam-basa dan bakteri baik yang terdapat di organ kewanitaan.

Tindakan preventif lainnya ialah dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan berimbang terutama buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Salah satu buah yang disarankan adalah buah cranberry. Buah cranberry (vaccinium oxycoccos) adalah salah satu tanaman jenis berry yang termasuk dalam tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar yang banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada.

Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber antioksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Antioksidan dalam buah cranberry disebut proanthocyanidin (PAC). Kandungan proantocyanidin ini dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang mencegah bakteri E-Coli (bakteri penyebab anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih) menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri tersebut menularkan infeksi.

Khasiat buah cranberry sudah terkenal di dunia sebagai solusi alami mengatasi anyang-anyangan dan mencegah ISK. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kemih. 


“Gimana saya yang tinggalnya di pelosok ini bisa mendapatkan buah cranberry?”


Tenang, di era zaman now, sudah ada solusi praktisnya!

Simak dulu infografis saya berikut ini yaa…

resiko anyang-anyangan bagi wanita dan prive uri-cran solusi alami mencegah anyang-annyangan



“Terus gimana kalau sudah terlanjur kena anyang-anyangan?”

☺Langkah awal saat terkena anyang-anyangan, harus memperbanyak minum air putih. Bagi teman yang muslim bisa banget dengan dibacakan zikir atau surah Alfatiha terlebih dahulu dan diniatkan untuk penyembuhan. Dengan lebih banyak minum diharapkan bisa mengatasi susah buang air kecil, menjadi lebih lancar dan lebih banyak. Semakin lancar dan banyak urin yang keluar saat buang air kecil, rasa sakitnya juga perlahan-lahan akan berkurang.

Agar bisa selalu minum sedikitnya 8 gelas setiap hari, sebaiknya jadikan kebiasaan untuk selalu menghabiskan segelas air ketika :
- setelah makan pagi, siang, sore / malam (atau sebelum makan agar perut lebih penuh untuk yang sedang diet) = 3 gelas
- setelah atau sebelum shalat wajib, atau penanda waktu ibadah bagi teman-teman lainnya = 5 gelas

Minum Prive Uri-cran
Nah, ini dia solusi praktis mengonsumsi cranberry. Mau tau kenapa? Yuk Kenalan dengan Prive Uri-cran dan kelebihannya :

resiko anyang-anyangan bagi wanita dan prive uri-cran solusi alami mencegah anyang-annyangan

Saya memilih mengonsumsi yang sediaan powder. Bisa diseduh dalam air dingin atau ditambahi es batu. Warnanya mengoda, khas jus Cranberry. Rasanya kayak ada manis-manisnya. Setelah habis minum langsung tersugesti, BAK jadi lancar hehehe.

Prive Uricran

Asyiknya lagi, Prive Uri-cran ada program loyaltynya. Caranya ialah dengan menukarkan (reedem) poin dari pembelian Prive Uri-cran yang kita kumpulkan. Satu kotak Prive Uri-cran bernilai satu poin. Maka, semakin rutin kita mengonsumsi maka akan semakin banyak hadiah langsung yang bisa kita tukarkan.

resiko anyang-anyangan bagi wanita dan prive uri-cran seolusi alami mencegah anyang-annyangan

☺Langkah terakhir bila tak juga membaik, segeralah ke dokter spesialis penyakit dalam atau lebih baik lagi jika di daerahnya telah ada spesialis urologi. Biasanya dokter akan meminta dilakukan tes urin dan atau darah lengkap. Selanjutnya, setelah ada hasilnya, bila memang ada infeksi bakteri, beliau akan meresepkan antibiotik. Harap diikuti petunjuknya dengan benar agar pengobatannya tuntas dan mencegah penyakit berulang kembali
.
⚓⚓⚓⚓⚓⚓

Ohya, berdasarkan pengalaman sering mengajak putra saya naik kapal, saya ada sedikit tips ketika akan mengajak putra atau putri tersayang menaiki kapal untuk pertama kali :

tips mengajak anak naik kapal

Semoga perjalanan kita bersama putra-putri tercinta selalu lancar dan kita semua selalu terhindar dari anyang-anyangan apalagi ISk. Amiin YRA.

Btw, ada pembaca saya yang rutin mengonsumsi Prive Uri-cran juga 'kan? Sharing dong, sudah  berhasil ngeredeem apa saja? #mupeng. Huhehehe

Sumber informasi : http://www.uricran.co.id
Editor infografis dan foto : canva dan flaticon